Tetap bugar di masa pandemi meski dirumah aja

Disaat pandemi seperti ini, kita dituntut untuk tetap sehat dan "waras" dengan ruang gerak yang sangat terbatas. Kali ini aku mau ...


Disaat pandemi seperti ini, kita dituntut untuk tetap sehat dan "waras" dengan ruang gerak yang sangat terbatas. Kali ini aku mau membagi beberapa kegiatan yang aku lakukan untuk tetap sehat selama #dirumahaja, semoga saja kita semua tetap bugar walau hanya berkegiatan di dalam rumah.

#10000stepsaday dirumah aja


Alhamdulillah sudah beberapa bulan terakhir ini aku ikutan geng jalan kaki 10000 langkah perhari biar badan tetap sehat dan bugar. Percaya ga kalo aku bisa reach 10000 langkah sehari dengan jalan kaki dirumah aja ? Percaya dong ! alasannya karena kedua anakku gak bisa lama-lama jauh dari ibunya, lagipula ibunya juga cengeng sih, baru jalan berapa meter tar balik lagi karna di telponin sama bibi nya anak- anak atau karena si ibu nya aja yang udah kepikiran sama anak-anaknya 😅 Akhirnya aku siasati dengan berjalan kaki di dalam rumah. FYI rumahku tuh itu standar rumah keluarga kecil pada umumnya alias ga luas-luas banget. Biasanya rute ku adalah Kamar-ruang tengah- dapur - ruang tengah- ruang tamu- ruang tengah-dapur- kembali lagi ke kamar, yang dalam 1 puteran bisa dapet sekitar 180 langkah. 

Biasanya pagi hari aku mulai sambil dzikir pagi, fokusnya kedzikirnya dan ga ngitungin langkah. Alhamdulillah banget bisa dapet sekitar 2000an langkah, terus habis itu mandi dan bikin sarapan, mandi dan ngurusin suami, anak-anak dan rumah. Selama proses kegiatan kenegaraan itu, bisa lah kekumpul sekitar 500- 2000  langkah. Nah saat masak, ketika lagi menggoreng sesuatu seperti Ayam atau ikan, biasanya sembari nunggu Ayam dan ikannya mateng sempurna aku lanjutin lagi jalannya, Dalam proses ini Alhamdulillah lumayan kekumpul 500 - 1000 langkah. Tergantung ada yang tiba-tiba minta gendong atau engga, biasanya dengan ibu jalan bolak balik itu menarik perhatian si ade, jadinya dia minta gendong. Kalo udah gitu biasanya aku lanjutin jalan sedapetnya aja soalnya jalan bolak balik sambil gendong ade yang udah hampir 15 kg mayan berat juga 😆 Biasanya sebelum jam 12 siang udah kekumpul 4000an langkah.

Setelah anak-anak tidur siang (biasanya ibunya baru selesai kerja didepan komputer), aku lanjut lagi deh jalan didalam rumah kira-kira sampe 7500 langkah. Kemudian aktifitas lanjutan ngurusin anak-anak dan Dzikir sore. Nah saat dzikir sore ini juga jalannya fokus aja ke ucapan dzikirnya, ga usah ngitungin langkahnya. Setelah dzikir sore bisa kekumpul 1800an langkah. Sisa langkah yang belum tercapai biasanya aku lanjutkan dengan jalan santai setelah shalat magrib sekitar 30 menit. 

Walaupun begitu, kekurangan jalan kaki di dalam rumah adalah sudah pasti ga bisa menghirup segarnya udara pagi atau asap kendaraan bermotor yang biasanya kita dapetin ketika jalan kaki keluar rumah. Dan juga kalo punya anak kecil sepertiku, terkadang suka kepotong sama anak minta gendong, si ade minta nyen, dan urusan kenegaraan lainnya yang buatku sih ga ada masalah sama sekali. 

Pernah suatu ketika aku nyoba jalan kaki keluar rumah, itu rasanya kok juuuuaaaauuh buaaaanget. Kaya targetnya ga tercapai-capai gitu. Mungkin karna udah terbiasa bolak balik didalam rumah yaaa jadi ga ngitung jarak, tau-tau udah 6 km aja. Wah, 6 km di dalam rumah kalo di bawa keluar udah sampe ke kantornya suami tuh hehe.

Yang aku suka dengan jalan kaki dirumah aja adalah :
  1.  Sudah pasti Rasanya badan lebih sehat dan semangat
  2. Aku bisa stop dan bisa mulai kapanpun aku mau. Jadi kalo anak pup atau minta gendong atau apapun ya aku bisa stop dulu dan bisa kembali mulai setelah urusannya kelar
  3. Aku ga mesti meninggalkan anak-anak dirumah dan meninggalkan rutinitas harian yang aku lakukan, artinya semua masih tetap terhandle 
  4. Aku tetap bisa mantau dan nemenin anak bermain walau sambil jalan bolak balik di dalam rumah
  5. Tubuhku tersugesti bahwa aku sudah melakukan sesuatu yang bermanfaat dengan memulai berjalan kaki di dalam rumah, itu semacam reward dan penghargaan untuk diri sendiri. Jadi di sisa hari itu aku akan merasa sayang untuk berdiam diri aja santai-santai ga melakukan apa-apa.
  6. Aku bisa mengatur tubuhku, kalo aku mau berkeringat ya aku jalannya sambil semangat dan langkah yang cepat, tapi kalo udah mandi tapi goal nya belum tepenuhi ya aku jalannya santai-santai aja. 

