Honeymoon in Yogyakarta (Part 2)

Kembali lagi di review pengalaman honeymoon pertama yang entah kapan bakal kelar..


Kembali lagi di review pengalaman honeymoon pertama yang entah kapan bakal kelar..

Day 3 - Kamis 30 Juli 2015
Sejak berencana akan berbulan madu di yogya, aku sering buka situsnya yogyes.com, karena disitu lengkap bangeeeet. Mulai dari rekomendasi tempat wisata, hotel berdasarkan lokasi strategis (hotel di dekat UGM, hotel di dekat malioboro, dll), destinasi kuliner yang wajib di kunjungi, sampe rekomendasi jasa penyewaan kendaraan di Yogya. Walaupun secara jujur ga semua destinasi wisata berhasil kami datengin, tapi yang jelas kami terbantu banget dengan adanya yogyes. Lebih seneng lagi ketika Yogyes.com berbaik hati memberikan peta wisata yogyakarta gratis yang bisa di ambil di kantor mereka. Alhamdulillah ..

Jadi dimulai dengan Bismillahirohmanirrohim, Perjalanan kami hari itu dimulai dengan pergi ke kantor Yogyes untuk ngambil peta wisatanya.

peta wisata gratis dari Yogyes,com, Thankyou Yogyes !
Kalo setiap lagi jalan-jalan sama suami tuh, aku selalu jadi penentu akan kemana kami pergi hari itu. Mengingat kami ga menggunakan jasa tour guide dan Supir, cukup menyenangkan dan menantang juga buatku, karena dari ratusan tempat wisata, aku harus bisa memilih destinasi mana yang wajib dikunjungi dan dapat dicapai dalam waktu yang kami punya. Selain itu, menentukan lokasi mana aja yang kira-kira berdekatan dan bisa di datangi dalam hari yang sama itu cukup seru juga, kan sayang banget kalo sampe ada objek wisata yang kelewatan padahal lokasinya deket banget sama wisata yang kami kunjungi.

Setelah berdiskusi di malam hari sebelumnya dan melihat peta wisata yogya, kami putuskan untuk ke Candi Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko yang berjarak 16,4 km dari hotel kami menginap. Terima kasih kepada aplikasi Waze yang selalu nemenin perjalanan panjang kami, walau kadang-kadang suka bingung kok dikasih rute lewat jalan tikus tapi alhamdulillah selalu sampe dengan selamat di lokasi yang dituju.

Buat yang ga tau sejarah ratu boko, bisa googling yaaaa hehehe..

Candi Ratu boko sendiri berada di kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya ga terlalu jauh dari Candi Prambanan, Bahkan bagian atas Candi Prambanan bisa kita liat dari sini.

Maafkeun resolusi yang jelek karna ambil pake HP
Karena kami pake Motor, yang ternyata parkir motor lokasinya di bawah, jadi untuk sampe di lokasi situs ini kami harus menaiki anak tangga yang Masya Allah lumayan bikin engap. Awalnya sih semangat, naik 5 anak tangga masih bisa bilang ke suami, "semangat yank !', 20 anak tangga "stop dulu yank..capek', dan 30 anak tangga "yank..aku pengen pup..".

Alhamdulillah.. setelah berhasil menahan rasa pengen pup karna mikir ga ada sabun (yang ternyata eh ternyata,WC nya bagousssss pada waktu itu) akhirnya nyampe juga kami di atas. *sujud syukur*


Untuk bisa masuk ke dalam situs bersejarah ini, di atas sini kamu harus membayar kalo ga salah Rp.25.000,- per orang dewasa, kalo ga salah yaaaa..lupa banget.

Candi ratu boko ini adalah salah satu destinasi wisata yang pengeeeen banget aku datengin, alhamdulillah punya kesempatan untuk kesini bareng sama suami. Oya, Candi Ratu boko ini sebenernya pas banget kalo didatengin pas sore hari, konon katanya sunset disini bagus banget. Sayang karena hotel kami menginap lokasinya cukup jauh dan kami menggunakan motor, rasa-rasanya belum memungkinkan untuk melihat sunset disini, insya Allah lain kali bareng keluarga besar dan anak-anak, Aamiin.


