Honeymoon in Yogyakarta (End)

Sampai lah kita pada sesi terakhir (Asik !) dari review perjalanan Honeymoon Jogja kami. Udah pada cerita sebelumnya belum ? kalo belum b...


Sampai lah kita pada sesi terakhir (Asik !) dari review perjalanan Honeymoon Jogja kami. Udah pada cerita sebelumnya belum ? kalo belum bisa seus-seus baca disini , disini dan disini yah..



Day 6 - Minggu, 2 Agustus 2015
Destinasi kami hari ini adalah Candi Borobudur yang jaraknya cukup jauh dari hotel kami menginap, sekitar 50 km ajah sodara-sodara. Masih deket lah, ya.. secara dari kemaren mainnya jauh-jauh mulu. Tapi kalo mau diulang lagi sekarang, ogut agak mikir-mikir juga..udah renta, maklum.

Dapet cerita dari beberapa temen yang dulu nya kuliah di UGM, kalo ada SUNMOR (sunday morning) UGM yang katanya rame sampe jam 12 siang. Karena kangen sama suasana pasar kaget kutek UI, aku jadi excited banget ngajak suami jogging di UGM. ayok wamik !
Sesampainya di UGM, eh kok sepi ? dimana ini pasar kagetnyah ? maksud saya sunday morningnya ? oh itu diaaa.. ternyata beda sama pasar kagetnya kutek, sayang banget ga sempet foto-foto disana.


Ga berapa lama, kami mutusin untuk kembali ke hotel untuk sarapan dan mandi. Terus cusss ke borobudur. Perjalanan ke Borobudur lumayan jauh dan lama juga. Kita sempet mau nyoba restoran seafood rekomendasi tripadvisor yang searah dengan borobudur, Banyumili Restaurant & Swimming Pool. Tapi pas sampe disana, Masya Allah ! Rame banget malih ! kaya cendol.. Celangak celinguk beberapa saat, terus agak pusing juga kalo mesti duduk di meja yang dikelilingi ibu-ibu arisan, akhirnya kami milih buat cabut ! Cari resto sketemunya aja nanti di jalan.

Alhamdulillah kesabaran perut keronconganku berbuah manis, kami secara kebetulan mampir di Ayam Bakar Miroso di daerah Sleman. Eh kok enak ? kok ayamnya empuk dan gemuk ? pas liat figura di dindingnya, barulah tau kalo ternyata resto ini adalah salah satu restoran yang rekomendasikan oleh yogyes.com, lho. Kebetulan yang menyenangkan dan mengenyangkan banget.

Perut kenyang, hati riang..

Perjalanan menuju Magelang ini walaupun jauh tapi menyenangkan sekali. Apalagi ketika memasuki kawasan yang di kanan kiri nya persawahan,Alhamdulillah ga ketemu macet sama sekali, laff laff !

Perjalanan ke Candi Borobudur kali ini berbeda sekali, pergi kesini beberapa tahun yang lalu sama temen-temen, sekarang aku kembali lagi kesini sama Suamiku, bahagia dan manis banget rasanya. Hal yang selalu di bayang-bayangin akhirnya jadi kenyataan, dan ternyata travelling bareng suami itu rasanya seru dan nagih banget.


Siang itu cuaca Magelang terik banget, kami memarkir motor tepat di depan pagar candi. deket ? oh tentu tidak. Buat yang pernah ke Borobudur pasti tau luasnya areal candi ini segede apa. Mayan buat bikin betis berotot.

Aku kemudian check in lokasi di path, salah satu temen comment "duh..panas banget pasti yah, males banget ke Borobudur panas-panas gitu". Entah kenapa aku malah bales komen nya agak jahat, "masa sih males ? malu dong sama bule. Mereka rela nempuh perjalanan ribuan kilometer cuma buat ngerasain apa yang setiap hari kita rasain, terus kita kalah sama mereka ?". Deu, sensi amaaat.. Bawaan tamu bulanan kayanya xD

Hari itu Borobudur sedang dalam renovasi di bagian timurnya (kamu bisa lihat di gambar utama di atas), jadi buat foto harus pinter-pinter ngambil sudutnya dan harus berhati-hati banget turun melewati tangganya. Ga langsung cabut, kami duduk-duduk dulu di padang rumput di belakang candi bareng turis yang lain.



Terlalu menikmati waktu-waktu di Borobudur, sampe ga sadar kalo waktu udah nunjukin jam 5 sore. Kami lalu bergegas keluar areal candi. Jalan masuk dan keluar borobudur ternyata berbeda, jalan keluar akan melewati pasar penjual berbagai macam souvenir, dari baju, gantungan kunci, ampe ulekan. Jarak yang mesti di tempuh dari areal candi ke parkiran depan (akses keluar candi) itu sekitar kurang lebih 2 km, dan jalan kaki. *minum es parem kocok.

