10 step Korean Skincare (Night Treatment) #1

dulu aku sempet mikir bahwa kulitku yang sedang berjerawat itu ga cocok dipakein skin care, tunggu jerawatnya ilang atau kering dulu baru...


dulu aku sempet mikir bahwa kulitku yang sedang berjerawat itu ga cocok dipakein skin care, tunggu jerawatnya ilang atau kering dulu baru deh bisa dirawat. Lah sampe kapan ? Tapi ternyata aku salah, justru layering skincare lah yang ngaruh banget dengan kesehatan kulitku yang juga bikin jerawatku kabur.

Kalo kalian pernah nonton episode running man yang para member didatengin para sahabatnya, kalian pasti kaget pas tau umurnya para sahabat member ini bahkan ada yang udah kepala 5 tapi mukanya kaya umur 29 tahun. KZL ga sih ? lah kite masih 27 dipanggil ibu mele tiap mampir indomaret (muka boros).

Orang korea emang terkenal dengan kebiasaannya menggunakan skincare ditumpuk-tumpuk alias layering gitu. Bahkan kalo mau diikutin masya Allah banyaknyaaa.. tapi emang usaha ga mengkhianati hasil, sih. buktinya muka cewe dan cowo korea mulussss dan sehat banget. Sebagai sesama orang asia, aku berfikir ga ada salahnya untuk mengadopsi cara mereka dalam merawat kulit. Emang pada dasarnya kalo mau punya kulit bagus itu harus ada effort yang tinggi sih.



Jadi, karena aku punya prinsip "more skincare, less makeup", Aku memilih step tersingkat dari rangkaian skincare korea yang bisa aku terapin di kulitku. 10 step korean skincare ini udah aku coba dalam waktu kurang lebih sebulanan, semakin kesini perubahan signifikan makin berasa. Jerawat udah pada kabur, tinggal PR untuk ngusir sisa brutusan dan bekas jerawat Zz.

Sebenarnya skincare yang aku pake disini ga diformulasikan khusus untuk ngilangin jerawat dan ga semuanya produk korea, tapi sejak proses kenalan sama kulit seperti yang aku ceritain di post sebelumnya, aku jadi paham jerawat itu rusuh munculnya kalo aku lagi dalam keadaan sibuk atau lagi males merawat kulit, yang akhirnya bikin kulitku ngambek terus jerawatan. Alhamdulillah sejak kembali rajin merawat kulit dengan cara baru yaitu di hajar pake 10 "jagoan", sedikit demi sedikit jerawat jadi KO deh. Jerawat hormonal bulanan pun datengnya cuma 1 dan gampang keringnya. Sekarang ini kulitku lagi dalam proses ngilangin bekas jerawat yang udah terlanjur banyak, sejauh ini alhamdulillah bekasnya makin memudar.

Aku lagi cinta-cintanya banget sama produk korea, aku coba berbagai merk dan semuanya aku suka dan cocok dikulitku. awalnya emang sempet takut ga cocok. Tapi ternyata semuanya cocok, yeay ! Walaupun tentu aja produk-produk ini aku coba dulu satu persatu, ga langsung numpuk dalam sekali pemakaian.

Jujur, setiap cuci muka setelah bangun tidur aku bahagia banget megang wajahku yang berminyak karena layering skincare yang aku pake di malem hari sebelumnya. Entah kenapa aku jadi merasa ngasih penghargaan aja sama diri sendiri, walau dengan cara se-simple-itu. Beberapa hari terakhir aku pulang hampir pagi karna urusan kantor, kalo dulu abis mandi dan cuci muka aku langsung aja tidur karena terlalu capek dan males pake skincare padahal skincare yang dipake cuma krim malem. Tapi sekarang dibela-belain walau jam 2pagi tetep pake layering skincare, dan rasanya tuh satu demi satu produk yang aku kasih dikulitku itu jadi seperti refresher. Yang tadinya dongkol, jenuh, capek, badan sakit jadi terobati dengan "aku menghargai diri sendiri" itu. Saking ngaruhnya aku jadi tidur dalam keadaan bahagia, nyaman dan lebih nyenyak.

ya tuhan panjang amat ceritanya, yawdah berikut 10 step korean skincare yang sedang aku pake per oktober-november 2017.

