5 Kedai Makan Wajib di kunjungi di Bangka (Part 1)

Karena suka banget berburu kuliner enak, dibawah ini aku akan coba kasih beberapa referensi tempat makan favoriteku di Pangkal pinang, B...


Karena suka banget berburu kuliner enak, dibawah ini aku akan coba kasih beberapa referensi tempat makan favoriteku di Pangkal pinang, Bangka Belitung. Mungkin bisa jadi pilihan kalian yang mau liburan kesini atau juga buat warga bangka yang belum pernah nyobain sebelumnya. Oya, restoran yang aku list disini adalah kedai makan skala kecil / rumahan yang ga menjual kuliner khas bangka , yah. Mungkin beberapa kedai dibawah ini belum pernah kalian liat di rekomendasi restoran di Bangka sebelumnya, maka dari itu boleh banget di coba.

1. Bebek Bakar Jolali


Aduh gustiiii..ini mah termasuk things i can't resist banget. Setiap pulang ke Pangkal pinang dari bandara pasti makan siangnya selalu disini.  Aku dan suami rutin makan disini seminggu bisa 2x, menu yang dipesan pun selalu bebek bakar dan ikan lele sampe-sampe abangnya hapal. hihi. Enak banget deh. Mereka menyajikan banyak sekali makanan khas Jawa timuran (CMIIW) yang semuanya enak. Mereka juga punya beberapa jenis sambel, mengingatkan pada Spesial sambalnya Jogja. Restoran ini emang ga menyajikan makanan khas bangka tapi lebih ke makanan rumahan. Buat pecinta pedas, kamu juga wajib nyobain bebek gorengnya. Sambel bebek gorengnya nampol banget, yang idungnya pada meler dijamin pada sembuh deh, hahaha.

Alamat : Jl. Jendral Sudirman, Gabek Satu, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia 
Telp : +62 852-6710-3210


2. Sate Kambing Sk'echo


Restoran ini menurutku punya resep sate kambing terbaik. Udah pernah nyoba sate kambing di hotel berbintang tapi rasanya masih kalah aja sama sate kambing nya skecho. Untuk warga pangkal pinang, pasti tau deh sama restoran ini. Selain sate kambing, mereka juga menyajikan sate ayam, sate sapi, tongseng, soto dan lain-lain yang kesemuanya enak buatku. Cuma karena aku suka nya kambing, jadi sate kambingnya yang paling ngangenin hehehe.


3. Es Ayong


Kalo ini aku yakin banget udah banyak yang tau, soalnya favorit banget. Sebenarnya isiannya sih sama aja dengan es campur kebanyakan, tapi yang spesial dari penyajiannya adalah es serutnya yang sangat halus dan super lembut. Jadi berasa makan salju :3
Disamping kedai es ayong, ada jual bakso yang bisa kalian santap disini. Minta anterin aja sama abangnya. Rasa baksonya ini juga ga kalah enak, klop banget di makan dengan es campur ayong saat cuaca lagi panas.

Alamat : Bintang, Rangkui, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia


4. Mie Belitong depan PT.Timah 


Aku pribadi kurang suka sama Mie koba, tapi suka banget sama mie belitong. Sempet kepengen banget makan mie belitong Atep yang aku coba ketika liburan ke belitong beberapa bulan lalu, dan hopeless karena ga tau dimana jualannya di pangkal pinang. Luckily, Suami ngasih tau kalo di Sebrang PT.Timah dan terletak di antara RSBT dan Rs. Muhaya ada jual mie belitong yang enak. Ga sabar banget pengen nyobain ! Dan ternyata beneran rasanya enaaaaaak persis sama seperti yang ada di belitong sana. Kalo temen-temen pengen nyobain, lokasi kedai mie belitong ini di deretan ujung (hook) ruko persis di depan kantor PT.Timah. Karena ini cuma kedai di pinggir ruko, ibu nya ga ada jam khusus kapan buka kedainya. Kadang juga beberapa hari suka ga buka. Tapi kalo lagi buka biasanya sebelum makan siang udah buka, sih. Sayang banget mie ini cepet banget abisnya,kalo belinya sorean kadang suka ga kebagian. huhu.


5. Mie Ayam Fina Bangka


Ini juga sepertinya udah banyak yang tau, secara kedai ini konon katanya favoritenya cece Sandra Dewi yang artis itu. sok kenal hahaha. Tapi emang beneran, di dinding sekelilingnya banyak banget kliping dan tanda tangan artis yang dateng berkunjung kesini. Rasa mie ayamnya emang enak, wajar kalo artis-artis diajakin event organizer nya untuk makan mie ayam ini. Mie nya kenyal dan bumbunya enak banget tapi ga tajem di lidah. Kalian juga bisa nyobain martabak bangka dan martabak sayur yang mereka jual. ih kok aku jadi ngiler, kesana ah ntar sore ;p

--------------------------------------------------------------------------

Itulah beberapa rekomendasi kedai makan di Pangkal pinang. Nanti insya Allah aku list lagi Restoran dan kedai makan favoritek disini. Siapin perut deh kalo mau ke bangka, disini emang gudangnya makanan enak.

You Might Also Like

0 komentar