Menghilangkan jerawat secara alami dengan obat jerawat bikinan sendiri

Saya yakin banget, hampir seluruh wanita dewasa di dunia ini pernah punya masalah sama jerawat, kayanya udah jadi pengunjung rutin tiap ...



Saya yakin banget, hampir seluruh wanita dewasa di dunia ini pernah punya masalah sama jerawat, kayanya udah jadi pengunjung rutin tiap bulan. Dan para wanita ini dipecah jadi beberapa bagian, ada yang memilih ke dokter kulit, menggunakan produk skincare yang dijual bebas di pasaran, dan ada juga yang menggunakan obat jerawat alami. Dan saya termasuk dalam golongan yang ketiga.

Kulit wajah saya ini sebenernya udah masuk ke dalam tipe wajah yang bandel, mau dipakein skincare apa aja hayok, hal ini karena saya biasa menggunakan oatmeal sebagai beauty remedy ketika wajah saya terlalu sensitif dampak dari penggunaan krim dokter. Alhamdulillah sedikit demi sedikit muka saya bisa sembuh dari efek ketergatungan krim dokter dan jerawat jarang banget muncul.

Tapi sayangnya, masalah jerawat datang lagi beberapa bulan yang lalu. Berawal atas saran seorang teman, saya mencoba mengkonsumsi salah satu merk vitamin E untuk program kehamilan yang ternyata memberikan efek ga cocok di kulit saya. Jerawat tumbuh subur disegala titik, pedih dan sedih nyampur jadi satu.

Saya termasuk yang ga begitu peduli sih sebenernya sama jerawat, tapi kalo udah panen gini ya ga nyaman juga. Dipakein Benzolac ga ngaruh, di totol obat jerawat ga ngaruh, bahkan di pakein FTE SKII ga ngasih perubahan yang berarti. Sempet terfikir untuk ke dokter kulit lagi tapi di tahan-tahanin karena efeknya yang seperti "gali lobang tutup lobang", nimbulin masalah baru.

Saya adalah pencinta produk alami, kalo ada yang alami kenapa mesti yang mengandung bahan kimia buatan ? Saya percaya banget tentang keseimbangan di alam, misalnya bahwa ada bahan kimia buatan yang ampuh ngilangin jerawat berarti ada juga bahan alami dengan keampuhan yang sama tapi tanpa efek negatif berbahaya seperti yang dihasilkan penggunaan bahan kimia. Bahan kimia mah banyak, tapi bahan alami ini yang mesti banget dicari tahu. Pasti ada satu cara alami yang bikin jerawat saya hilang, pasti.

Akhirnya, dengan izin Allah SWT ketemulah saya dengan sebuah artikel di Pinterest tentang bagaimana seseorang bisa sembuh dari jerawat dengan menggunakan minyak kelapa dan Essential oils. Jadi yang digunakan itu adalah minyak kelapa murni dengan campuran beberapa jenis essensial oils yaitu Lavender, tea tree dan lemon oil. Eitsss..jangan stop baca disini, karna saya bakalan ngasih tau dimana kamu bisa dapetin komponen-komponen tersebut dengan harga yang relatif terjangkau, jadi baca info ini sampe abis yaaa..

Saya pun sempet ga percaya awalnya, tapi akhirnya saya memutuskan untuk mencari tahu manfaatnya untuk kulit. Dan berikut beberapa manfaat dari Minyak kelapa murni, lavender oil, dan trea tree oil dan lemon oil.

Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut oil)
Minyak kelapa dipercaya mengandung asam laurat, asam kaprilat dan asam kaprat yang sangat baik bagi kulit. Kedua jenis asam ini diubah menjadi monolaurin dan monocaprin yang membuat jerawat lebih cepat hilang dan mudah dicegah. Bila digunakan secara teratur, minyak kelapa murni dapat mengobati masalah kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri seperti dematitis dan lain-lain. Dengan kata lain, minyak kelapa murni merupakan anti bakteri, anti virus, anti jamur dan anti protozoa. Bahkan Pamela Jacobs, menggunakan minyak kelapa untuk memasak, menghapus make up, perawatan rambut, dan mengolesnya di kulit dua kali sehari sebagai pelembab.Hasilnya ? Ia terlihat jauh lebih muda, ga keliatan kan kalo umurnya udah 50 tahun lebih ?

