Bali pertama kami #1 | Departure & Nusa Dua

Setelah bertahun-tahun, akhirnya saya kembali lagi ke Bali. Persis seperti yang saya sebutkan dalam doa beberapa tahun yang lalu..

Ketika akan meninggalkan Bali selepas liburan bersama teman-teman SMA pada tahun 2007. Dengan tulus saya meminta pada Tuhan, untuk diizinkan kembali ke Bali dengan suami yang sangat saya cintai. Kata-kata tulus dan serius itu ternyata berdampak dengan gagalnya semua rencana ke Bali yang saya  arranged baik dengan keluarga maupun teman-teman. Ternyata, Tuhan juga serius menanggapi doa saya. Dan. 9 Tahun setelahnya, saya benar-benar kembali lagi ke pulau ini, berdua dengan suami.

Jadilah perjalanan ke Bali ini begitu berkesan buat saya. Sangat.

Day -1
April 2016, kami memanfaatkan long weeekend untuk mengambil cuti tahunan suami. Alhamdulillah, suami jadi punya waktu libur sekitar 10 hari.  Kami berangkat dengan rute Pangkal pinang -Tangerang - Denpasar. Karna emang ga ada direct flight dari Bangka ke Bali. Kami berada di Bali selama kurang lebih 7 hari, dan pulang ke Palembang ketika libur panjang dimulai. Hal ini dilakukan dengan harapan ga kena peak season dan kemacetan bali yang luar biasa karena libur nasional.

Berhubung suamiku baru pertama kali ke Bali, rute kami di kunjungan pertama ini ala "rombongan study tour anak SMA" banget deh. Itinerary super padat setiap harinya. Karena pertimbangan ini, saya memilih hotel biasa aja untuk ditempati selama di Bali, karena akan sayang banget untuk menyewa villa dengan private pool toh bakal ditinggal seharian. Insya Allah di perjalanan ke Bali selanjutnya bakal lebih santai.

Pesawat kami transit di terminal 3 Soekarno Hatta. Hari itu bandara sangat padat. Sepertinya semua orang punya pikiran yang sama, ngambil cuti dan liburan ke Bali. Sembari menunggu waktu boarding, kami makan dulu di restoran di dalam bandara dan ternyata dapat info kalo pesawat kami delay 1,5 jam. Yasudahlah.

Akhirnya waktu boarding pun tiba, di pesawat kami tidur nyenyak banget. Bahkan sebelum pesawat take off kami udah ketiduran dan terbangun beberapa saat sebelum mendarat. Seperti yang saya bilang di atas, ada perasaan yang agak "ajaib" di honeymoon kali ini, rasa deg-degan campur bahagia seperti anak ABG mau ketemu cinta pertamanya. Mungkin karena saya sudah terlalu lama ga mengunjungi Bali yang merupakan buah dari doa saya pada Tuhan.

Sama seperti honeymoon kami sebelumnya, kami ga menggunakan jasa tour guide ataupun supir selama di Bali. Berasa lebih nyaman dan ga terikat, jadi kalo seharian cuma mau istirahat di hotel aja, ya ga masalah. Lagipula, ga nyaman aja kalo perjalanan berdua mesti dianterin sama "orang ketiga" hehe.

Sesampainya di Bali kami langsung menemui Bli catur yang udah janjian sama  suami di Parkiran Bandara Ngurah Rai. Setelah cek keadaan mobil, kami langsung bergegas menuju Hotel Neo+ Kuta Legian, tempat kami menginap malam ini. Wow ternyata beda yah dari foto di Traveloka. Pesan moralnya adalah, jangan terlalu percaya dengan foto tampilan hotel di situs pembelian online, ada baiknya cari review dan foto nya di internet, kaya di Tripadvisor tuh, karna foto yang di share disana kan foto asli tanpa editan :)

Karena waktu sudah hampir magrib, kami memutuskan untuk istirahat dan bersih-bersih sembari menunggu waktu magrib tiba. Malam ini kami memilih Nasi Pedas Ibu Andika yang lokasinya tidak terlalu jauh dari hotel untuk makan malam. Enak dan bikin nagih.

