Review : Alila Solo

Tempat menginap adalah satu aspek terpenting ketika merencanakan liburan. Liburan ga akan sempurna kalo nginepnya di tempat yang ga nyama...


Tempat menginap adalah satu aspek terpenting ketika merencanakan liburan. Liburan ga akan sempurna kalo nginepnya di tempat yang ga nyaman, kan ?

Proses milih-milih hotel, tuh, jadi salah satu aktifitas favoriteku banget deh. Ntah kenapa sampai saat ini aku masih belum tertarik buat nyoba booked tempat menginap dari airbnb. Tipikal turis asia banget, pengennya nginep ditempat yang nyaman, makanannya enak, fasilitasnya lengkap, pokoknya ga bakalan mati gaya kalo mesti stay di hotel seharian

Solo adalah salah satu kota yang paling ingin aku kunjungi di Indonesia. Selain karena destinasi wisata dan kuliner khas nya, tapi juga karena aku udah kadung ke makan review dan rekomendasi dunia maya yang bilang kalo hotel ini bagus banget. Iya, Alila solo jadi salah satu alasan utama kenapa aku pengen banget mengunjungi solo.

Sebagai bagian dari Alila group (dan cabang Alila resort Bali), dengan mendengar namanya aja, aku udah paham kalo hotel ini pasti jadi salah satu (atau malah) yang terbaik di kota Solo. Siapa yang meragukan fasilitas Alila ? Jadi ketika liburan ke Solo di akhir tahun lalu, menginap di Alila itu hukum nya adalah Wajib !

Lalu, gimana pengalaman kami setelah 2 hari menginap di Alila Solo ? berikut review singkat (yang kayanya agak panjang) nya..

Selamat datang, di gedung tertinggi di Jawa Tengah
Sangat mudah mengenali gedung nya Alila Solo dari jauh, karena hotel ini memiliki gedung 30 lantai dengan ketinggian sekitar 125 meter. aku bisa dengan mudah mengenali gedung hotel ini dari kamar hotel kami sebelumnya, karena ya itu.. ga ada gedung yang setinggi ini di Solo.



Interior yang simpel dan kental dengan unsur kedaerahan
Begitu masuk lobi Alila, aku langsung terpesona dengan dekorasinya yang tidak begitu ramai tapi sangat mewah dan membumi. Di lobi ini terdapat lempengan wayang raksasa yang membentang dari belakang Resepsionis hingga ke langit-langit lobi. Hampir semua bagian penting dari hotel ini kental dengan sentuhan batik, seperti desain kaca di depan lobi , dekorasi Epic Restaurant, bahkan di lift pun ada sentuhan batiknya. Selain itu yang aku suka dari suasana hotel ini, adalah wangi Aromatheraphy seperti daun sereh yang akan menemanimu mulai dari lobi hotel sampai di depan pintu kamar. Segeeeeer !


Lahan Parkir yang luas
Jangan khawatir akan sulit memarkirkan kendaraan, karena basement nya alila solo cukup luas, di areal basement ini juga disediakan 4 buah lift yang kesemuanya bisa digunakan.

Berada di Pusat Kota
Terletak di jalan utama, membuat hotel ini gampang sekali di akses dari mana aja. Buat yang pengen keluar cari cemilan malem-malem, bisa jalan kaki aja ke Solo Square yang lokasinya ga jauh dari Alila. Dihotel ini juga ada Liberica loh, jadi kalo pengen ngopi-ngopi ga perlu keluar hotel.



Pengamanan super ketat
Ini juga kelebihan Alila Solo yang paling oke, Pengamanannya yang super ketat. Setiap kendaraan yang memasuki areal hotel akan di periksa, Begitu juga dengan orang yang keluar masuk.

Fasilitas super lengkap
Selain di lengkapi fasilitas standar hotel, seperti gym dan lain-lain, Alila juga punya Rooftop bar tertinggi di jawa tengah : Agra Lounge and bar. Cocok nih kalo pengen reromantisan ngelamar pacar disini, hehehe. Selain itu, jangan lewatkan untuk berenang di Largo Pool nya yang cukup luas itu, yah. Buat yang bawa anak-anak, jangan khawatir, Alila juga menyediakan kids pool yang juga cukup luas untuk ukuran anak-anak. Di areal kolam renang, juga terdapat banyak sekali kursi dan sofa untuk bersantai, suasananya bener-bener mendukung untuk berlama-lama bersantai disini.


kids pool



Fasilitas kamar yang oke
Kamar yang didesain modern tapi tetap dengan sentuhan Jawa yang cukup kental dengan sentuhan dinding bermotif wayang. Untuk ukuran kamar deluxe, kamar nya alila solo sudah cukup lengkap. Setiap kamar menyediakan satu buah sofa panjang yang sangat nyaman, sofa ini jadi spot favorit saya untuk melihat suasana malam kota solo dari jendela kamar. Beberapa kali baca review tentang pengunjung yang bawa anak, hotel ini menyediakan baby crib di dalam kamarnya.

Ga usah khawatir kalo bajumu kusut, di setiap kamar disediain setrikaan + mejanya yang bisa kamu gunaiin kapan aja. Toiletries nya pun lengkap banget. Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan ketika kamu menginap disini. Bikin nyaman dan betah banget kalo harus seharian di kamar.




Sarapan yang enak dan sangat variatif
Butuh waktu berjam-jam dan volume perut yang gede banget supaya bisa nyicip semua menu sarapannya Alila Solo yang variatif banget dan super enak itu. Petugas restonya juga sigap banget mengisi ulang setiap makanan yang hampir habis, jadi ga ada ceritanya tamu kekurangan makanan.

Yang aku kagumi dari tata letak restorannya Alila,tuh, posisi penempatan makanan yang ga memakan banyak tempat tapi bener-bener variatif itu, kaya dikit padahal banyak banget. Dengan penataan yang apik kaya gini, memungkinkan jumlah meja makan yang tersedia jadi cukup banyak. Bikin tamu-tamu yang sedang makan ga was-was pengen cepet kelar karna kasian sama tamu lain yang ga dapet tempat duduk.







Overall, menginap Alila solo emang pilihan yang pas banget, liburanku dan suami jadi terasa berkualitas sekali. Kami pasti balik lagi. 

Hotel Alila Solo

Jl. Slamet Riyadi No.562, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144, Indonesia

You Might Also Like

0 komentar