10 cara mudah dalam menghargai diri sendiri

Semua orang pasti ngerasa seneng kalo di perlakukan baik sama orang lain. Mood jadi bagus, hati bahagia, dan efeknya besar. Bisa jadi kar...


Semua orang pasti ngerasa seneng kalo di perlakukan baik sama orang lain. Mood jadi bagus, hati bahagia, dan efeknya besar. Bisa jadi karna perlakuan kecil itu bikin kita lebih bersemangat menjalani sisa hari. Terus, pernah ga kepikiran untuk memperlakukan baik diri sendiri ?
Sudah sebulan terakhir aku memperbaiki mood dengan melakukan hal kecil untuk diri sendiri. Walaupun simple tapi ternyata dampaknya besar banget. Intinya adalah aku berusaha untuk menghargai diriku seperti aku menghargai "tamu" atau orang lain yang berkunjung rumahku. Berusaha mentreat diri sendiri sebaik mungkin. Bagaimana aku berusaha membuat orang lain merasa nyaman, itu juga yang aku lakukan ke diriku.


Plate your healthy breakfast as good as you can do 



Sarapan dengan menu sehat itu emang wajib, ketika aku memulai hari dengan memakan makanan sehat itu pun sudah membuat aku merasa memberikan penghargaan untuk diriku sendiri. Selain ngasih asupan yang sehat, aku juga berusaha memberikan sajian yang cantik dan enak dilihat. Efeknya, makanan yang aku makan rasanya semakin nikmat, mood jadi semakin baik bahkan jauh banget ketimbang ketika dulu aku memberikan diriku makanan yang sama tapi dengan piring dan bentuk ngasal atau seadanya. Apalagi kalo kamu pake piring plastik yang pinggirnya soek kena api kompor :(

Listen to your favorite playlist
Di pagi hari aku selalu meluangkan waktu untuk mendata kegiatan prioritas apa aja yang mau aku lakuin hari ini sambil menikmati minuman hangat yang aku suka, baik itu kopi atau teh. Kegiatan ini biasanya aku lakukan sambil ditemani lagu favoriteku. Level mood bisa naik sampai 100x lipat.

minum air putih yang banyak
Ini dulu sering banget kelupaan. Saking ngaconya, mungkin dulu aku minum air putih cuma 2-3 gelas kecil sehari, itu juga pas makan doang. Supaya ga lupa, aku selalu siapin air mineral botol 1,5 liter yang selalu aku bawa-bawa dan selalu keliatan dimataku. Gunanya sebagai indikator apakah hari ini aku udah minum cukup apa belum, kalo sebotol itu belum habis berarti aku belum banyak minum air putih hari ini dan harus dikejer supaya habis. Pokoknya harus habis ! Cara ini ngaruh banget dengan pola minumku, karena selama ini jarang banget aku sengaja-sengajain minum air putih kalo lagi ga haus, sering banget kelupaan :(

Pamper yourself in the morning


my current favorite clay mask
Setiap orang punya cara yang berbeda dalam memanjakan diri di pagi hari, bisa dengan yoga, olahraga dan lain-lain. Percaya deh, kalo dipagi hari kita udah bahagia, dijam-jam setelahnya insya Allah akan lebih bersemangat. Caraku dalam memanjakan diri adalah dengan mengunakan face mask. Biasanya sebelum mandi aku selalu pakai clay atau mud mask. Sensasi tinglingnya nyegerin banget dan kulit jadi siap di pakein makeup.

Katakan tidak untuk hal yang tidak kau sukai
Kadang kita suka memaksakan diri dengan mengatakan "iya" pada sesuatu yang tidak kita suka hanya karna kita merasa ga enak pada orang lain. Ujung-ujungnya sedih dan dongkol sendiri. Coba deh mulai sekarang belajar menolak untuk melakukan sesuatu yang ga kamu suka, ayo mulailah menghargai diri sendiri. Tapi tetep yaa kalo menolak sesuatu harus dengan cara yang sopan dan jangan menyinggung perasaan orang lain☺️

Jika lelah, beristirahatlah
Jangan paksakan dirimu untuk bekerja terus menerus dalam waktu yang lama. Beri jeda otak dan tubuh untuk beristirahat. Pernah dengar teknik Podomoro ? Dimana kamu fokus mengerjakan sesuatu dalam 25 menit tanpa putus, kemudian diselingi dengan 5 menit waktu istirahat. Siklusnya terus seperti itu. Percaya deh, kamu akan lebih produktif ketimbang terlalu memaksa dirimu untuk bekerja tanpa putus.

Beri reward diri sendiri
Sudah 7 tahun ini aku selalu memberi reward pada diri sendiri ketika berhasil mencapai sesuatu, misalnya nih, target minggu ini tercapai, di akhir minggu aku akan mentraktir diriku sendiri dengan membeli atau melakukan hal yang sedang sangat aku sukai. Ga mesti yang mahal, cukup skincare atau makanan yg sedang aku kepengen banget pun udah cukup. Biasanya setelah memberi reward sama diri sendiri aku akan lebih semangat untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Ketika jenuh, beri kesempatan diri sendiri untuk melakukan apa yang ia suka
Aku sangat suka travelling, ketoko buku walau cuma sekedar melihat-lihat, membaca, fotografi dan menulis. Saking sukanya, ketika ga punya cukup waktu untuk liburan keluar kota, ketika aku lagi jenuh-jenuhnya, suamiku udah tau banget apa yang harus ia lakuin untuk bikin mood ku balik lagi. Tinggal ajak aja istrinya ini cari spot foto, atau ajak ke kafe favorite tempat istrinya bisa nyaman menulis blog, atau ajak aja ke toko buku, atau biarin dia sendiri khusyu membaca buku, nissssscaya dijamin mood istrinya ini bakal balik lagi bahkan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Be good to your skin, you will wear it everyday for the rest of your life
seperti yang aku ceritain disini , bahwa meluangkan waktu untuk merawat kulit itu berpengaruh besar untuk mood dan kualitas tidurku. Ketika aku mulai mengaplikasikan skincare layer per layer dikulitku itu, rasanya berasa dimanjain banget, yang tadinya capek, dongkol, stress jadi terasa berkurang signifikan.

Jangan kebanyakan mikir, banyakin dzikir
Overthinking kills your happiness ! kebanyakan mikir bikin galau..banyakin dzikir bikin hati tenang. Ga semua urusan dunia harus kamu pikirin, mikir yang penting-penting aja.

------------------------------------------------------------------------

Jadi itulah beberapa cara gampang yang aku lakukan tapi ngaruh banget sama perasaan dan kualitas hidupku. Mungkin bisa kamu terapkan sendiri atau bisa kamu pilih cara lain yang cocok sesuai karakter dan hal yang kamu suka 😊 semoga bermanfaat..

Love,
MP

You Might Also Like

0 komentar