Herannya, walaupun capek banget, tapi tenaga dan semangatku udah kaya kuda lumping. Kalo ada beling udah di telen, dah. Syukurnya sih ga ada. Karna udah mau magrib dan perut udah laper banget, kami jalan pulang sambil liat-liat rumah makan dipinggir jalan.

Pucuk di cinta, ulam pun tiba..lagi-lagi kami beruntung, udah direncanain banget buat makan di Restoran spesial sambal, eh alhamdulillah kami ngelewatin restoran ini. Harganya murah-murah bangeeeet OEMJI !. Perut kenyang, sholat magrib tepat waktu. Kami pulang dengan hati hangat.

Day 7 - Senin, 3 Agustus 2015
Hari ini adalah hari terakhir kami mengeksplor Jogja. Rasanya sedih dan belum pengen pulang banget..masih pengen berlama-lama, masih banyak banget tempat wisata menarik di DIY yang belum kami kunjungi, kalo kata suami, sih, harusnya beryukur belum semuanya dikunjungin, karena bisa jadi alasan untuk kembali lagi ke Jogja hehe.

Wisata alam kalibiru kulon progo menjadi tujuan utama kami hari ini. Medan yang mesti di tempuh untuk sampe disini lumayan seru juga, naik bukit yang sepi dengan jurang terjal di sisi kiri dan cuaca yang sejuk melengkapi perjalanan kami hari ini. Yang paling seru adalah ketika aku kehilangan sinyal untuk mengakses Waze dari hpku ketika di atas perbukitan itu. Alhamdulillah banget waze masih bisa bekerja dalam kondisi offline walaupun berapa jauh lagi jarak yang harus ditempuh / tersisa ga ditampilkan secara akurat.

Setelah berapa lama mendaki gunung, melewati lembah..akhirnya kami sampe di lokasi tujuan dengan selamat sentosa.  Cuma sayangnya, hatiku ga sentosa ketika tau untuk sampe tempat populer ini harus naik lagi ke atas. Mabora aku maboraaaaaaa..

Akhirnya kami sampe juga di atas, Subhanallah..

Cantik banget dari atas sini, disekeliling terdapat lembah-lembah yang cantik dan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Rasanya ga lengkap kalo udah jauh-jauh kesini tapi ga foto di spot paling mainstream disini, di atas kayu kaya foto di bawah. Tapi eh tapi, suami ragu ngasih ijin. Takut istrinya mojrot ke bawah kali, yak. Walaupun ada abang-abang yang standby ngejagain kita tetep aja suami ragu. Yaudah deh, aku ga berani ngebantah kalo suami udah ga ngijinin gitu, takut kualat terus mojrot beneran. Pengantin baru, coy.
 

 

Udara yang dingin bikin perut jadi laper. Alhamdulillah disini ada pondokan warung makan yang di pasang di atas gua curamnya. Kebayanglah gimana rasanya makan sambil deg-degan karena lantai dari bambunya yang bunyi "citt..citt" setiap ada gerakan. Makanan yang dijual disini sederhana, cuma indomie dan beberapa jenis lauk pauk ala warteg. Lumayan.

Buat yang tertarik, tempat wisata ini menyediakan beberapa cottage yang bisa kamu sewa disini. Bentuknya seperti pondok kayu. Kalo kamu pengen ngerasain gimana suasana malam disini, boleh deh dicoba. Kalo aku sih, no. hahaha

Setelah puas, suami bilang "sayang, kita kok belum ngunjungin keraton, yah ? kesana yuk.." ihh betul.. kok ga kepikiran, sih. Akhirnya kami tinggalkan kalibiru dengan semua kenangan indah di dalamnya. Nanti insya Allah akan balik lagi, semoga bisa dalam waktu dekat. Eh katanya bandara internasional baru lokasinya di Kulonprogo, ya ? semoga kelestarian daerah ini tetap terjaga ya walaupun sudah ada bandara baru disana.


Berasa nggak sih, Jogja ini kaya ada tarikan magis gitu ? terlena banget ((terlena,coy)) dan nyaman banget rasanya berada disini. Bikin kangen terus dan selalu pengen kembali lagi kesana. Perasaan ini makin jadi ketika berada di salah satu pusat kota Jogja, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Istana Raja Jogja, Sultan yang agung.

