Ivory by Ayola - rumah yang nyaman saat memeluk rindu pada Bandung

Salah satu keinginan di tahun 2018 yang sudah tercapai adalah mengajak keluarga dari pihak suami liburan. Kebetulan adik iparku menikah di daerah Bogor di januari kemarin, jadi setelah seluruh rangkaian acara selesai, sebelum pulang ke Palembang, kami sempatkan untuk mengajak Mama, Papa, dan adik-adik liburan singkat di kota yang penuh kenangan masa kecilku, apalagi kalo bukan Bandung.

Suka cita karna mau ngajak mama dan papa liburan, tuh, udah berasa dari 3 bulan sebelumnya. Aku super excited mempersiapkan itinerary — yang akhirnya ga kepake karna kami lebih memilih liburan santai — dan juga memilih hotel kami selama di bandung. Walau galau-galauan dalam pemilihan hotel ini baru kelar  di H-5 keberangkatan, tapi aku bersyukur banget karna ga salah milih dan berhasil bikin keluarga terutama mama dan papa bisa beristirahat dengan nyaman setelah seharian jalan-jalan.

Yang ikut dalam rombongan ada 7 orang dewasa, yaitu : Papa, mama, kami berdua, 2 orang adik suami, dan 1 orang adikku. Karena ini liburan keluarga, artinya aku harus menyiapkan 2 kamar family room untuk kami semua. Nah pemilihan hotel yang punya kamar tipe family room dengan review yang bagus ini nih yang bikin lama, kalo liat di situs penjualan online ataupun google tuh adaaa aja cela nya. Karna aku dan suami baru pertama kali jadi "host" dalam trip keluarga, sebisa mungkin aku minimalisir kemungkinan adanya ketidak nyamanan terutama untuk mama dan papa. Intinya sih ga mesti hotel mewah yang penting nyaman, deh. Dan Alhamdulillah aku memilih hotel yang tepat !

Sekarang aku mau review pengalaman selama menginap di Ivory by Ayola, mungkin bisa jadi salah satu pilihan hotel buat temen-temen yang berencana untuk liburan keluarga ke Bandung 😊

Lokasi strategis
Ivory by Ayola terletak di Jalan Bahureksa yang lokasinya sangat dekat dengan jalan Riau tempat berkumpulnya factory outlet kece di Bandung, pun dekat dengan dago dan jantung kota bandung. Kalo nginep disini insya Allah ga bakalan mati gaya dan kelaperan deh, karna banyak banget resto maupun kafe yang bisa di jangkau hanya dengan berjalan kaki, Rame lah pokoknya. Coffee shop dideket-deket sini pun kayanya menarik untuk dicoba. Kalo pun pengen makan sesuatu yang agak jauh tapi mager untuk keluar hotel, ya tinggal di go food-in aja.

Lokasinya yang cukup dekat dengan tempat tinggalku dulu memberikan semerbak aroma nostalgia yang benar-benar pekat terasa. Lamunan seketika terbang ke masa lalu, mengenang sisa ingatan tentang masa kecil ketika sekolah di taman lalu lintas bandung, jogging ke punclut di minggu pagi bersama kakek dan almarhumah nenekku, ikut ibu dan bapak ngelab di akhir pekan di ITB, dan semua cerita masa kecil yang sampai saat ini masih sering di ceritakan berulang-ulang dengan senyuman oleh kakek dan ibuku.

Serasa berada dirumah
Pertama kali masuk ke lobi hotel, yang aku rasakan adalah seolah pulang kerumah sendiri, sofa-sofa di lobi ini di desain seperti di ruang tamu, nyaman tanpa kesan mewah berlebihan. Yang membedakan adalah banyaknya pajangan  penghargaan mulai dari traveloka, tiket.com, agoda, trip advisor, dan lain-lain. Semua meja di lobi dihiasi dengan bunga anggrek beraneka warna yang segar dan merekah, jadi berasa lagi di rumah nenek :')

Walaupun lokasinya di tengah-tengah factory outlet dan cafe-cafe, bukan berarti kita akan terganggu sama berisiknya suara musik di malam hari seperti hotel-hotel di kuta - legian. 2 malam tidur di hotel ini, aku tidur nyenyak banget. Selain karena cape tapi emang suasana kamarnya bener-bener enak di pake istirahat.

Disediakan cukup banyak sofa untuk duduk santai, bahkan di lorong menuju kamarpun ada, ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Ivory by Ayola sebagai hotel keluarga. Kenyamanan yang mereka tawarkan ini lah yang akhirnya menarik banyak sekali pengunjung ga hanya dari dalam tapi juga luar negeri.

Mini library dengan berbagai buku yang menarik
Hotel ini juga punya mini library yang buku-bukunya bisa di bawa masuk ke dalam kamar (jangan di bawa pulang, ya). Mini library ini juga lah yang menjadi  salah satu alasan  aku makin sreg memilih hotel ini 😄 kan lumayan banget  bisa baca buku sambil santai-santai setelah jalan-jalan keliling bandung. aku sempet  baca Komik korea berjudul dieter, Pukat dan Amelia nya Tereliye walaupun ga sampe habis.

