Honest Review The Alana Hotel Yogyakarta

4 kali honeymoon ke jogja dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, otomatis sudah cukup banyak hotel yang aku dan suami singgahi. Walau ha...


4 kali honeymoon ke jogja dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, otomatis sudah cukup banyak hotel yang aku dan suami singgahi. Walau hampir semuanya nyaman, tapi ada juga yang bikin dongkol karna pelayanan yang tidak sesuai ekspektasi atau fasilitas yang menipu (sama foto di traveloka kok beda banget, sih kak ?). Hal ini membuat aku selektif banget dalam memilih hotel, kalo udah begini review netizen berguna banget untuk menolong dalam memilih hotel yang akan kami singgahi.

Kali ini aku mau mereview salah satu hotel dengan kenyamanan terbaik yang pernah aku singgahi di kota Gudeg, Yogyakarta.

Baca JugaHotel di Yogyakarta

Berbeda dengan hotel-hotel lainnya yang bener-bener butuh review netizen dulu sebelum deal dalam memilih hotel, The Alana Yogyakarta adalah salah satu hotel yang tanpa reviewpun kami yakin banget bahwa hotel ini tidak akan mengecewakan kami. Karena eh karena, The Alana grup ini insya Allah sudah terbukti fasilitas dan pelayanannya. Ya walaupun tidak semua hotel dalam 1 grup akan sama kualitasnya (contoh : Burza hotel Yogyakarta yang ternyata fasilitasnya berbeda jauh dengan Burza hotel lubuk linggau).

The Alana hotel sudah berdiri di 4 kota, Yogya, Solo, Surabaya dan beberapa waktu lalu baru di bangun The Alana Serpong. Aku dan suami sudah pernah menginap di The Alana Yogya, surabaya dan solo. Untukku pribadi, The Alana Yogya lah yang paling terbaik. Cocok banget kalo nanti akan berlibur bersama keluarga.

Untuk lokasinya sendiri, The Alana Jogja berada di Ngaglik, Kabupaten Sleman. Lokasinya tepat berada di sebrang Hyatt Regency Yogyakarta. Walaupun tidak berada di tengah-tengah kota, menurutku hotel ini tetap strategis dan mudah dijangkau. Temen-temen toh berlibur ke jogja dengan menyewa kendaraan, tidak naik turun angkot, kan ? 😉

The Alana hotel punya lahan parkir yang luas, dan kita tidak perlu khawatir bila harus parkir di basement karena sudah pasti disediakan lift khusus tamu hotel.

Wangi Lemon Grass aromatherapy dan staf yang begitu ramah, ciri khas The Alana menyambut kami. Lemongrass salah satu wangi favoriteku yang benar-benar menyegarkan dan mengembalikan mood setelah lelah dalam perjalanan. Sepertinya manfaat lemon grass ini sudah bukan hal yang rahasia lagi ya ? terbukti semua hotel favoriteku selalu menggunakan defusser dengan aroma sereh ini.

Lobi The Alana Yogya cukup kental dengan ornamen perwayangan yang tidak hanya menunjukan bahwa  hotel ini memiliki sisi modern tapi juga tradisionalnya. Yang aku paling suka dari The Alana grup, mereka menyediakan banyak sekali sofa di lobi hotel agar tamu-tamu bisa beristirahat sambil menunggu proses check in / check out berlangsung. Lagi-lagi bentuk keramahan secara tidak langsung.




Proses check in yang cepat membuat kami tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa beristirahat di kamar. Suprisingly kamar kami ternyata sudah di dekor sedemikian rupa bunga mawar segar karena kami membuat catatan bahwa ini adalah honeymoon trip saat memesan hotel, simple sih tapi aku dan suami sangat menghargai ke"niat"an tim Alana Yogya. Terima kasih ya ♥️


Untuk in room facilities hotel ini sudah sangat lengkap, koneksi wifi yang lancar, toiletries super lengkap seperti sabun dan shampo yang bahkan sudah terdaftar di BPOM, handuk berbagai ukuran, hair dryer, bahkan disediakan pembersih sepatu. Jangan lupakan ciri khas The Alana yaitu compliment di mini bar yang bisa kalian nikmati dan selalu di isi setiap harinya, jadi kalo ada yang suka takut ngambil cemilan di dalem kamar hotel jangan khawatir, karna semuanya gratis 😊 Untuk yang bawa banyak gadget, dikamar disediakan banyak colokan listrik. Jadi kalo semua gadgetmu kehabisan baterai secara bersamaan tidak perlu khawatir.



Sayang, aku dan suami ga begitu mengeksplore fasilitas apa saja yang ada di hotel ini selain kolam renang.

Kolam renang The Alana Yogya luas dan bersih banget, dan yang paling aku suka kaporite nya tidak terlalu terasa sehingga air ga bau dan ga lengket di badan. Suka males kan kalo abis berenang, badan jadi gatel-gatel dan rambut jadi super keras kaya sapu ijuk. Oya, selain itu The Alana juga punya kids pool yang cukup luas. Aku paling suka kolam renang yang luas dan kena sinar matahari langsung seperti ini, kalo kolam renang gelap tuh scary aja gitu.


Kids Pool




Senang sekali ketika menemukan banyak menu tradisional saat sarapan pagi disini, ada Wedang, stall jamu, nasi kuning, dan lain-lain. Aku pribadi paling suka Butter bread nya, sedangkan suami paling suka mueslinya. Saking sukanya, sampe sekarang suamiku sering minta dibikinin "Muesli kaya yang di Alana Jogja", sukses bikin istrinya puter otak gimana caranya bikin muesli yang mirip kaya yang beliau makan di The Alana 🙈






Seperti hotel-hotel pada umumnya, Andrawina Restoran ini cukup luas dengan menu yang beragam. Kita juga bisa memilih mau duduk di dalam atau di luar, tapi ya resikonya kalo duduk diluar bisa aja kena asap rokok.


Btw, kemarin aku ga sempet nyobain Double U steak yang konon ada di Mataram Citywalk (Area The Alana Jogja), insya Allah nanti kalo nginep lagi mau coba ah.

Overall, untuk yang mau liburan ke jogja baik honemoon maupun liburan keluarga, The Alana Jogja bisa jadi pilihan hotel untuk temen-temen semua. Semoga liburannya berkesan ya ♥️

The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center
⭐️⭐️⭐️⭐️
Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 7, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


You Might Also Like

0 komentar