Bali pertama kami #3 (end) | Baturiti, Kuta and Kintamani

Hari ini kami bangun lebih pagi, semalam tidur ga terlalu nyenyak karena si mbak di kamar sebelah mandi tengah malem bikin suasana agak horor, pake nyanyi-nyanyi segala lagi. Pendingin ruangan juga berbunyi agak aneh dan suara tukang parkir di basement yang bener-bener mengganggu sukses bikin kami gelisah semalaman.

Day-5
Hari ini rencana kami ke Danau beratan bedugul, berbeda dari hari sebelumnya, sepanjang jalan langit Bali cukup gelap. Beberapa kali hujan turun di beberapa titik yang kami lewati, jalan menanjak dengan pemandangan yang indah di kanan kiri dan suasana yang sejuk banget membuat ga sabar untuk segera sampai di tujuan. Jarak dari Hotel Santika Seminyak ke Danau ini sekitar 56 km dengan waktu tempuh rata-rata 1 jam 30 menit.

Cuaca yang sejuk dan jalan yang menanjak, mengingatkan kami sama suasana di puncak Bogor. Banyak kebun buah-buahan terutama strawberry di sepanjang jalan menanjak ini, bikin suasana makin menyenangkan. Sayangnya, ketika saya bilang sama suami mau beli strawberry, suami bilang beli di depan lagi aja, eh ternyata di depan ga ada lagi yang jual strawberry, huhu. Tapi ga butuh waktu lama hal menyenangkan kembali datang, karena ternyata didataran tinggi ini kami menemukan banyak mesjid dan melihat anak-anak pesantren berpakaian muslim sibuk lalu lalang sambil bercanda di pinggir jalan. Hatiku makin tambah adem, kaya ga lagi di Bali deh.

Tepat ketika adzan berkumandang, kami sampai ditujuan. Aduh bahagia banget deh denger suara adzan sejelas ini disini. Kami segera memarkirkan mobil di areal Pura bedugul dan kemudian keluar jalan kaki ke Masjid Besar Al-Hidayah yang lokasinya diatas bukit tepat di atas pura bedugul. Pemandangan dari atas sini indah banget deh.

selesai Sholat, kami kembali ke areal pura. Ternyata ada ibu-ibu yang jual strawberry, horey ! Suami langsung aja beliin yang kotak besar, biar puas katanya hihihi. Sekitar 1 jam kami berada di areal pura bedugul. Ternyata makin sore, pengunjung malah makin ramai. Mana kami belum makan pula, bener-bener ga teratur deh jam makan selama liburan di bali ini huhu.

Akhirnya kami menemukan Restoran Bebek Betutu Gilimanuk yang cukup terkenal dan mengclaim 100 % halal. ketika jalan pulang.  Makanannya cukup murah untuk ukuran restoran di Bali ini, dan rasanya cukup enak. Ga sia-sia makan kesorean hehehe.

Rencana selanjutnya adalah mengunjungi kebun bunga gumitir dan kintamani, tapi Waze mengarahkan kami ke jalan yang rusak parah banget, mobil dan motor susah banget lewat. Kayanya ini jalan kekuasaan kebo kampung buat ngebajak sawah, deh. Suami sempet maksain untuk melewati jalan tersebut pelan-pelan, tapi akhirnya menyerah karna terlalu beresiko dan takut patah as. Lah kalo mogok ditengah hutan yang jarang dilalui orang gini siapa yang mau bantuin ?

Saya coba nyari jalan alternatif lain, tapi ternyata ujung-ujungnya balik ke jalan itu lagi-itu lagi. Ada kali kami bolak balik sekitar 1 jaman. Akhirnya menyerah dan sepakat kalo ke kintamaninya dilanjutkan besok aja.

Sebelum pulang ke hotel, kami menikmati sunset di pantai kuta terlebih dahulu. mungkin karena udah sering ngeliat sunset di Bangka, jadi sunset yang saya liat di ikonnya pulau bali ini jadi biasa aja. Tapi biar gimanapun cukup menyenangkan karena banyak banget turis asing dan domestik yang nungguin tenggelamnya matahari bersama kami.

Bingung abangnya mancing apaan disitu ? sama, sayah jugak. Kalo diliat dari foto suasananya kaya sepi yah, padahal rame banget, masih banyak yang berenang juga.

Notifikasi Adzan di iPhoneku sudah berbunyi, kami lalu sholat  magrib di musholla Beach Walk yang ternyata cukup bagus, Alhamdulillah. Buat temen-temen yang sempet kebingungan cari musholla di beach walk, jadi lokasi musholla nya itu ada di basement deket parkiran.