Ternyata Kraton Ratu Boko ini lumayan luas juga, ditambah cuaca yang panas terik bikin aku makin kangen sama si S alias es teh kesayanganku. Kebetulan ketika kami berkunjung itu sedang masa-masa nya libur sekolah dan perkuliahan, jadi candi Ratu Boko saat itu lumayan ramai, mulai dari rombongan ibu-ibu berseragam pink dengan kaca mata hitamnya yang per 1 meter stop untuk selfie, anak-anak sekolah, honeymooners kaya kami, dan pasangan yang melakukan sesi foto prewed dengan kostum ala 70an, hipster bangeet !

Senang sekali situs peninggalan sejarah seperti ini di jaga dan di rawat dengan baik, di dalam areal candi aku lihat banyak pekerja yang sedang dalam proses pemugaran beberapa sisi candi. Hati langsung menghangat seketika.. kalo di suruh bayar dengan harga tinggi tapi perawatan dan kebersihannya di jaga banget seperti ini, aku rasa semua orang Indonesia yang cinta dan bangga sama bangsa nya ga segan-segan untuk mengeluarkan uang, walau ga ikut turun tangan merawat, tapi se enggaknya ikut berperan dalam pelestarian kekayaan dan peninggalan bersejarah seperti ini.




Dirasa cukup puas berkeliling, hari udah makin siang dan persediaan makanan sisa sarapan di lambung udah hampir habis, kami mutusin untuk nyari minuman dan makanan di warung dalam areal ratu boko. Kami duduk di pondokan sambil menikmati pemandangan dari atas bukit ini. Rasanya bahagia bangeeet bisa ngerasain jalan-jalan pertama sama pasangan halal buat pertama kalinya, dan kami bertekad untuk bisa terus mengexplore dunia bersama-sama sepanjang hidup kami. Aamiin..

Ibu yang punya warungnya baikk banget, beliau nyamperin kami ke pondokan untuk menanyakan pesanan kami sambil bercerita bahwa suaminya adalah salah satu petugas penjaga situs bersejarah ini, beliau bercerita bahwa beberapa hari yang lalu lebih rame dari ini, apa lagi karena ada pagelaran / festival apa gitu aku lupa. Kami cukup menikmati si ibu bercerita, hingga si ibu bilang "memang ada beberapa yang kesini untuk berziarah dan kemudian kesurupan, disini kan di jaga sama pangeran blablabla". ga pake lama aku langsung bilang "oo begitu ya bu, bu maaf..saya pesen Indomie goreng pake telor sama es manis aja, Bu."

Cerita tentang Pangeran Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid al Maktoum aja bisa ga, bu ? T.T

Setelah kenyang, kami berpamitan pada Ibu (dan ga lupa bayar pastinya) dan melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan yang jaraknya cuma 4,4 km aja dari Candi Ratu boko. Harga tiket masuk ke Candi Prambanan adalah Rp.30.000,- per orang dewasa untuk turis domestik, sedangkan kalo turis asing $18. Tersedia paket khusus juga buat yang mau masuk ke candi prambanan dan melihat sunset di ratu boko, tapi harganya aku lupa berapa.

Karna adzan dzuhur sudah berkumandang, kami bergegas untuk sholat dzuhur dulu di mushola depan Candi prambanan. Syedihnyaaaa..sepatuku ternyata tinggal tunggu waktu nya aja buat pensiun. Mana lem nya udah nganga lagi kaya mulut buaya, dan anehnya aku bisa ampe ga ngerasa T.T padahal biasanya kalo urusan kenyamanan kaki si mitha ini cukup rewel anaknya.





Alhamdulillah sepatu yang udah hampir putus nyawanya ini masih bisa diajak keliling Candi prambanan dari ujung ke ujung. Matahari yang bersinar terik banget hari itu ga menyurutkan semangat kami untuk mengexplore kemegahan kompleks candi prambanan. Sayang banget untuk di lewatin, apalagi mengingat kesempatan untuk berkunjung ke Yogya ga selalu datang setiap tahun. 

Setelah ngerasa puas berkeliling (plus muka rasanya udah cukup gosong), kami memulai perjalanan lagi untuk makan siang, dimana makan siangnya ? di Jejamuran dooong. Luar biasa bukan ? bukaaaaan.. Jarak dari Kompleks Candi Prambanan ke Jejamuran itu cukup jauh juga, 23 km aja loh wan-kawan. Tapi karena beberapa hari ini jarak yang di tempuh emang udah puluh-puluhan kilo, jadi jarak segini kaya nya biasa aja.