Lavender Oil
Banyak sekali manfaat dari minyak lavender, diantaranya Mengurangi kecemasan dan stress emosional, menyembuhkan luka dan luka bakar, memperbaiki kualitas tidur, mengembalikan warna kulit dan mengurangi jerawat, memperlambat penuaan dengan antioksidan kuat, meringankan eksim dan psoriasis, meredakan sakit kepala dan sakit kepala sebelah.

Tea tree Oil
Semua orang pasti udah tau khasiat dari minyak tea tree yang memiliki sifat antibakteri yang kuat, karena itu minyak ini dijadikan alternatif alami untuk benzoil peroksida, bahan kimia yang digunakan dalam perawatan jerawat. Selain iu, dapat menyembuhkan keputihan dan berbagai masalah yang diakibatkan bakteri lainnya. 

Lemon Oil
Manfaat utama dari minyak lemon diantaranya adalah karena kemampuannya membersihkan racun dari setiap bagian tubuh dan secara luas digunakan untuk merangsang drainase getah bening, untuk meremajakan energi, memurnikan kulit dan bertindak sebagai penangkal serangga.

Kelebihan dari menggunakan skincare dengan campuran bahan alami
Insya Allah aman dan ga memberikan efek yang berbahaya pada kesehatan tubuh, begitu juga untuk ibu hamil dan menyusui. Kalo kalian suka searching trend apa yang sedang berkembang di negara maju seperti amerika dan negara-negara eropa, pasti kalian tau kalo wanita-wanita sana tuh sangat senang pake skincare dengan bahan alami yang bisa dibikin sendiri dirumah. Saya perhatiin juga, sekarang banyak ibu-ibu Indonesia udah mulai ke tahap hidup sehat tanpa makan obat. Nah, essential oils ini asli deh banyak banget manfaatnya untuk mendukung gerakan tersebut.

Contohnya aja nih, ketika anak demam, oleskan lemon oil di sepanjang tulang belakang dan telapak kaki, dan kalo sedang batuk, lemon oil ini dipercaya dapat mengencerkan dahak dan batuk. Selain untuk kesehatan, kalo digunakan dengan bantuan diffuser bisa bermanfaat sebagai pewangi ruangan, memberi efek penenang, dan membersihkan udara. Selain itu dapat membersihkan noda membandel di kamar mandi, dapur, dan karpet. Juga mengangkat noda seperti bekas krayon, minak dan permen karet. Bahkan bisa juga untuk pengganti detergent di rumah. 

Itu contoh kecilnya untuk lemon oil aja yah, sebenarnya masih banyak banget manfaatnya. Belum lagi manfaat tea tree oil dan lavender oil. Bisa-bisa ga kelar-kelar saya nulis postingan ini, jadi temen-temen search sendiri yah ;)

Saya pribadi jadi keranjingan banget nyetok berbagai jenis essentials oil karena udah berasa banget manfaatnya. 


----------------------------------------------------------

oke kembali lagi ke obat jerawat alami, 

Apa aja sih yang dibutuhkan dan gimana caranya ?

  • Virgin Coconut oil - Pilihlah VCO yang Unrefined atau Cold pressed. Karena proses pemerasan tanpa pemanasan lebih alami ini akan menghasilkan minyak yang paling murni. Waktu yang digunakan dalam proses ini pun lebih lama dan membutuhkan pekerjaan khusus.
  • Essential oils - Lavender, Tea tree, dan Lemon - Kalo mau pake merk young living, good for you. Tapi kalopun pake merk yang biasa pun boleh asal kemurniannya terjaga dan berkualitas.
  • Toples skincare ukuran kecil - Usahakan yang dari kaca ya, kalopun ga ada pake tempat bekas skicare kalian yang udah di cuci bersih aja juga bisa. 

