Resep Pempek Tenggiri Gabus Asli Palembang (teksture lembut dan kenyal)

Bismillah.. Mau share resep lagi, mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman yang membaca kedepannya :) Kali ini aku mau share resep pempek ...


Bismillah..
Mau share resep lagi, mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman yang membaca kedepannya :)

Kali ini aku mau share resep pempek yang jadi andalan setiap ada acara keluarga dan hari raya. Resep ini awalnya aku liat dari youtube kak Ika Amalia, tapi kemudian aku lakukan sedikit modifikasi hingga pas dilidahku dan keluarga. Buat orang Palembang asli, ga ada kata bosen untuk makan pempek. Harga pempek ikan asli di Palembang bervariasi, rata-rata sekitar 2500 rupiah bahkan ada yang berani jual 6000 per butir. Kalo mau beli terus lama-lama boncos juga 😴 Kalo bikin sendiri dengan modal Rp.150.000,- udah dapet hampir 2kg pempek ikan asli.


Tekstur pempek Ikan tenggiri dicampur ikan gabus adalah tekstur pempek paling pas dilidahku. Lembutnya dapat dari ikan gabus, gurihnya dari ikan tenggiri. Mau digoreng atau dimakan langsung setelah direbus, teksturnya tetap lembut. Bener-bener Jadi resep andalan dan selalu ada di freezer keluarga kami, kalo ada tamu yang datang tinggal di defrost di microwave dan digoreng.



BAHAN

  • 500 gr ikan tenggiri giling
  • 500 gr ikan gabus giling
  • 800 ml air es
  • 50 gr garam
  • 10 gr kaldu jamur
  • 100 ml minyak kelapa / minyak goreng
  • 800 gr Tepung Tapioka / lebih baik Sagu tani
  • air untuk merebus pempek yang dicampur dengan 1 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT
  1. Haluskan kembali kedua daging ikan giling sampai teksurnya halus dan tercampur rata (disini saya pake chopper Mitochiba CH200 , hasilnya bener-bener rata)
  2. Setelah tercampur rata, masukkan garam dan kaldu bubuk dalam 100 ml air, aduk hingga larut lalu masukkan ke dalam ikan giling tadi.
  3. Masukkan sisa air (700 ml), aduk hingga kental dan merata. lalu masukkan minyak, aduk kembali bingga tercampur rata. Kemudian masukkan tempung tapioka sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan rata
  4. Disini adonannya bener2 lembut, kalo tangannya lengket karna adonan, bisa diolesi tangannya dengan tapioka agar adonan mudah dibentuk.
  5. Notes : jangan menguleni adonan pempek menggunakan tangan ya, karna panas tubuh manusia bisa merusak tekstur pempek. Biar gampang bisa menggunakan centong kayu / spatula.
  6. Bentuk pempek sesuai selera, rebus di dalam air mendidih lalu angkat setelah matang. Ciri pempek matang adalah pempek2nya mengapung ke permukaan. Saya biasanya diamkan dulu selama 5-10 menit setelah awal mengapung agar isian pempek matang sempurna.
  7. Pempek siap disajikan, kalo mau di simpan di freezer / di goreng juga boleh. enakkk 🙏🏻👌🏻

Untuk penyimpanannya, setelah dingin bisa disimpan di dalam freezer. Untuk resep lainnya dariku bisa di follow akun akun cookpadku yang baru yaaa

----------***----------

Semoga bermanfaat 💖










You Might Also Like

0 komentar