Pulang kehotel, badan udah berasa mau remuk. Dijalan pulang saya  udah ngebayangin pulang ke hotel mau sholat isya terus langsung tidur sampe pagi. Tapi keadaan sekitar bilang "eitsss..nanti dulu !". Waktu mesen hotel saya lupa banget kalo Legian adalah pusatnya hiburan malam, makin malem makin kenceeeeng, BosQ !

Turis syariah macem saya di taro ditempat ginian jad mikirin macem-macem, gimana kalo Allah SWt marah terus dikirim deh tuh tsunami pas kitorang lagi disini, astaghfirullah ! amit-amit.

Lebay ? engga. Karna saya akhirnya bisa tidur setelah menjelang subuh, hotel kami di kelilingi klub malem, jadi kebayang dong ributnya kaya apa. Sedangkan suami ? ooo dia abis isya langsung ngorok. Ga ada deh tuh drama susah tidur. Alhasil besok paginya dia bangun dengan seger banget kaya es doger, dan bininya bangun dengan muka beler, mabok ga tidur semaleman, Zzz.

Untungnya kami cuma semalem nginep di hotel ini, besok kami akan pindah ke Hotel Rhadana di kuta yang katanya satu-satunya hotel yang muslim friendly di kawasan ini. Ciee..cari aman bat, mit ?

Day -2
Bangun pagi, mandi dan sarapan. Kami siap untuk check out. Tapi sebelumnya kami mau mampir sebentar ke Monumen bom bali yang lokasinya cuma 30 meter dari hotel ini. Bali hari ini rame banget, semuanya tumplek blek disini. Karena takut macet dan ga mau buang waktu, pukul 9.00 setelah check out kami langsung berangkat menuju destinasi pertama, Garuda Wisnu Kencana (GWK). Melihat suasana Bali yang lagi ramai-ramainya ini, kami jadi berubah pikiran. Jalannya santey aja, ga usah pusing mikirin itenerary.

Sebelum ke GWK, kami mampir dulu ke Pantai jimbaran, tujuannya adalah buat reserve tempat untuk dinner nanti malam. Tapi karena kita anaknya dadakan (kaya ngegoreng tahu bulat), jadi kita putuskan untuk urusan makan malem, dipikirin belakangan. Setelah dipikir-pikir bener juga, mana tau badan udah cape keliling-keliling dan pengen makan yang cepet aja, sedangkan udah reserve tempat di jimbaran, kok ya males amat. Akhirnya, kami markirin mobil sebentar dan jalan-jalan disekitaran pantai jimbaran aja lalu lanjut ke GWK. Kebetulan ketika sampai di GWK, pertunjukkan tari baru akan di mulai, kami memutuskan untuk menonton pertunjukan dulu sebelum berkeliling.

Aplikasi adzan di hp ku udah berbunyi, kami memutuskan untuk mencari masjid terdekat sebelum check in di hotel. Tapi ternyata mencari masjid  di bali ga semudah itu, akhirnya kami memutuskan sholat di hotel sebelum melanjutkan jalan-jalan shantayy kami. Kami bahagia banget ketika melihat perlengkapan sholat yang lengkap banget di kamar kami, receh yah, tapi kami merasa seperti lagi di rumah sendiri. Saya merasa beruntung banget bisa nemuin hotel yang ramah muslim di Bali ini.

Setelah beristirahat sebentar di kamar, kami melanjutkan perjalanan ke Nusa Dua. Tapi kok tiba-tiba pengen double cheese burger nya McD, yah. akhirnya kami mampir dulu di Mcd di sunset road.

Bali hari itu lagi padat-padatnya, dimana-mana macet. Bener-bener bikin stress. Karena sangat ramai, kami terpaksa memarkirkan kendaraan kami jauh dari pantai, alhasil ketika sampe di hotel kaki kami pegel banget. Kalo diitung-itung mungkin ada 10 km deh kami jalan kaki hari itu. Malemnya kami tepar sejadi-jadinya, dan memutuskan untuk tidur cepet aja.

Setelah mandi, istirahat dan sholat isya, tiba-tiba suami pengen banget makan sate madura, dan kami nemuin sate madura halal di sekitaran jalan kuta. Huft, bener-bener deh, apa kabar kalo tadi udah keburu reserve tempat di jimbaran. benerkan, anaknya suka dadakan kaya tahu bulat !