caranya adalah :
Pertama, siapkan dulu panci kecil yang biasa dipake buat bikin indomie, lalu masukkan gelas keramik atau mangkuk kecil dari keramik ke dalam panci tersebut. Kemudian isi air hingga gelas keramik tadi terendam sekitar 1/2 bagiannya. Lalu hidupkan api.

masukkan 7 sendok makan VCO, lalu tambahkan 20 tetes Lavender oils (mencerahkan kulit), 10 tetes lemon oil (meremajakan dan menjernihkan kulit), dan 10 tetes tea tree oil (sebagai desinfektan). Aduk hingga air dipanci mendidih dan terdapat gelembung-gelembung di bagian dasar "ramuan"mu. Setelah dingin tuangkan di toples.

Penyimpanannya bisa 2 cara, bisa di taruh diudara normal dimana campuran ini akan berbentuk liquid yang jernih (seperti foto diatas), atau bisa disimpan di lemari es dimana campuran ini akan menjadi solid seperti balsam.

Saya suka nyimpen di kulkas, karena ketika digunakan rasa wangi dan dinginnya menenangkan banget. Selain itu ga terlalu berminyak ketika digunakan. Campuran ini gampang banget cair dan memadat. cuma butuh 10 menit dikeluarkan dari kulkas, ia akan benar-benar mencair, begitu juga sebaliknya.


kapan bisa digunakan ?
Saya gunakan campuran ini sebagai krim malam ketika jerawat saya lagi parah-parahnya dan saya gunakan kapan aja dalam kondisi kulit sedang normal. Caranya seperti krim malam biasa, pastikan mukamu sudah dalam keadaan bersih, lalu aplikasikan keseluruh bagian wajah. Udah deh, dibawa tidur sampe pagi.

Reaksi kulit apa yang dirasakan ?
Saya udah pake obat jerawat alami ini hampir 4 bulan, awalnya muka saya terutama bagian kening dipenuhi jerawat gede-gede yang sakit dan bikin ga nyaman banget, apalagi kalo lagi sujud ketika sholat, ya Allah retak hatiku.

Pertama kali mengaplikasikan ke wajah, duhh.. wangi nya tuh enak banget. Kebayanglah gimana wanginya lavender, dicampur lemon dan tea tree. Dari sisi kualitas tidur saya ngerasa jauh lebih baik, nyenyak banget. Karena emang wanginya ini efek nenanginnya juara banget ! Salah satu khasiat levender kan emang memperbaiki kualitas tidur.

Setelah menggunakan campuran ini sebagai krim malam, di pagi hari pertama saya merasa jerawat saya mulai mengempes, banyak banget perubahannya. Selain itu muka jadi terasa banget ternutrisi dan ga kering. Selama tidur, selain ngusir jerawat, campuran ini juga berfungsi sebagai moisturizer untuk kulit. Dihari pertama pemakaian, ketika pulang kerja sore hari saya amaze banget sama kondisi kulit saya yang "eh, kok kinclong ?" cerah dan bagus banget rasanya, padahal udah dibasuh pake air wudhu dua kali.

Dalam 1 minggu pemakaian, jerawat di jidat saya bener-bener ilang. PR selanjutnya tinggal nyembuhin bekas jerawat yang terlanjut pecah karena saya sholatnya ga hati-hati. huhuhu.

Kondisi kulit saya saat ini sudah jauh lebih baik, jerawat udah bener-bener ilang dan cuma muncul 1-2 ketika menstruasi aja. Emang pada dasarnya kan jerawat saya ini muncul karena kulit saya ga kuat sama efek mengkonsumsi merk vitamin E dosis tinggi yang disaranin temen saya, bukan karena jorse apalagi karena meranjak remaja.


