First trip to Solo #1 | Departure

Beberapa bulan yang lalu saya bilang sama suami kalo saya pengen banget ke Surakarta (Solo). Alhamdulillah, keinginan itu bisa terlaksana di akhir tahun 2016 kemarin. Ga cuma ke Solo, kami juga berkunjung ke Jogja. Mungkin saya udah pernah cerita sebelumnya kalo Jogja adalah kota favorite kami berdua. Kayanya kami bakalan ke Jogja tiap tahun deh, hihi.

sama seperti liburan kami sebelumnya, liburan kali ini akan kami jalani dengan santai alias ga ngoyo. Emang sih, saya sebenarnya udah nyiapin itinerary lengkap mulai dari tujuan wisata, restoran, dan rute terdekat dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Sampe begadang sayah saking semangatnya. Tapi akhirnya saya mutusin untuk santai aja, jangan dibawa stress shay apalagi waktu kami di Solo cuma 3 hari. Bisa-bisa bukannya menikmati malah bisa gila.

Day -1
Rute perjalanan hari ini lumayan panjang, terutama buat saya. Karena satu hari sebelum keberangkatan saya masih ngurusin pekerjaan di Palembang sedangkan suami di Bangka, jadi kami memutuskan untuk ketemu di suatu tempat. Saya sih awalnya bilang kalo ketemu di Soeta aja, tapi ternyata suamiku pengennya kami pergi bareng. Maka diputusin lah saya dan suami akan ketemuan di Bangka. Rutenya adalah saya terbang dari Palembang ke Bangka dengan pesawat pertama pukul 06.00 pagi, ketemuan sama suami di waiting room Bandara depati amir Bangka, lalu lanjut terbang bareng ke Tangerang dan Solo. Artinya, ruteku hari itu Palembang-Bangka-Tangerang-Solo. warbyasak ! Penerbangan ke Solo dilalui dengan lancar, walaupun di Soeta pesawat kami sempat delay  1 jam. Yah, bukan hal baru, lah ya..

Halo, Surakarta !
Solo apa surakarta sih, mit ? ya sama aja.. jadi buat yang belum tau, sebenarnya nama Surakarta itu adalah nama resmi dan administratif dari kota Solo, yang dimana nama Solo sendiri itu berasal dari zaman hindia belanda tapi tetap dipergunakan sampai sekarang.

Siang itu Solo lagi panas-panasnya. Saya sampe bilang sama suami "sumpah yank, sepanas-panasnya sumatera, aku ga pernah ngerasain panas sampe nusuk tulang gini". Asli, panas banget. Saya ga pernah ngerasain cuaca sepanas itu sebelumnya.

Suami udah janjian sama abang pemilik motor sewaan untuk ketemuan di parkiran bandara. Saya yang meminta suami sewa motor aja, biar lebih santai mengeksplore kota ini. Setelah serah terima kendaraan, kami segera berangkat menuju hotel untuk check in dan istirahat. Pemandangan disekitar bandara solo cukup unik, yah. Dideket kompleks perumahan masih ada sawah yang ijo royo-royo. Bener-bener nyegerin mata di cuaca yang ngajak berantem ini.

Disepanjang perjalanan saya asik menikmati suasana dan mengamati bangunan-bangunan yang kami lewati. Ada beberapa bangunan yang sudah saya liat sebelumnya dari hasil nyari lokasi wisata di internet. Contohnya Pabrik gula colomadu yang konon katanya angker. Ternyata lokasinya ada di dalam kota, toh.

Sesampainya di hotel, saya cukup takjub ternyata hotel ini lebih dari ekspektasi kami. Malam ini kami menginap di The Alana Hotel & Convention Center. Walaupun harganya terjangkau, tapi fasilitasnya ciamik banget !. Agak nyesel juga karna saya cuma memesan kamar disini untuk semalam dan besoknya kami memilih untuk menginap di hotel yang secara rate lebih baik, tapi gapapa, nanti-nanti insya Allah kami bakal balik lagi. Cerita selengkapnya nanti saya ceritain secara khusus ya.

yang tinggi itu bukan gardu sutet tapi gedung tertinggi di solo, Alila Hotel, tempat kami menginap besok.

Ketika sampai di hotel, cuaca yang sangat panas tadi secara mendadak berganti jadi hujan super deras yang membuat cuaca jadi dingin. Rencana awal yang tadinya setelah istirahat kami mau berjalan ke beberapa tempat wisata jadi gatot ! Yah..apalagi selama di solo kami jadi anak motor, suami sempet nanya "harusnya kita nyewa mobil aja kayanya sayang.."Si istri tetep ngoyot,  ya ga lah. Artinya hari ini bener-bener disuruh istirahat.

Karena perut udah demo, akhirnya saya pesen sate kambing muda dan tengkleng via gofood. Ternyata asupan 2 biji ayam, nasi, sup, dan es krim dari american warteg a.k.a AW ketika transit tadi ga cukup untuk diemin lambungku yang luar biasa daya tampungnya ini.

Karena cuaca yang berubah tiba-tiba dan badan yang kayanya emang udah kecapean beberapa hari ini (jangan lupa ruteku seharian ini palembang - bangka - tangerang - solo ya gaesss..) bikin suhu tubuhku naik. Asli ga enak banget. Untung punya suami siaga yang gercep turun ke bawah ujan-ujanan demi beliin aku obat.  Tapi konsekuensinya, karna key card  kamarnya cuma satu sementara untuk akses lift mesti pake kartu, maka ditinggalkanlah akik sendirian gelep-gelepan di kamar. Untung demem yah, jadi tanpa AC dan suasana gelap saya jadi lebih enakan dan lumayan bisa tidur nyenyak walau cuma sebentar.

Suami balik ke kamar dengan obat dan beberapa cemilan, lalu dibikinkannya lah daku segelas teh anget. Masya Allah badan langsung jauh lebih enakan. Rasanya pengen banget sungkem sama suami.  Setelah makan dan makan obat,sembari menunggu adzan isya, suami ngerjain beberapa kerjaan kantornya yang agak urgent  sebentar lalu lanjut nonton Tvn (teteup..) sementara saya tidur pules banget.

Saya lalu dibangunin suami untuk sholat isya dan ternyata alhamdulillah suhu tubuh udah normal, lalu saya nanya sama suami ada apaan sih kok rame suara musik di bawah, ternyata katanya sedang ada life music di areal kolam renang. Suami nanya "sayang pengen liat ? kuat ga kalo turun ke bawah ?" karna dirasa badanku udah lumayan enakan, lalu turunlah kami ke areal kolam renang.

Ternyata hotel ini ada whirl pool nya juga, dan kami berencana untuk berenang sebelum check out besok tapi kata suami dengan catatan badanku udah sehat, hihihi. Alhamdulillah sejuk banget kena angin, ditambah suara penyanyi nya bagusss, bikin malam pertama kami di Solo cukup menyenangkan, walau sempet ada drama demam segala.

Semoga besok semuanya lebih menyenangkan lagi. Semangat, mit !