Tentang Suplemen anak dimasa pandemi

Banyak pro kontra tentang pemberian suplemen pada anak. Sebenarnya bebas aja, orang tua pasti mau yg terbaik kan ? kalo ngerasa kira2 semua ...



Banyak pro kontra tentang pemberian suplemen pada anak. Sebenarnya bebas aja, orang tua pasti mau yg terbaik kan ? kalo ngerasa kira2 semua unsur vitamin sdh terpenuhi dari asupan anak sehari-hari, aku rasa pemberian suplemen tambahan bisa di skip. Tapi aku pribadi lebih memilih untuk memberikan suplemen untuk anak-anak mengingat ada kalanya nafsu makan anak lagi ga bagus. Apalagi pandemi makin menjadi, i need to protect my kids like tiger protects its forest

Terutama si Adik yang masih asi, dimana anak asi memiliki kecenderungan defisiensi Vitamin D karena vitamin ini merupakan salah satu vitamin yang ga terkandung dalam asi. Padahal vitamin D sangat diperlukan tubuh terutama untuk penguatan imun, apalagi vitamin D dinilai berguna untuk menangkal infeksi virus terutama di saluran Nafas yang bisa dibilang sangat cocok dengan kondisi sekarang ini.



Contoh jurnal tentang manfaat vitamin D dalam kesehatan saluran Nafas, bisa di google sendiri yah


Memang betul, kebutuhan akan vitamin D bisa kita dapatkan dari sumber vitamin D yang berlimpah ruah dan juga gratis yaitu sinar Matahari. Tapi akhir-akhir ini cuaca di kota tempat tinggalku terkadang muram sepanjang hari. Pernah aja hujan seharian dari pagi ke pagi lagi.

Jadi pemberian suplemen dimasa pandemi ini kurasa cukup menenangkan banget terutama untuk emak-emak gampang panikan macem si anu *tunjuk diri sendiri.

Disini aku mau share vitamin harian yang dikonsumsi anak-anak selama masa pandemi :)




ELKANA CL

Pertama kali di saranin sama DSA nya bocah. Super lengkap kandungan vitaminnya dan harganya juga cukup terjangkau. Elkana ini jadi andalan ibu banget ketika anak-anak lagi males makan, mengandung vitamin B kompleks, cod liver oil, dan banyak vitamin lainnya. Elkana juga mengandung vit D3 sebesar 400 IU sesuai kebutuhan harian anak. Efeknya di beberapa anak malah bisa jadi penambah nafsu makan karna memang ada kandungan Curcuma di dalamnya. Oya selain bisa dikonsumsi anak mulai dari 1 tahun, vitamin ini juga direkomendasikan untuk orang dewasa, ibu hamil dan ibu menyusui. Tinggal di sesuaikan aja dosisnya berdasarkan saran dokter masing-masing ya.


BLACKMORES SUPERKIDS IMMUNE GUMMIES

Karena berfokus pada penguatan imun, suplemen ini mengandung unsur utama Vit C, Zink dan Vitamin D. Rasanya khas jelly kesukaan anak-anak, jadi ga akan ada drama anak menolak ketika dikasih suplemen ini . Untuk kakak (anak pertamaku), suplemen ini aku kasih 2 hari sekali karena diselingi dengan Elkana CL. Dan karena direkomendasikan untuk anak 2-12 tahun, jadi adik belum aku kasih vitamin ini, lagi pula si adik masih Asi. 


PROPOLIS

Anak-anak memang sudah minum propolis sejak mereka berumur 6 bulan, Bagus banget utk menopang imun. Sering kejadian ada anggota keluarga yg flu berat tp anak2ku Biidznillah ga ketularan Alhamdulillah.  Kalo si kakak udah auto nganga kalo liat ibunya buka botol propolis, ini anak suka banget propolis padahal rasanya pahit. Alhamdulillah MasyaAllah.


CLOVER HONEY AIRBORNE

pertama kali liat merk ini di e-commerce waktu lg cek-cek produk sebelah 🤣 harganya terjangkau dibanding merk terkenal itu, dan si adik suka banget, sampe suka minta tambah. Beberapa teman sudah nyoba lebih dulu bilang rasanya sama aja dengan produknya H*I. 



MADU URAY

Madu kesayangan semuanya, jadi campuran untuk minuman atau minum langsung. Ada kalanya si kakak nolak di kasih clover honey (mungkin karena teksturnya lebih kental dibanding madu pada umumnya), dan kalo di kasih madu uray ini dia ga bakalan nolak.


-----------------------------------------------
Sekali lagi aku disini cuma sharing tentang suplemen yang aku berikan untuk anak-anakku, semoga bisa bermanfaat. Sebelum diberikan ke anak, wajib hukumnya mengkaji dulu kira-kira asupan apa saja yang sepertinya dibutuhkan anak-anakmu ya  :)

Selain memberikan suplemen,  aku berusaha untuk memberikan makan sehat dan mengenyangkan untuk kedua anakku. Mulai diajarkan minum green smoothies (btw ini kembali ke kondisi setiap anak dan keyakinan orang tua ya, ada orang tua yang ga setuju ngasih anaknya green smoothie, jadi bebas aja), makan buah, dan juga diberikan lauk pauk berprotein tinggi.

Semoga teman-teman sehat selalu bersama keluarga ya..
Jangan lupa Dzikir Pagi dan Petang untuk yang muslim, semoga Allah Subhanahuwata'ala senantiasa melindungi kita semua.





You Might Also Like

0 komentar