Hidup Minimalis

Sebagai wanita, ada kalanya saya punya sifat impulsive. Biasanya sih dalam urusan belanja, contohnya nih, liat lipstick shade lucu dikit ...


Sebagai wanita, ada kalanya saya punya sifat impulsive. Biasanya sih dalam urusan belanja, contohnya nih, liat lipstick shade lucu dikit beli, liat review skincare bagus dikit langsung beli, dan hal-hal lain yang membuat saya merasa senang sesaat.


Sifat impulsive saya juga muncul ketika ada produk skincare yang saya pakai ternyata "ga sengaruh" harapan saya. Walau si produk masih banyak, ga menutup kemungkinan saya akan nyari produk baru.

Kebiasaan ini terus berlanjut hingga pada suatu hari saya sedih banget ketika menyadari kalo lipstick saya banyak banget. Bibir cuma satu ga mungkinlah bakal dipake semuanya. Dari begitu banyak lipstick itu ada yang bahkan memiliki warna yang sama dari merk yang berbeda, akhirnya banyak diantara lipstick saya tersebut yang mengental dan ga layak pakai lagi. Berasa buang-buang uang untuk hal yang ga penting banget.

Mulai dari situ saya bertekad untuk memulai hidup Minimalis..

Lipstick yang masih bagus tapi jarang banget saya pakai langsung saya kasih sama bibi yang kerja dirumah, atau kalo ada temen yang mau ya saya kasih-kasihin aja. Hari itu saya pembersihan besar-besaran bukan cuma makeup, tapi juga skincare, baju, hijab dan lain-lain.

Sempet kepikiran bahwa "wah ini masih bagus sayang banget kalo mesti dikasih ke orang", tapi balik lagi, daripada ga kepake ya mending dikasih ke orang lain. Kalo barang ini bisa berguna untuk orang lain toh saya juga dapet pahala.

Hidup minimalis ini bukan berarti pelit apalagi sama diri sendiri, tapi lebih mementingkan logika ketimbang sekedar laper mata.

Alhamdulillah sudah jalan setahun lebih dari saat saya bertekad untuk hidup minimalis, sekarang kualitas hidup saya terasa jauh lebih baik. Saya ga bingung uang saya kepake beli apa aja, saya ga susah memilih barang yang akan saya pakai, dan saya ga pernah menyesal lagi ketika membeli sesuatu.

Di makeup pouch saya sekarang cuma ada 2 lipstick nude yang saya selalu pakai bergantian, belum mau beli lipstick baru sampai benar-benar habis. Toh orang ga bakal peduli seberapa bagus warna lipstick saya dan merk apa saya pakai, saya juga risih kalo bibir saya di plototin orang hahaha. Begitu juga dengan skincare, saya ga akan beli produk baru sampai produk yang saya punya bener-bener udah habis. Ga mau mubazir karna laper mata lagi :,) Contohnya kaya Eyecream yang saat ini saya pakai, Mizon Snail Repair Eye Cream. Walau dari beberapa review yang saya baca bilang kalo eyecream ini bikin milia di bawah mata, Alhamdulillah di saya cocok-cocok aja tapi ya ga terlalu ngefek juga. Tapi karna produknya masih banyak dan cuma ini eyecream yang saya punya, jadi bakal saya pakai sampe habis.

Intinya saya ga akan stop pemakaian suatu produk sampai produk ini habis, kecuali saya breakout. Hal ini bikin saya berhati-hati banget waktu mau beli skincare, cek review sana sini, cek kandungannya, apakah ada kemungkinan reaksi negatif kalo kena dikulit sensitif, dan yang terakhir adalah bertanya sama diri sendiri "apa iya beneran perlu ?"

Alhamdulillah kalo untuk outfit, sejak berhijab syari saya ga rempong lagi mau pake hijab yang mana, cardigan mana, celana mana. Cukup pakai gamis dan hijab, jadi deh. Lagipula saya bukan tipe cewe yang hobi belanja pakaian sih, dari dulu udah tergantung kebutuhan aja. Alhamdulillah setelah syari makin terkontrol :)

Saat akan pergi ke mall juga saya tanya diri sendiri "yakin ada perlu ? atau cuma mau liat-liat aja ? bakal waste the time and money aja ga kira-kira ?" gituw. Karna dulu saya orangnya suka laper mata kalo di mall, pas dirumah terus sadar kalo udah beli barang yang ga terlalu perlu, ujung-ujungnya nyesel.

Dalam hidup minimalis penting banget untuk berkomitmen sama diri sendiri, dan terkadang "keras" sama diri sendiri. Karna ternyata hidup minimalis itu banyak manfaatnya.

Professor Kasser dari Knox College, Illinois mengatakan bahwa

"Kami menemukan bahwa di luar faktor usia, jenis kelamin dan geografi ... mereka yang secara sukarela memilih hidup minimalis melaporkan tingkat kepuasan hidup yang jauh lebih tinggi, lebih banyak memiliki pengalaman tentang emosi yang menyenangkan dan sedikit pengalaman tentang emosi yang tidak menyenangkan."

Sejak menjalankan hidup minimalis, Saya sekarang lebih menghargai diri saya, menghargai pilihan dan keputusan saya. Karna saya tau apa yang saya putuskan sudah menjalani proses pemikiran yang panjang, bukan cuma menuruti perasaan dan ego sesaat saja :)



You Might Also Like

0 komentar