Belajar jadi ibu #1

4 bulan jadi ibu, rupanya aku masih bener-bener harus belajar mengenal bayiku. Alhamdulillah Naufal bukan termasuk anak yang rewel, seja...


4 bulan jadi ibu, rupanya aku masih bener-bener harus belajar mengenal bayiku. Alhamdulillah Naufal bukan termasuk anak yang rewel, sejak lahir sampe hari ini hanya sesekali aku dan ayahnya dibikin begadang semalam suntuk, itupun karna imunisasi dan juga saat dia masih beradaptasi dengan suasana rumah baru setelah kami pindahan, si bayi ngajak ayahnya ngobrol sepanjang malam padahal si ayah udah K.O dan akhirnya di ambil alih sama oma nya, barulah si bayi tidur setelah jam 2 pagi. Semua orang bilang bayiku ini murah senyum, sama siapa aja mau, dan Alhamdulillah banyak yang sayang sama dia.

Untuk masalah begadang dan bangun tengah malam, aku ga ada masalah sama sekali, begitupun juga dengan ayahnya. Tapi bayi ini kepalang jatuh cinta sama ayah (kaya ibu), jadi ketika ditinggal ayahnya kembali ke kantor setelah istirahat siang mulai deh dia cranky ga karukaruan. Semuanya serba salah. Ditaro salah, miring salah, digendong salah.

Pernah suatu ketika dia tiba-tiba nangis minta gendong saat kepalaku pusing dan aku sempet-sempetin untuk tidur siang. Nyawa belum ngumpul, kepala pusing, dan si bayi di taro dikit nangis (padahal emak cuma mau masang gendongan doang 😑). Kebetulan punya tetangga baru yang sayang sama naufal, denger suara si bayi nangis dikit, si mbak sering kali langsung dah nyamperin kerumah mau take over ngegendong bayiku. Perasaanku gimana ? pikirin aja kira-kira gimana 😊

Karna rewelnya ga berkesudahan, antara dongkol (dan takut disamperin lagi sama tetangga 😑) sampe-sampe tanpa sengaja aku angkat badan bayiku sambil ngomong agak kenceng "Naufal !". Si bayi yang selama ini selalu dipanggil dengan sebutan kakak dengan intonasi lemah lembut langsung kaget dan makin kenceng nangisnya. Jujur nyesel banget, tapi disisi lain kepala pusing bikin badan lunglai sejadi-jadinya. Ga perlu waktu semenit si ibu langsung nyesel dan ikutan nangis, kesel sama diri sendiri kenapa ga bisa nahan emosi, kesel kenapa bisa ngomong kenceng sama anak yang saking takut kehilangannya bahkan belum pernah aku ceritain disini, yang selalu ada dalam doa disujud terakhir ku, yang kutunggu kehadirannya hingga 2 tahun, yang tiap malem sebelum tidur selalu dibisikin "kakak jangan tinggalin ibu ya nak, kakak sama ibu terus yaaa.. boleh keluar rumah kalo nanti kuliah di luar negeri, dan kalo kakak udah menikah". Baru 4 bulan anaknya, tapi ibu udah sedih aja mikir kalo nanti anaknya bakal kuliah keluar kota,Sesayang itu.

Makin kesini aku makin paham bahwa bayiku sangat suka di peluk ibunya, kadang minta peluk aja nangisnya udah kaya sirene ambulans. Pengalaman jadi ibu adalah terbaik yang pernah aku miliki dalam hidup, proses pembelajaran tanpa batas juga. Karna Naufal, ibu jadi belajar mengontrol emosi, meredamnya dan mengeluarkannya dalam bentuk pelukan dan cinta. Maafin ibu ya, kak, kita pelukan terus ya Nak.. Kapanpun kakak butuh pelukan ibu, ibu akan selalu ada disini untuk kakak.

You Might Also Like

0 komentar