Sayang, gimana kalo waktu itu aku meninggal ?

picture from  here "aku akan pindah dari rumah kita, aku tinggalin semua barang-barang kita..aku akan ngekost aja, dan akan seger...


picture from here
"aku akan pindah dari rumah kita, aku tinggalin semua barang-barang kita..aku akan ngekost aja, dan akan segera resign..hidup aku berhenti sampai disitu"

lalu matanya berair, dan melanjutkan bicaranya..

"katanya sayang ga mau ninggalin aku, kok ngomong-ngomong itu lagi ?"

"Jujur aja, aku ga ada perasaan akan kamu tinggalin, aku tau kamu akan sembuh, soalnya kamu udah janji dan pasti akan kamu tepati. Kita kan mau pulang sama-sama, kan ?"

Bukan, ini bukan percakapan mas-mas tokoh pemeran utama di sinetron.

Istrinya jahil banget nanya begitu yah, sayang :) maaf ya..

Andai saja saat itu keadan terbalik, aku yang ada di posisinya saat itu, mungkin (dan bahkan sudah pasti) aku ga akan sekuat itu. Kalian mungkin ga terbayang gimana keadaan dan rasanya saat itu, jangan yaaa..jangan sampe..cukup kami aja.

setelah melewati hal-hal berat itu, aku sadar banget kalo suamiku ngasih energi positif yang luar biasa buat masa pemulihanku. Dan ternyata juga, keyakinan keluarga atau orang yang disayangi dan menyayangi si pasien terhadap kesembuhan seorang pasien itu gede banget loh dampaknya. Ditambah support dan menjaga perasaan si pasien juga bisa jadi obat yang ampuh selain tindakan medis yang dilakukan. Ya walaupun keputusan final sembuh atau ngga nya adalah kuasa Tuhan, tapi usaha wajib banget di lakukan, dan tentu aja jangan berputus asa akan rahmat Allah SWT seperti kata ibuku. 

Dengan mensupport dan menunjukkan keyakinan bahwa si pasien akan sembuh, maka akan tumbuh semangat dan keyakinan yang sama dalam diri si pasien tersebut. Lah kalo pensupport nya aja udah loyo dan putus asa, dari mana si pasien bakal dapet semangat ?dan juga Please banget, kalo ada sodara, sahabat atau keluarga kalian yang sakit, jangaaaan sekali-kali bentak dan mengungkit hal-hal yang bisa bikin perasaan mereka jadi ga enak, tentang biaya yang mahal misalnya. Mengertilah, di dunia ini ga ada yang mau sakit, apalagi keluar duit banyak cuma buat berobat.

Aku punya kenalan, beliau sakit parah banget dan komplikasi juga. Dalam jangka waktu yang panjang beliau terus semangat, walaupun sakit parah dan ga bisa bangun dari tempat tidur. Walaupun di bawah kesehatan orang normal, tetapi kesehatan beliau ini cukup stabil. Hingga akhirnya ada konflik besar di keluarga beliau, kesehatan beliau langsung drop dan akhirnya meninggal dunia tidak kurang dari 1 bulan sejak konflik besar itu terjadi. Sebelum meninggal, beliau tidak sadarkan diri dalam beberapa minggu. Walaupun aku tau, hidup dan mati manusia itu sudah tertulis, tapi kejadian ini tetap mengajarkanku, bahwa semangat dan support keluarga buat orang yang lagi sakit itu amat sangat penting.

setelah operasi ektopik yang menguras energi, emosi, dan tenaga itu, salah satu dari berbagai hikmahnya adalah aku dan suami jadi semakin takut kehilangan satu sama lain, menghargai satu sama lain, selalu ingin bersama, dan selalu ingin saling membahagiakan. Dan sudah pasti, aku jadi semakin menghargai waktu bersama orang-orang yang aku sayang.

Kalian ga perlu mesti harus kehilangan atau hampir kehilangan dulu untuk bisa menghargai orang yang sayang sama kalian dan juga kalian sayangi. Karna kehilangan itu ga enak. 

Selagi punya kemampuan, kesempatan, yuk tunjukkan dan biarkan orang tua, pasangan, adik, kakak, dan semua orang yang kalian sayangi tau kalo kalian sayang sama mereka. waktu ga akan pernah berhenti sejenak untuk berputar.

Jadilah kenangan manis agar kau pantas untuk dikenang. 

ga nyambung yah ? udah mau nulis gitu aja sih pokonya mah..

dadah, 
mitz

You Might Also Like

0 komentar