Suplemen anak (Part 2)

Bicara tentang suplemen untuk anak, sepertinya ga akan ada habisnya yaa.. Tahun lalu aku sempet ngepost suplemen apa yang aku kasih ke anak-...


Bicara tentang suplemen untuk anak, sepertinya ga akan ada habisnya yaa.. Tahun lalu aku sempet ngepost suplemen apa yang aku kasih ke anak-anakku selama pandemi (bisa baca Disini ya ). Terlihat banyak yaa :) tapi inilah salah satu ikhtiarku untuk melindungi mereka selain dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Kebetulan kedua anakku belum ada yang memasuki usia layak diberikan vaksin covid, jadi pemberian suplemen menjadi salah satu bentuk ikhtiar yang paling mungkin dilakukan selain protokol kesehatan yang ketat.

Walaupun tentu saja kalo takdir Tuhan harus dihinggapi virus corona, biar sekuat apapun manusia berusaha toh akan terjangkit juga. Alhamdulillah, atas izin Allah, proses pemulihan dan gejala yang mereka rasakan selama terjangkit covid sangat ringan. Sekarang pandemi sudah lewat (mudah-mudahan seperti itu). Tapi mulai gencar lagi penyakit baru yang bermunculan, khususnya pada anak-anak. 

Mau cerita sedikit, bulan lalu anakku sempat di Opname di rumah sakit karena adanya peradangan yang mana peradangan ini juga sempat dilaporkan terjadi pada teman sekelasnya 1 bulan sebelumnya. Peradangannya apa ? jujur sampai saat ini kami tidak tau dan darimana tertularnya pun ga diketahui. Yang jelas ada salah satu dari hasil pengujian peradangan yang menunjukkan peningkatan luar biasa, pada batas normal 5-10, tapi pada anakku angka itu melonjak jadi 38,5. Hampir 7 kali lipatnya. 

Disini aku ga mau menyalahkan siapa-siapa karna memang sepertinya sekarang lagi musim sakit, sembuh sebentar lalu tertular lagi, sembuh tertular lagi. gitu aja terus. Yang jelas, hal yang paling aku ingat adalah saat dokter bilang, peradangan ini cukup serius, tetapi karena anakku dibantu oleh imunisasi dasar dan tambahan yang lengkap serta suplemen daya tahan tubuh, membuat tubuhnya memiliki pertahanan yang cukup kuat.

MasyaAllah, segala puji bagi Allah dzat yang maha melindungi dan memberikan petunjuk. Alhamdulillah, dengan izin dan pertolongan Allah, peradangan yang terjadi dapat disembuhkan dalam 1x siklus pengobatan yang direncanakan dokter, walau dengan konsekuensi harus 5 hari di rawat inap.

Setelah sempat di singgahi virus corona pertengahan tahun lalu, dan ditengah gempuran virus batuk pilek dari kanan dan kiri, aku dan suami jadi makin concern mengupayakan imunitas tinggi pada anak. Selain dengan menjaga jarak dan ga keluar rumah kalo ga penting-penting amat, menggunakan masker dengan benar (bersyukur banget untuk yang satu ini anakkku udah menyadari dengan sendirinya kalo penggunaan masker itu sangat penting), dan tentunya dengan asupan yang bergizi dan multivitamin.

Karna jujur saja, sebagai orang awam aku ga bisa memastikan apakah kebutuhan vitamin anakku sudah terpenuhi dalam satu hari, karna ada kalanya mereka males makan, cuma mau makan pake kecap doangggg, dan drama lain yang sudah pasti kalo dipikirin bisa makin mengkerut bawah mata emaknya. 

Setelah berdikusi dengan seorang teman baik yang berprofesi sebagai dokter, aku disarankan untuk mengganti suplemen anakku karena yang lalu tidak ada kandungan Zinc nya, padahal Zinc sangat dibutuhkan sebagai "gerbang" pada sistem kekebalan tubuh, membantu optimalisasi pertumbuhan tubuh anak, dan mencegah pneumonia dan diare. Atas saran temenku itu dan juga saran dari dokter spesialis anak, berikut aku mau update suplemen harian apa saja yang saat ini rutin aku berikan ke kedua anakku, semoga bisa jadi referensi buat teman-teman yang mungkin lagi bingung memilih suplemen apa yang tepat untuk anak :)

kid-D (multivitamin D3)

Atas rekomendasi dari DSA nya anak-anakku, pemberian vitamin D3 harian harus terus dilanjutkan apalagi saat ini virus flu batuk datang dan pergi. Pemberian vitamin D3 sendiri sudah rutin di konsumsi anak-anakku sejak awal pandemi 2 tahun yang lalu. Untuk saat ini anak-anak mengkonsumsi kid-D sebagai sumber vitamin D3 harian mereka. Harganya cukup terjangkau dibanding Pr*ve-D yang harganya bisa 3x lipat dari kid-D. Untuk komposisi dan %akg nya sama persis dengan pr*ve-D. Anak-anak suka banget setiap kali mau di kasih vitamin ini, ga ada cerita ataupun drama nolak setiap disodorin, yang ada malah pengen nambah haha.
berikut aku kasih link tempatku beli vitamin kid-D, insyaAllah tokonya terpercaya karna pengalaman selama ini beli pengirimannya cepat dan tanpa kendala.


Zamel Syrup

Zamel jadi multivitamin yang direkomendasikan karena mampu membantu pemulihan tubuh dari kekurangan mikro dan makronutrient dimana pada 1 botol zamel memiliki 15 mikronutrient yang dapat meningkatkan metabolisme selama masa pertumbuhan. Suplemen vitamin ini dapat dikonsumsi untuk menyuplai energi lebih saat tubuh menjalani aktivitas yang padat, terutama untuk anak pertama ku yang sudah masuk masa sekolah dan bertemu dengan banyak orang. Zamel juga mengandung zinc yang dibutuhkan untuk imunitas tubuh.

btw Zamel syrup diformulasikan untuk anak diatas 1 tahun ya.. untuk anak dibawah 1 tahun bisa gunakan zamel drop. Zamel ini harganya juga terjangkau, bisa dibeli di tokopedia / shopee ya. Berikut aku sertakan link toko yang terpercaya dengan harga terjangkau :)



Scoot's Emulsion Vita

Selain rutin diberikan ke anak sebagai upaya dalam meningkatkan fungsi dan perkembangan otak, Scoot's emulsion mengingatkan pada kenangan masa kecil yang sangat indah. Dari usia kanak-kanak hingga jadi mahasiswa S2 di Depok, aku masih rutin di "cekokin" scoot's emulsion oleh eyang putri dan eyang kakung. Rasanya selain utk alasan kesehatan, pemberian "minyak ikan" menjadi salah satu ritual yang sulit untuk ditinggalkan. Saya yakin teman-teman juga pasti sudah akrab dengan vitamin masa kecil ini . Untuk scoot's emulsion sepertinya tidak sulit untuk didapatkan. Selain diapotek terdekat, vitamin ini juga biasanya tersedia di minimarket seperti indomaret dan alfamart :)



----------***-----------

jadi itulah vitamin-vitamin yang rutin anak-anakku konsumsi, selain itu mereka juga rutin makan buah setiap hari, dan banyak minum air putih serta mengurangi makanan manis pabrikan. Aku dan suami juga mengupayakan untuk kebutuhan gerak motorik mereka terpenuhi setiap harinya. Semoga ini menjadi jalan agar anak-anak terus sehat, aktif dan bersemangat.

Semangat untuk menjaga kesehatan ya teman-teman :) 











You Might Also Like

0 komentar