Makeup Removal / Oil Cleanser

Ngebersihin Makeup ini dulunya suka ke skip, langsung cuci muka dan hasilnya kulit ga terlalu bersih. Dari dulu cara aku bersihin makeup tetap sama, Eye and lip makeup removal - milk cleanser - Micellar water. Kalo orang korea sono produk yang dipake cuma 1 yaitu oil based cleanser, tapi aku pribadi sih lebih nyaman pake ketiganya sekaligus karna udah kebiasaan dan rasaan jauh lebih bersih. Untuk Eye and Lip udah dari dulu aku pake Ponds and Shake clear solutions (warna hijau). Udah nyoba produk yang oil based tapi tetep balik lagi ke ponds karena rasanya bersih banget dan ga ninggalin rasa licin dikulit, geli coy. Lucunya ponds shakes ini ga cocok kalo di aplikasiin keseluruh wajahku, suka bikin brutusan dan jerawat (dulu sih, sekarang belum nyoba lagi). Tapi untuk ngebersihin make up mata dan bibir tetep aman dan ga tergantikan.

Setelah bibir dan mata bersih, lanjut bersihin seluruh wajah dengan Viva milk cleanser greentea. Ini juga belum nemu gantinya, sih. Sukses banget ngangkat make up di wajah tanpa bikin kulitku iritasi. Emang produk ini diformulasikan untuk kulit berjerawat dan sensitif sih.

Terakhir, barulah aku bersihkan sisa makeup yang masih menempel dengan Nivea makeup clear micellar water. Buatku kualitas nivea cukup mirip dengan Bioderma Sensibio H2O yang biasa aku pake, dan dari semua micellar water yang pernah aku coba, Nivea ini salah satu yang terbaik dalam membersihkan dan melembutkan kulit. Kalo aku lagi ga kemana2, aku cuma pake micellar water aja untuk membersihkan kulit wajahku.

Foaming Cleanser 

Dulu ketika mukaku super sensitive (plus super ngeselin) karna efek krim dokter kulit, cuma Pond's flawless white deep whitening facial foam ini yang bisa diterima wajahku. Muka berasa bersih banget tapi tetep ga kering. Selain itu sekarang aku juga pakai L'oreal White Perfect Milky foam Purifying & Brightening, sejujurnya diantara kedua merk ini aku lebih suka pond's sih, tapi L'oreal enak juga kok.

Exfoliator

Aku meng-exfoliate wajahku 2-3 dalam seminggu, ada orang yang tiap hari tapi aku ga berani karna takut muka jadi bermasalah karna over exfoliated. Saat ini aku pake exfoliator junjungan banyak orang yang reviewnya bagus banget, Yaitu Neogen Bio Peel+ Lemon. Bentuknya pads gitu dengan isi 30 lembar, pads nya ini sendiri ukurannya cukup gede untuk sekali pemakaian, rasanya tuh cairannya masih nyisa banyak banget, jadi aku gunting deh pads nya jadi 2 bagian, mayan lebih irit dan lebih efisien pemakaiannya hewhew. Sejujurnya kemasan neogen ini ga travel friendly karna super bulky. Tapi kualitasnya emang juara, sih. Muka jadi berasa banget bersihnya. Oya setelah make neogen ini kamu harus cuci muka lagi yaaa, jangan langsung ditumpuk dengan skincare lain.

Hydrating Toner

Untuk saat ini aku lagi ngabisin Viva Green tea facial toner ku, yang sebenernya aku beli kebanyakan saat beli viva green tea milk cleanser. Sejujurnya toner ini ga terlalu menghidrasi sih dan aroma alkoholnya mayan kenceng, tapi karna cuma ini hydrating toner yang aku punya jadi ya di pake aja. Kalo ini abis kayanya aku pengen nyoba Klairs, deh.