Fasilitas yang oke
Buatku, slogan "Feels like Home" yang diusung hotel ini sangat jelas terasa. Baru kali ini aku tidur di hotel yang ada gulingnya, yes guling sodara-sodara 😄 Selain itu mereka menggunakan bantal empuk bulu angsa yang super nyaman, bawaanya pengen nempel mulu dikasur. Wifi kamar pun cukup kencang walau dipakai beberapa device sekaligus, disamping itu Channel tv di dalam kamar cukup lengkap. Kalopun seharian ga jalan kemana-mana pun rasanya ga bakalan ngerasa bosen.

Biasanya kalo liburan sama keluarga terutama kalo bawa anak kecil, mereka akan senang sekali menginap di hotel yang ada fasilitas kolam renangnya. Sayangnya di ivory by ayola ga ada kolam renang. Buatku sih ga masalah, karna emang ke Bandung untuk jalan-jalan, dan kembali ke hotel biasanya sudah sore dan cape.

Pelayanan yang Jempolan
Keramahan orang sunda mah ga usah di pertanyakan, pelayanannya pun alhamdulillah memuaskan. Mulai dari security di basement hingga room boy semuanya baik dan ramah 😊 Room service ivory by ayola buatku adalah salah satu yang terbaik, karena di hari kedua beberapa sabun, shampoo dan air mineral yang belum terpakai(btw, botol air mineralnya cakep loh *eleh ), tapi tetap disediakan tanpa mengurangi jatah yang ada. Jujur aja, aku pernah beberapa kali nemu hotel yang bahkan berbintang sekalipun, kalo liat toiletries atau air mineral belum kepake suka ga dikasih lagi, KZL deh, kan itu hak pengguna kamar. Terus kami sempat meminjam sendok untuk makan Baso aci karna akang go food nya kelupaan, di anterin sama room boy nya cepet banget loh.

Kekurangan yang aku temukan di dalam kamar hanya ukuran kamar mandi yang agak terlalu sempit. Apalagi untuk tipe kamar family room yang bisa aja di pake bersamaan oleh beberapa orang keluarga (ada yang lagi sikat gigi, dan ada yang lagi pup #ew).

Capuccino as welcome drink, why not ?
Setiap tamu yang menginap di ivory by ayola berhak mendapatkan 1 buah voucher welcome drink yang bisa ditukar dengan Iced tea, juice, atau hot capuccino di everjoy cafe nya. Waktu penukaran sampai hari terakhir kita berada di hotel tersebut alias saat check out. Karna kami memesan 2 kamar family room, otomatis kami mendapat 8 buah voucher.

Buat yang suka kopi, cobain deh capuccino nya, wihh salah satu capuccino ter-enak yang pernah aku coba sih menurutku. Ini karena capuccinonya diracik langsung oleh baristanya, say no to instant coffee.

Oya, Info penting, mereka ga melayani pengambilan welcome drink baik juice, iced coffee ataupun capuccino saat jam sarapan. Akibatnya 6 voucher welcome drink kami terbuang sia-sia karna kami mau menukar voucher tersebut saat sarapan di hari terakhir. Sedangkan saat itu kita harus pulang, kalo mau nunggu sampe jam 10 pagi cuma buat kopi doang ya sayang amat waktunya. Untungnya aku dan suami udah sempet menukar 2 voucher saat nunggu akang go food di malam hari sebelumnya. Minum kopi enak sambil ngobrol berdua sama suami di kafe yang nyaman ditengah rintik hujan kota Bandung, indah banget rasanya mengingat sejak punya bayi, kami sangat jarang bisa quality time berdua.

Restoran ala 60's america dengan makanan Indonesia yang enak
Dinding restoran everjoy di desain dengan berbagai gambar ala amerika tahun 60an. Disini kita juga bisa lihat mesin penggiling kopi raksasa yang ditaruh di sisi kanan restoran, gedenya bahkan hampir segede dapur dirumahku di Bangka hahaha.

Secara jujur, menu sarapan di Ivory by ayola kurang bervariasi. Tapi aku suka dengan komitmen mereka mengangkat menu-menu tradisional, bahkan konon katanya setiap akhir pekan disediakan berbagai menu jajanan khas pasar tradisional seperti es cendol dan lain-lain. Tapi karena kami tidak menginap saat weekend, jadi ga bisa ngerasain deh 😄 menu utama yang disediakan setiap harinya berbeda-beda dengan rasa yang cukup lezat, di hari pertama nasi kuning, dan di hari kedua menu utamanya adalah nasi padang, yessss pagi-pagi makan nasi padang lengkap dengan sayur nangka. Tenang, rendangnya udah jadi rendang sunda kok, alias manis dan ga pedas hehe. Rasa dari makanannya enak-enak, petugasnya cukup sigap mengisi ulang makanan-makanan yang kosong.

Overall..

Ivory by ayola emang sebagus review yang aku baca di internet, kalo ditanya mau ga balik lagi kesini, jawabannya adalah mau banget. Aku rekomendasiin hotel ini untuk temen-temen yang mau berlibur ataupun perjalanan dinas ke bandung, semoga teman-teman juga merasakan kenyamanan seperti yang kami rasakan :)