Liburan Roadtrip Jogja dan Solo (Part. 1)

Bisa dibilang jogja menjadi kota ternyaman kami setelah kampung halaman. Setiap tahun selalu aja nyiapin waktu untuk "mudik" ke jogja. Saking seringnya kejogja, suamiku sampe hapal jalan dalam kota jogja tanpa perlu bantuan livemap.

Perjalanan ke jogja kali bisa dibilang transit karna menyambung dari perjalanan kami ke Semarang beberapa waktu yang lalu.

Ceritanya diliburan kali ini tuh kami akan mengunjungi 3 kota sekaligus yaitu, Semarang, Solo dan Terakhir sudah pasti Jogja. Karena di Semarang destinasi wisata dalam kota nya cukup dekat untuk di jangkau menggunakan taksi online, jadilah kami ga menyewa kendaraan selama disana. Sedangkan di Solo dan Jogja mesti banget sewa kendaraan. Karena tahun lalu kami ke Solo dan agak repot karna cuma menyewa motor, jadi di putuskan tahun ini untuk menyewa mobil.

Kebetulan Jasa penyewaan mobil langganan suami tuh lokasinya di jogja, jadi di putuskan setelah dari Semarang mampir dulu di Jogja untuk mengambil mobil sebelum ke Solo. Agak ribet kayanya ? sebenernya engga kok, Alhamdulillah kami seneng-seneng aja karna akan dapat pengalaman baru road trip antar provinsi berdua aja di pulau jawa, selain itu juga karena kami pernah dibikin pusing sama birokrasi jasa penyewaan mobil di Solo, daripada ribet mending cari yang pasti aja 😊

Lanjut ke cerita awal ..

Dari Semarang kami menggunakan travel jam 10 pagi, perjalanan ke Jogja menempuh waktu sekitar 3 jam. Sampe di pool travelnya, suami langsung pesen taksi online menuju hotel. Kali ini kami menginap di Platinum adi Sucipto yang lokasinya depan-depanan banget sama bandara Adi sucipto Jogjakarta.

Diperjalanan Mas taksi online nya ngerekomendasiin kami Mie ayam yang lokasinya sebelahan banget sama hotel, katanya sih enak dan laris banget. Aku dan suami yang selalu tertarik kalo ngomongin makanan langsung penasaran dan berencana untuk makan disana, kebetulan juga janjian sama Mas penyewaan mobilnya setelah magrib, jadi kami punya waktu cukup panjang untuk istirahat di hotel.

Setelah merasa cukup beristirahat, dengan bergandengan tangan #elah, aku dan suami nyobain restoran mie ayam rekomendasi Mas gocar yang lokasinya berada di sebelah hotel kami, nama Restonya Mie ayam bakso idolaku. Jujur bagi kami rasanya standar aja, tapi yang bikin kaget itu adalah harganya. Bakso rusuk cuma 20ribu, es campur 5 ribuan, es dawet 3 ribu, mie ayam 12 ribu rupiah sajo. *saking murahnya jadi apal harga-harganya hahaha.

Setelah kenyang kami kembali ke hotel dan menikmati suasana sore Jogja dari rooftop hotel lalu mandi dan siap-siap menunggu waktu shalat magrib, setelah nya janjian sama mas penyewaan mobil di lobby hotel dan langsung cabut cari makan malam. Malam ini bener-bener ga punya ide mau makan apa, akhirnya diputuskan cari rekomendasi makanan yang paling sering di order di deket hotel di aplikasi gojek, terus kami datengin restonya dengan bantuan Waze. Dan malam itu kami putuskan makan sate klatak, yang ehm monmaap gada apa-apanya dibanding sate klatak mbak bella langganan kami huhu.

Baca juga :
Explore Gunung kidul

Sebelum berangkat liburan, aku udah bilang sama suami kalo kepengen banget nyobain capuccino nya Noe Coffee yang katanya enak banget. Malam itu Alhamdulillah suamiku inget dan ngajak untuk ngopi dulu di Noe sebelum pulang ke hotel.

Suasana di coffee shop ini cukup nyaman, disediain juga beberapa jenis permainan seperti catur dan lain-lain yang bisa kita gunakan. Yang terpenting sih rasa capuccinonya yang beneran seenak itu, Creamy dan enak banget. Temen-temen kalo bingung cari tempat ngopi yang enak di jogja bisa banget mampir kesini. Sayangnya lahan parkirnya terbatas, tapi ada juru parkir kok yang siap bantuin nyariin tempat parkir buat kendaraan kita kalo lagi ramai.

Momen ngopi begini suka jadi ajang curhat tentang hal ga penting sampe serius sama suami, menikmati kopi enak berdua sama sahabat yang menikahimu dan kau tau akan selalu ada untukmu seumur hidup emang ga ada duanya. Masya Allah nikmat Tuhan mana lagi yang akan kau dustakan ?

Alhamdulillah, malam itu cukup menyenangkan bagi kami. Sebelum tidur suami nyempetin kerja sebentar dan ga butuh waktu lama kami pun tidur nyenyak sampai Pagi.

Besok harinya ...

Jujur aku ga nyangka bahwa rooftop pool nya Platinum Adisucipto bakal semenarik itu, akhirnya dari malem sebelumnya aku dan suami udah niatin banget mau berenang setelah sarapan. Dan alhamdulillah kesampaian.

Sebelum berangkat ke Solo, kami mampir dulu di Hartono mall, ga berapa lama kami lanjut perjalanan dan mampir dulu ke Dunkin Donuts untuk beli asupan driver dan si navigator biar ga ngantuk, apalagi kalo bukan ice coffee dan croissants.

Perjalanan Jogja - Solo normalnya memakan waktu 2,5 jam. Qadarullah perjalanan kami harus terganggu dengan macet yang sangat panjang, diperjalanan kami mampir dulu di RM pecel yu sri di Klaten (jl. jogja solo km 2) untuk makan siang, walaupun dibikin kaget karena harganya yang pricey tapi kualitas makanannya cukup enak. Setelah makan Alhamdulillah macet mulai terurai, dan kami bisa melanjutkan perjalanan. Disepanjang perjalanan suami yang kekenyangan agak sedikit mengantuk, tapi Alhamdulillah masih kuat nyetir sampai hotel.

Agak sedikit bingung sama rute yang diarahin waze, karna melewati banyak persawahan dan jalan yang sempit, ternyata memang hotel kami berada di Solo baru yang agak cukup jauh dari pusat kota solo. Wajar aja kalo dikasih rute tersingkat.

Perjalanan kami kali ini menyenangkan banget, seneng rasanya bisa roadtrip berdua antar provinsi di pulau sebrang.

Sedikit tips untuk teman-teman kalo road trip gini apalagi pakai mobil sewaan penting banget untuk ngecek kondisi ban mobil yang kita pakai, pastikan bahan bakar cukup ke pom bensin selanjutnya terutama jaga-jaga siapa tau ada macet panjang, penting banget bawa air minum dan cemilan yang banyak, dan yang pasti kalo kamu travelling mengandalkan livemap seperti kami penting banget untuk menjaga batre handphone agar tetap terisi dengan baik.

Jadi begitulah cerita transit kami di jogja, kita ketemu di cerita selanjutnya ya 😊