Essence / Booster

Essence yang aku gunakan saat ini adalah Missha Time Revolution dan Vitamin E Aqua boost essence nya The Body Shop. Essence itu penting dan ngaruh banget sih buatku, karna emang gunanya sebagai booster ini sebagai "pembuka jalan" agar penyerapan dari skincare yang diberikan setelahnya lebih maksimal. jadi akan sangat sayang kalo ga diberikan perawatan lanjutan setelah ini.

Serum / Ampoule

Ampoule konon katanya lebih rich dibandingkan serum, jadi orang-orang korea lebih suka menggunakan ampoule ketimbang serum. Ampoule yang aku gunakan saat ini adalah Mizon Snail Repair Intensive Ampoule, yang berbahan dasar 80% snail filtrate alias lendir siput. Fokus utamanya adalah ke wrinkle care & skin regeneration. Karna udah diatas 25 tahun, kayanya pas banget aku mulai peduli dengan kerutan di kulit wajah.

Sheet mask

Orang korea menerapkan "one day one sheet mask", makanya kulit mereka sehat banget. Aku pun cinta banget sama korean mask sheet, Semuanya aku cocok dan packaging nya gemessss banget. Sejauh ini suka banget sama sheet mask nya Nature republic  yang bamboo, aloe vera, dan orange, karna emang baru ini yang dipake dan stocknya belum habis, jadi belum nyobain merk lain hehe.

Eye cream

Baru sebulanan ini aku ngeh kalo ternyata eye cream itu penting banget. mane aje lau mit ? Saat ini aku menggunakan Mizon Snail repair eye cream, sejauh ini cocok-cocok aja walau belum keliatan perubahan signifikan. Tapi cukup melembabkan, kok. Beberapa review menunjukkan complain karna eye cream ini menyebabkan milia di bawah matanya, Alhamdulillah aku ga mengalami itu. Karna cuma eye cream ini yang aku punya jadi ya aku pake aja, abis ini kayanya mau coba eye cream yang lain. Tertarik banget mau coba clinique eye cream.

Moisturizer / Cream

Cream malam yang aku gunakan saat ini adalah L'oreal White Perfect Clinical Night Cream, cukup melembabkan tapi ga begitu mencerahkan. Banyak orang bilang kalo cream malam ini efeknya seperti pake krim dokter, kulit jadi mulussss banget. Tapi kayanya efeknya ga semenakjubkan itu dikulitku. Kayanya setelah ini mau nyobain Drop of Light the body shop aja karna cream malam andalanku udah diskontinyue 😔

Sleeping Pack

Guna Sleeping pack ini sebagai masker yang mengunci nutrisi yang kamu berikan di kulitmu saat kamu tidur, jadi penyerapan nutrisinya lebih maksimal. Saat ini aku pake Laneige water sleeping mask, cocok dan nyaman banget dipake. Tapi kalo dipikir-pikir kayanya lebih enak pake ukuran kecil gini ketimbang beli yang ukuran normal, karna jatuhnya ukuran normal itu lebih mahal ketimbang kita beli produk dengan berat serupa tapi dengan jar ukuran kecil, coba itung deh 😉 Nanti kalo abis pengen nyobain innisfree greentea sleeping mask, ah.

Jadi itulah produk 10 step korean skincare yang aku pake saat ini, nanti kalo sempet aku review produknya satu persatu. Semoga bermanfaat yaaaa..

Ket : Foto diambil ketika hari sudah sore dan cukup mendung, jadi dapat dipastikan bahwa produk-produk di atas tidak terkena paparan matahari langsung 😊

Love,
Mitha Pisasefsio


You Might Also Like

2 komentar

  1. Sis itu stepny dipakai setiap hari kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ga setiap hari udah saya tulis yg mana aja kok mbak

      Delete