Jadi ingat waktu itu pernah liat iG nya Mba Putu S. Kardha @rainbowofmylife  jalan kaki 30 menit itu erat kaitannya dengan kesehatan mental, kita jadi lebih sehat dan ga gampang marah-marah. 

Oya, buat buibu super hero diluar sana, selain jalan kaki di dalam rumah aja boleh banget dibantu aktifitas fisik lainnya seperti mencuci pakaian, nyapu ngepel, ngelap kaca, masak dan aktifitas sehari-hari lainnya. Itu semua juga bikin badan sehat kok, semakin banyak gerak maka akan semakin banyak kalori yang terbakar. Intinya sih banyak cara untuk terus bergerak asal ada niat.


Berkebun


Kayanya berkebun disaat pandemi jadi pilihan banyak orang untuk mengisi aktifitas. Buatku pribadi, berkebun jadi salah satu cara mengeluarkan keringat yang paling kusuka. Selain bikin tubuh aktif bergerak, berkebun juga bisa jadi cara merefresh otak. Melihat sesuatu yang ijo royo royo menyegarkan membuat hati sangat bahagia. Bahagia = menaikkan sistem imun kan ? 

Panen menjadi waktu yang paling kutunggu-tunggu, senang sekali rasanya bisa ikut andil memenuhi kebutuhan dapur dari kebun sendiri, walaupun masih ga bisa memenuhi semuanya karena halaman rumah kami sangat terbatas.

Walaupun berkeringat, berkebun itu buatku sama sekali ga melelahkan dan ga menjadi beban. Tau-tau udah sejam aja, dan kaget banget ketika cek aplikasi smart watchku, ternyata udah lebih dari 500 kcal yang terbakar. Dengan berkebun tubuh kita jadi ikut berjemur dibawah sinar matahari pagi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan tulang.


Seperti yang aku sebutkan diatas, berkebun membuatku tidak terlalu pusing ketika kebetulan stock sayuran di kulkas sedang habis, selalu ada kangkung untuk di panen, ada ginseng jawa untuk dijadikan lalapan, dan selalu ada cabe rawit untuk di sambel. Alhamdulillah. 
Ternyata kebiasaan berkebun ini nagih dan menular. Terbukti dengan suamiku yang sekarang ikut aktif ngurusin kebun, bahkan kadang aku udah keduluan nyiram tanaman.


At home cardio workout


Sebagai introvert sejati, Cardio di dalam kamar adalah rutinitas yang cukup sering aku lakukan bahkan jauh sebelum pandemi. Selain karena ga perlu malu dengan pakaian ketat, aku juga bebas memulai olahraga kapan aja. Banyak banget akun youtube yang menyajikan tutorial workout yang bisa kita lakukan dirumah secara gratis, bila kamu suka cardio dan terlalu malas berkumpul dengan banyak orang, maka cardio dirumah bisa jadi pilihan terbaik. Salah satu youtuber yang paling kusuka adalah  SELF, karna durasi olahraganya ga terlalu panjang tapi sangat maksimal. 


Makan sehat dan banyak minum air putih


Salah satu hikmah dari adanya pandemi adalah bikin kami ga pernah lagi makan diluar (tapi kalo gofood atau grab food sih masih yaa kadang-kadang). Dengan begitu aku bisa mengontrol asupan apa saja yang masuk kedalam tubuh keluarga kecilku, apalagi konon katanya memasuki usia 30 tahun konsumsi serat dari sayuran hijau harus lebih banyak dibanding buah. Dengan mengkonsumsi makanan berserat sehat, pencernaan berasa banget lancarnya. Jadi aku selalu menyiapkan banyak sayuran diatas meja untukku dan suami. 

Aku juga punya reminder dan jurnal kesehatan sendiri agar aku mengkonsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih. Jurnal ini aku review setiap malam, berguna banget sebagai tracker dan alarm berapa banyak cheating day yang aku lakukan selama 1 bulan. 

Selain air putih dan sayuran, buah juga ga ketinggalan harus dikonsumsi setiap hari oleh kami berdua, bisa dijus, dijadikan toping muesli, jadi salad buah atau dipotong-potong biasa aja.

Anak-anak ga setiap hari aku kasih karna sama halnya seperti sayuran, buah-buahan dijadikan menu perkenalan aja, yang penting mereka selalu mengkonsumsi makanan protein tinggi dan lemak tinggi, minum susu dan vitamin.

*****

Yuk kita cari cara yang kita sukai untuk terus bergerak, semoga pandemi cepat berlalu dan ketika saat itu datang semoga kita tetap dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin Allahuma Aamiin.

Salaam,
Mitha



You Might Also Like

0 komentar