Ketika memasuki areal keraton, kami melihat beberapa eyang-eyang yang berjualan souvenir sederhana. Alhamdulillah banyak yang tertarik untuk membeli. Sehat selalu ya, eyang. 


Untuk masuk ke dalam Keraton setiap orang harus membayar tiket Rp.5.000,- saat itu, kalo sekarang harganya udah naik jadi Rp.7.000,- untuk turis domestik. Bagi yang mau foto-foto, kamu boleh ngambil foto sepuasnya dengan membayar tiket kamera seharga Rp.1.000,-.

Setelah masuk, ada seorang mas-mas yang mengaku abdi dalem mendekati kami, beliau menawarkan untuk menjadi guide dan menjelaskan kepada kami secara detil sejarah keraton Jogja dan figura-figura yang ada di dalam kawasan keraton. Gratis tanpa bayaran sedikitpun. Lebih masuk lagi kedalam, kami mengucapkan terima kasih kepada beliau dan pamit melihat-lihat bagian dalam keraton. Disini kamu akan melihat patung abdi dalem yang berada di kanan dan kiri gerbang menuju tahta sultan.


Ketika sedang melihat-lihat, kami disapa dengan sangat ramah oleh bapak Abdi dalem yang sedang meyirami tanaman dan debu kering. Tiba-tiba saja bapak tersebut mendekati kami dan dengan sangat lembut menjelaskan tentang Tahta Sultan yang berada di depan kami. Selain itu ga lupa juga menjelaskan tentang sejarah bangunan museum yang akan kami masuki, lagi-lagi tanpa bayaran dan meminta imbalan.

Bapak yang baik banget lagi ngejelasin sejarah ke suami
Aku sudah sering mendengar tentang kesetiaan dan keikhlasan Abdi dalem keraton Jogja, tapi ga terbayangkan kalau beliau-beliau tersebut sesemangat dan seluar biasa itu. Walaupun dengan gaji hanya puluhan ribu rupiah tiap bulan, mereka tetap menjadi pelestari tradisi Jogja agar tidak terkikis zaman. Do"a tulus ikhlasku untuk ibu dan bapak abdi dalem sekalian, semoga sehat dan sejahtera selalu.




Puas berkeliling, kami di antar oleh Bapak abdi dalem yang menemani kami ketika kami pertama masuk kesini tadi ke sentra pembuatan lukisan batik. Disini kamu bisa melihat langsung proses membatik dan banyak hasil lukisan yang dijual. Sayangnya aku dan suami belum tertarik.

Sebelum pulang ke hotel untuk beristirahat, kami berkunjung dulu ke museum kereta yang lokasinya di dekat keraton. Museum ini menyimpang kereta-kerata kencana milik para Sultan jogja dari masa ke masa. Cantik-cantik banget.



Ga terasa, waktu udah sore, kami mampir di Bakpia Pathok 88 untuk membeli oleh- oleh. Lalu kami segera pulang ke hotel untuk mandi dan sholat magrib, setelah istirahat sebentar, rasa-rasanya sayang banget kalo malam terakhir kami di jogja di habiskan di kamar aja. Akhinya kami mutuin utk berjalan-jalan menikmati suasana Jogja di malam hari. Suami tentu aja ga lupa buat mampir di beberapa kaos di dagadu untuk meng-oleh-olehi  dirinya sendiri -_- Saat akan kembali ke hotel aku bilang suami untuk melewati Alun-alun kidul yang kebetulan searah dengan lokasi hotel kami.

Suasana nya rame banget, apalagi ditambah dengan gemerlap lampu dari mobil-mobil hias yang bisa kamu sewa di sekitar alun-alun ini. Sebelum pulang kerumah, aku dan suami beli wedang ronde dulu untuk menghangatkan badan dan tidur nyenyak malam ini. 



Day 8 - Selasa, 4 Agustus 2015
Hari ini kami pulang ke Palembang dengan pesawat citilink. Kami janjian sama mas-mas penyewaan motor di Bandara Adi sucipto. Hari itu aku berkali-kali bilang sama suami, ga mau pulang. Luar biasa bangetlah Jogja ini. Alhamdulillah untuk kesempatan honeymoon nya kali ini. Semoga kami bisa segera kembali ke Jogja dengan kondisi bahagia dan sehat wal afiat (plus bareng anak kecil yang keluar dari perutku) Aamiin.

terima kasih, Jogja.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca juga :
Honeymoon in Yogyakarta (Part I)
Honeymoon in Yogyakarta (Part II)
Honeymoon in Yogyakarta (Part III)
Honeymoon in Yogyakarta (End)
Review Hotel di Yogyakarta

You Might Also Like

0 komentar