Seperti pernah saya ceritain sebelumnya, kalo suami tuh ga mesti ngasih saya bunga  buat bikin saya bahagia, liat dia jadi imaam buat orang banyak ketika shalat magrib waktu itu pun udah sukses bikin saya makin jatuh cinta. Entah kenapa saya selalu makin jatuh cinta sama suami setiap kali liat dia jadi imaam di mushola / masjid dengan makmum yang dia ga kenal sama sekali.

balik lagi kecerita awal..

Kelar sholat magrib, kami berkeliling nyari restoran yang sreg buat makan malam. Tapi kok ga nemu-nemu yak..Akhirnya, ketemulah aku dengan penyelamat lambungku, apalagi kalo bukan Bebek tepi sawah ku tersayang. Ga sempet nyobain bebtepsaw cabang ubud, cabang beach walk juga jadi. Yang penting judulnya masih di Bali.Hahaha.

Sedikit review untuk bebek tepi sawah cabang beach walk ini, untuk rasa dan ukuran makanan cukup jauh lebih baik dibanding Bebek Tepi sawah  yang di Palembang, walaupun dari segi harga emang lebih mahal tapi buat kami ga masalah, cukup masuk akal. Kalo ga salah 1 porsi bebek + nasi sekitar IDR.130 ribuan saat itu, ga tau deh kalo udah berubah hehehe.

Perut kenyang, badan cepel..tibalah saatnya pulang ke hotel untuk mandi dan istirahat, Besok adalah hari terakhir kami jalan-jalan di Bali untuk liburan kali ini, jadi harus bener-bener dimanfaatkan.

Day - 6
Alhamdulillah hari ini kami bangun lebih segar, ga ada lagi mbak-mbak yang mandi tengah malem. Hari terakhir ini kami masih mau mengeksplor tempat dingin lagi, apalagi kalo bukan Kintamani. Kami memang sengaja ga ke Uluwatu, pandawa, dan lain-lain. Selain karena ga sempet, kami juga jadi punya alasan untuk kembali lagi ke Bali. gitulah kira-kira yah..

Sebelum ke kintamani, kami sengaja-sengajain untuk melihat Jembatan Tukad Bangkung yang konon katanya merupakan jembatan terpanjang di bali. Selain itu karena di dekat jembatan ini banyak Kebun bunga gumitir yang cantik dan rapih banget.

Saya girang banget ketika pertama kali melihat hamparan bunga kuning ini, langsung minta suami parkir dan minta izin sama ibu-ibu petani buat numpang foto. Alhamdulillah ibu-ibunya baik banget. Tapi sayangnya, saat itu matahari sedang berada tepat diatas kepala, banyak foto yang di ambil hasilnya gelap karena backlight. Huhu. Sedih deh.

Setelah berterima kasih dan pamit pada ibu-ibu petani, kami melanjutkan perjalanan ke kintamani dan memutuskan untuk makan siang disana. Kami lalu makan siamg di Restoran Grand Puncak Sari di kintamani. Pemandangannya bagus banget, menghadap danau batur yang cantik, sebenernya kintamani dan pura bedugul cuma dipisahkan gunung yah ternyata.

Kebanyakan, sistem restoran di Kintamani ini menyediakan menu buffet. Saat itu di restoran yang kami datangi harganya Rp.100.000,- / pax. Walaupun ga sama dengan standar hotel. tapi buat saya sudah cukup lumayan dan bervariasi menu yang disediakan.

Setelah makan, badan lagi-lagi ngasih sinyal minta istirahat. Akhirnya kami langsung pulang ke hotel dan tidur sampe menjelang magrib. Kami bener-bener santai diliburan kali ini, kalo capek ya pulang ke hotel, kalo ngantuk ya tidur. Ga ada tuh namanya kejer-kejeran sama itinerary yang super padat.  Setelah sholat isya barulah kami keluar untuk mencari makan malam. Dan pilihan kami malam itu jatuh ke domino pizza. Setelah kenyang, kami langsung pulang ke hotel untuk beristirahat dan merapikan baramg-barang yang akan dibawa pulang besok.

Day-7
Hari ini kami pulang. Menggunakan direct flight Garuda Indonesia rute Denpasar-Palembsng. Pagi-pagi setelah sarapan kami sempatkan untuk berenang sebentar. Sebelum ke Bandara, kami sempatkan dulu untuk membeli oleh-oleh di Pie susu Dhian yang berada di depan Hotel Rhadana tempat kami menginap kemarin. Setelah itu kami  berjalan-jalan dulu sebentar menikmati suasana bali  dari Tol atas laut.

Tibalah waktu keberangkatan, Alhamdulillah..walaupun banyak sekali tempat wisata yang belum sempat kami kunjungi, kami cukup puas dengan liburan kali ini.Terima kasih Bali, insya Allah nanti akan datang lagi dalam segala hal yang lebih baik. Aamiin..