Dimana saya bisa dapetin VCO dan essential oils berkualitas dengan harga terjangkau ?
Karena awalnya ragu-ragu, saya memutuskan untuk mencoba bikin campuran ini dengan essentials oil terjangkau aja. Kalo beneran enak baru deh beli Young living. Tapi ternyata kualitasnya malah sangat bagus. Mungkin saya pernah cerita di review-review saya sebelumnya, kalo saya ga cocok pake tea tree oil nya The body shop. Setelah beberapa lama pemakaian, kulit muka saya perih dan luka :( tapi Alhamdulillah pake Tea tree oil yang saya beli ini ga ada efek perih sama sekali, dari baunya dan efek hangatnya pun sama banget dengan tea tree nya The body shop.

Jadi saya beli Virgin coconut oil cold press dan essentials oil ini di buka lapak. Nama pelapaknya The Natural Organic , mereka khusus menjual bahan baku natural dan organic yang cukup lengkap, harganya amat sangat terjangkau (cek deh harganya, kalian pasti bakalan kaget), feedback positifnya udah banyak banget, proses pengirimannya cepat dan senangnya lagi disetiap botol dicantumin tanggal kadaluarsanya. Kemurnian dan deskripsi dari setiap produk tertulis lengkap. Gara-gara nemu pelapak ini, saya jadi keranjingan bikin skincare alami bikinan rumah hihi.

Btw, review saya tentang pelapak diatas adalah murni pendapat saya pribadi, sesuai dengan pengalaman pribadi. Sekedar membantu teman-teman yang mungkin kebingungan dimana harus nyari bahan baku campuran yang saya sebutin di atas.


Bisakah campuran ini di gunakan untuk hal lain selain masalah jerawat ?
Berdasarkan pengalaman pribadi nih ya, bisa banget ! Saya ternyata punya bakat eczema turunan dari nenek saya yang muncul tiba-tiba kalo cuaca ga stabil. Padahal nenek saya itu bisa 5x mandi dalam sehari loh, dan selalu wangi, ternyata eczema bukan karena dekil aja ya datengnya. Saya bingung dan sedih banget awalnya kok bisa muncul eczema kering :( tapi karena ternyata adik dan sepupu-sepupu saya dapet 'jatah' turunan eczema juga ya saya jadi tenang-tenang aja. Dan ketika saya baca bahwa VCO bisa jadi obat anti bakteri yang ampuh untuk eczema begitupun dengan lavender oil, saya oles lah ramuan ini di bagian tubuh saya yang gatal, dan masya Allah lama-lama emang ilang loh. Tapi emang prosesnya ga secepat kalo pake obat di apotek, yang jelas sih ini lebih aman dan ga ngasih efek samping negatif.

Seperti yang saya bilang di atas, campuran ini efek menenangkannya juara banget. Kalo lagi demam dan pusing kepala gitu, ditetesin aja di tangan terus dihirup, aduhh rasanya enaaaa banget. Tidur jadi nyenyak dan proses penyembuhan jadi lebih cepat insya Allah karena kualitas tidurnya bagus. Selain itu, campuran ini suka saya gunakan sebagai parfume yang saya oles di beberapa bagian tubuh seperti di leher dan tangan setelah mandi, wanginya enak dan awet banget.

itu baru beberapa kegunaan lain yang saya tau, saya sekarang lagi nyari juga kegunaan lainnya. Insya Allah kalo nemu lagi nanti saya update lagi disini.

-------------------------------------------------------------------

Jadi itulah obat jerawat alami yang bisa saya bagi buat temen-temen disini, nanti akan saya update lagi obat jerawat alami ampuh lainnya yang gampang banget didapetin. Perlu diingat bahwa kondisi kulit setiap orang berbeda, apa yang cocok sama saya belum tentu cocok sama temen-temen semua, begitupun sebaliknya..

Semoga bermanfaat yaaaa..

You Might Also Like

3 komentar

  1. siapa tau ada yang mau membeli produk Young Living. bisa hubungi saya WA 08192225777 atau line belaloan
    -Independent Distributor YL-

    ReplyDelete
  2. untuk penggunaan paginya mbak pake apa dong?

    ReplyDelete