Buat yang belum tau, Jejamuran resto ini lokasinya di Jl. Magelang (sonoan dikit udah nyampe borobudur pula kitah..). Karena setiap temen yang tau kami honeymoon ke Jogja selalu ngerekomendasiin untuk nyoba makan di restoran ini, kami jadi penasaran juga. Maklum lah, kami belum pernah nyoba makan disini sebelumnya. Cukup unik karena semua menu utama terbuat dari jamur, ada juga sih ayam dan lain-lain tapi sudah pasti ga jadi menu andalan disini.

Rasanya ? ih enaaaak banget ya ternyata..

Pantes aja sampe ada temenku waktu hamil ngidam pengen banget makan Jejamuran tapi sayangnya ga kesampean. Harga makanan disini juga relatif murah, murah banget malah. Menu yang kami suka banget itu Sate jamur,Tongseng jamur, ah semuanya suka deh..

Yang aku suka lagi dari resto jejamuran ini, selain parkirnya luas, karyawannya ramah, makanannya yang enak, mereka juga punya mushola yang bersih dan nyaman. Waktu sholat ashat disana alhamdulillah ga ada rasa-rasa sajadah bau atau apapun yang bikin sholat jadi ga khusyuk. Oya ada fish spa gratis juga, selesai makan atau saat lagi menunggu makanan kita bisa celup-celup kaki di kolam yang sudah disediakan.

mana kepala nya ? wkwkwk

Perjalanan kami belum berakhir sampe situ, karena ibuku ada nitip sesuatu dan mumpung hari belum terlalu sore, maka kami melanjutkan perjalanan kami ke Sentra kerajinan perak Kotagede yang lokasinya di daerah Bantul. Jarak dari Jejamuran ke Kotagede itu sekitar 17km. Lumayan lah bokong udah ga ada rasanya, kondisi muka juga jangan ditanya lecek nya.

Kerajinan perak disini unik-unik sekali. Sebagai orang metalurgi, aku dan suami ga terlalu asing dengan proses pembuatan peraknya. Bahkan kami sudah bisa menebak, barang-barang ini di proses dengan cara apa. Hasilnya rapi dan cantik sekali.




Setelah mendapatkan pesanan ibu, akhirnya kami pulang ke hotel. Alhamdulillah jarak dari kotagede ke hotel ga terlalu jauh, cuma 9 km aja. Dijalan pulang kami nyari resto Oseng-oseng mercon bu Narti, sayangnya ternyata restonya lagi ga buka. Akhirnya kami makan di restoran sedapetnya aja di pinggir jalan. Alhamdulillah lumayan enyak. Widih, pas sampe hotel rasa capek nya baru terasa. Tapi kok sayang banget suasana malem jogja di habiskan cuma di dalam kamar hotel aja. Akhinya etelah mandi, sholat isya, kami istirahat sebentar kemudian di lanjutkan dengan minum wedang ronde di pinggir alun-alun lor.



Ada banyak penjual wedang ronde di sekeliling alun-alun, kami milih ngacak aja. Entah kenapa syahdu banget suasana jogja malem itu, alun-alunnya sepi sekali. Sayup - sayup terdengar suara pengamen jalanan yang bernyanyi di warung makan sebrang alun-alun. Seketika aku berdoa, memohon semoga Allah membuat perjalanan kami di jogja jangan terasa cepat berlalu..

Pukul 10.30 malam kami pulang ke hotel sambil bersyukur, untuk kesempatan dan kesehatan yang Allah SWT berikan buat kami. Alhamdulillah hari itu cukup membuat kami puas berkeliling. Sekarang saatnya istirahat mengisi tenaga untuk besok..

Baca juga :
Honeymoon in Yogyakarta (Part I)
Honeymoon in Yogyakarta (Part II)
Honeymoon in Yogyakarta (Part III)
Honeymoon in Yogyakarta (End)
Review Hotel di Yogyakarta

You Might Also Like

3 komentar

  1. trimaksih buat infonya,,
    sangat bermanfaat mantap,,

    ReplyDelete
  2. menarik sekali. dijogja banyak pantai kan, kalo cari liburan ke pantai lain bisa ke ke maldives kak bagus itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mau banget ke maldives ♥️ Sebenarnya Indonesia punya banyak sekali pantai indah kok, Salah satunya di kepulauan bangka belitung..

      Delete