Hotel Review : Burza Hotel (Yogyakarta)

Kalo kamu pengen ngerasain suasana yang berbeda ketika menginap di Jogja, Burza hotel mungkin bisa jadi pilihan yang cocok buatmu untuk b...


Kalo kamu pengen ngerasain suasana yang berbeda ketika menginap di Jogja, Burza hotel mungkin bisa jadi pilihan yang cocok buatmu untuk berlibur. 'Suasana berbeda' yang aku sebutin di atas maksudnya adalah suasana yang ga terlalu ramai dan ga terlalu berada di pusat kota.

 Baca juga : Perjalanan Honeymoon #1 Yogyakarta

Kami memilih burza hotel sebetulnya karena alasan lebih dekat ke arah selatan Jogja, lumayanlah untuk mempersingkat waktu walaupun ga banyak. Selain itu karena pengen nyoba ganti suasana mengingat hotel-hotel yang kami tempati sebelumnya berada di pusat kota. Lokasi hotel Burza ini sekitar 3,2 km dari kraton yogya dan cukup dekat dengan alun-alun kidul yang cuma berjarak 2 km. Sekedar informasi aja, selain di Jogja, burza hotel juga ada di Lubuk linggau, Sumsel.

pic from google
Akses
Mengenai akses ke hotel ini terbilang cukup sulit kalo kamu mau pake kendaraan umum, tapi akan lebih mudah kalo di akses menggunakan kendaraan pribadi atau taxi. Cukup jauh juga dari Bandara AdiSutjipto Jogja yang jaraknya sekitar 15 km. Lokasinya sendiri terbilang ga terlalu ramai dengan turis domestik yang memang biasanya lebih memilih menginap di dekat kawasan wisata, tapi cukup ramai dengan turis asing. Kalo lewat dari arah belakang ada kawasan Islami dengan beberapa pesantren. Suasananya kontras banget setelah lewat beberapa blok yang merupakan kawasan bule pada ngumpul..


Parkir
Kawasan parkirnya lumayan luas, sudah pasti ada petugas yang berjaga di pos.


Keramahan dan Kesigapan melayani
Keramahan dan kepeduliaan sedikit aja bisa jadi pertimbangan buatku untuk kembali lagi ke suatu tempat. Misalnya makan di restoran, makanannya kurang enak, tapi petugasnya ramaaaaaah banget ! "ah, kesana lagi ah.. kali-kali sekarang udah enak, mungkin kemarin chef nya lagi sakit jadi ga konsen". Sesimple itu, coba. di Burza,kami mendapati keadaan yang cukup miris ketika petugas parkirnya ga pedulian sama sekali, mau parkir dimana kek, kemana kek, bodo amat. Ga ada nyapa-nyapanya.

Walaupun ga separah juru parkir, staf dalam hotelnya juga termasuk kurang ramah kalo di bandingkan dengan kedua hotel yang aku tinggali di Jogja sebelumnya. Untungnya pada suatu hari, kami dapet seperti questioner gitu saat sarapan pagi, yang berisi pertanyaan yang menyangkut kenyamanan menginap di Burza. Langsunglah aku isi kertas itu dengan unek-unekku tentang keramahan mereka dan aku tinggalkan di atas meja setelah sarapan selesai, dan cukup takjub juga, ketika turun lagi ke bawah saat mau pergi jalan-jalan, muka-muka petugasnya jadi ramah lengkap dengan sapaan dan senyum lebar pleuss tangan rapat di dada. eh, ada apaan nihh ?

Aku sih berharap, semoga keramahan mereka saat itu tetap terjaga selamanya. Karena hotel-hotel seperti ini lah yang menurutku cukup mewakili keramahan daerah setempat. Kalo hotel-hotel tempat bermalam aja pada sinis dan ga ramah, orang jadinya mikir lagi mau liburan kesana. menurutmu gimana ?

Dekorasi dan fasilitas hotel
Hotel Burza cukup mengangkat sisi tradisional dari tampilan bangunannya, Mereka membuat semacam pendopoan sebagai lobi hotel. Konsep yang cukup bagus dan unik menurutku. Disini kanan ada jejeran tempat duduk sederhana dari kayu yang menghadap ke jalan dan kolam ikan. Oya, kamu juga bisa berfoto dengan patung warna-warni yang berada di depan hotel ini, sebagai kenang-kenangan ;)

 Saat kami menginap waktu itu, kolam renang burza sedang dalam tahap pembangunan. Untuk sekarang sih udah bisa digunakan, dan cukup luas sepertinya. Letak kolam renang ini di dekat area restorannya, sedangkan area restorannya sendiri berada tepat di belakang pendopoan (lobi hotel), jadi sambil sarapan kita bakalan dengan mudah ngeliat orang-orang yang geret-geret koper mau check out ;p

Yang paling aku suka dari hotel ini adalah keamanannya yang top ! ga semua orang bisa naik ke atas karena untuk bisa menggunakan lift, harus menggunakan hotel card keys. Jadi orang-orang yang ga berkepentingan ga bisa naik ke atas. 

pic from google



pic from google
pic from google
Kenyamanan menginap
Secara keseluruhan, cukup nyaman. Cuma saat itu sedang ada proyek pembangunan kolam renang dan bangunan tetangga sisi kiri hotel yang tepat berada di samping kamar kami, jadi bikin agak berisik. Tapi karena hotelnya cuma dipake pas malem hari, jadi ga begitu masalah ;p

Sama seperti di lobi, di kamarnya pun hotel ini tetap berusaha memberikan kesan etnik. Lampu di sisi tempat tidurnya dilapisi batik dan menggunakan keramik etnik di bawah tempat tidur membuat suasana jadi berbeda. Menarik banget konsepnya ! aku pengen deh nanti punya lampu tidur motif batik gini di kamar. Sayangnya, tv kabelnya kurang lengkap dan wifinya suka ga konek kalo di kamar, huhuhu :(



pic from google
Makanan / Sarapan
Standar sih, lumayan lah. Buatku sih kurang variatif, tapi ini sih pendapat pribadi, yah. Pendapat kita mungkin berbeda. Kalo standar bule backpack sih ini udah lumayan banget kayanya. *lirik bule yang ngekos di seminyak*


Keseluruhan
Lumayan lah, oke. Mungkin perlu peningkatan disana-sini mengingat hotel ini cukup baru.


Burza Hotel Yogyakarta
★★★
Jalan Jogokaryan No. 61-63, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
+62 274 4580130
http://burzayogyakarta.com/ 


You Might Also Like

0 komentar