Honeymoon in Yogyakarta (Part I)

Ketika aku mulai mengetik postingan ini, kami berdua baru aja pulang dari honeymoon kami yang ke-4 (yang ternyata saat di publish pun mol...


Ketika aku mulai mengetik postingan ini, kami berdua baru aja pulang dari honeymoon kami yang ke-4 (yang ternyata saat di publish pun molor ampe 2 bulan, haha). Super duper telat banget, tapi karena niatnya jadi travelling jurnal pribadi, ya harus tetep di post. itung-itung mengasah kemampuan otak untuk mengingat dan siapa tau ada di antara teman-teman yang butuh referensi.

Aku dan suami awalnya bingung pengen honeymoon kemana. Ampe pake drama ngambek segala karena sampe H-7 pernikahan kami tetep belum nentuin destinasi honeymoon kami. Akhirnya dipilihlah Yogya dan Bali, itu pun belum ketok palu. Intinya Yogya dulu karena suami pengen banget ke yogya, beberapa hari setelahnya baru extend terbang kemana gitu buat destinasi selanjutnya. Rencananya kami cuma 3 hari berada di Yogya, setelahnya mau terbang ke Bali atau Lombok. Tapi ternyata Yogya terlalu sayang untuk disinggahi cuma dalam 3 hari, akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan Bali atau lombok dan memperpanjang waktu kami di Yogya. Toh honeymoon bukan cuma sekali ini, kan ? kata suamiku waktu itu. Yeay !

Dari kesemua honeymoon yang sudah kami jalani, ga ada satupun yang pake jasa vendor bulan madu. Bener-bener sendiri di kota orang. Dan ternyata seru banget ! kami jadi ketagihan dan memutuskan untuk terus begitu di honeymoon kami selanjutnya, termasuk kalo nanti punya rezeki honeymoon ke luar negeri. Aamiin ya robbal alaminn.

Perjalanan kami dimulai pada Tanggal 28 Juli 2015, 3 hari setelah resepsi pernikahan di laksanakan. Excited banget buat jalan-jalan pertama kalinya bareng suami.

Day 1 - Selasa, 28 Juli 2015
Seperti yang aku bilang di atas, ini adalah pertama kalinya yalan-yalan berdua sama suami ke luar kota setelah menikah. Yeay ! just two of us. Yang lain ga masuk itungan hahaha. Walaupun bisa dibilang buta banget sama peta dan lokasi wisata Yogja, tapi Alhamdulillah terbantu banget dengan bantuan Yogyes (nanti aku bahas yah), Waze, dan Mang Google. Sebenernya udah ada direct flight rute palembang-yogya dan sebaliknya. Tapi berhubung waktu itu kita keabisan tiket, maklum lagi libur panjang, akhirnya kami pilih Citilink dengan rute Palembang-halim-Yogya. Pertimbangan utamanya adalah jarang delay, ga mesti pindah-pindah terminal, dan yang paling penting itu adalah waktu transitnya yang ga terlalu lama. Kalo sekarang enak, setiap harinya udah ada 2 kali penerbangan langsung palembang-yogya dengan Nam air dan Express Air.

Penerbangan Palembang-Yogya hamdalah lancar jaya, tapi ternyata masih delay aja dong kaka di Halim nya. huahahahhahha ! Alhamdulillah ada american warteg aka AW di bandara halim, sembari menunggu, aku dan suami isi perut dulu. Eh, suami nih sekarang ? Asik !

Akhirnya setelah drama delay dan nunggu pesawat yang tak kunjung terbang, akhirnya kami mendarat di Bandara Adisucipto. Haloooo again, Jog !

Sesampainya di Yogya, kami langsung cari taksi resminya Bandara Adisucipto, nama taksinya Rajawali. Kalo mau naik taksi ini harus bayar langsung di loket resminya, lalu antri menunggu giliran dapet taksi di tempat yang udah ditentukan. Udah keliling-keliling, masih bingung lokasinya taksi rajawali dimana (padahal jaraknya cuma sejengkal),akhirnya kami nanya sama bapak-bapak yang menawarkan taksi pribadi dimana letak taksi Rajawali, dengan baik hati bapaknya ngasih tau loh loket dan tempat antri naik taksinya. Masya Allah ramah dan baik banget. Inilah salah satu hal yang bikin selalu pengen balik lagi ke Yogya.

Kami langsung minta anter bapak taksi nya ke hotel @HOM Platinum by Horison yang udah aku review disini. Lokasi hotel ini terletak di Jalan Gowongan kidul yang sebelumnya udah kami pesan menggunakan aplikasi Traveloka. Jadi buat istirahat nyaman banget. Nilai plus lainnya adalah harganya murah banget tapi dengan kualitas yang oke. Interiornya baik, Stafnya ramah-ramah banget dan yang paling penting sarapannya enak dan bervariasi. Aku suka banget sotonyaaaa. Hotel ini buatku dan suami cukup mewakili jogja keramah-tamahan jogja yang tersohor.

Setelah check in, kami beristirahat sembari menunggu magrib di hotel. Malem nya kami ga berencana kemana-mana, cuma ngesot aja ke malioboro nyari makan. Makan malam dengan nasi gudeg campur dan ditemani suara musisi jalanan bikin kami ngerasa masuk dalam lagunya KLA Project. Makan di malioboro sebenernya termasuk pricey kalo dibandingin dengan harga kuliner kota yogya yang konon katanya bersahabat. Yang bikin sedih itu, ketika aku pesen udang goreng, tapi yang keluar adalah Udang (yang udah ga segar) di goreng terus ditaburin bubuk Msg :( ampun keracunan micinn..


Day 2 - Rabu, 29 Juli 2015
Selamat Pagi, Yogyakarta !
Setelah mandi dan kenyang sarapan pagi. kami bikin janji sama abang penyewa motor supaya motornya di anterin ke hotel pagi ini. Penyewaan motor di Jogja cukup gampang mekanismenya, cukup ninggalin 3 kartu tanda pengenal lalu motornya bisa di bawa
pulangjalan-jalan. Biayanya juga murah banget, kalo waktu itu harga sewa motor cuma 60 ribu rupiah aja / hari. Jalan-jalan pake motor ini adalah permintaanku, mengingat saat itu adalah masa libur, jadi mesti antisipasi macet. Males amat kalo mesti desak-desakan. Eh, ternyata walaupun suasana libur, Jogja masih lengang-lengang aja, tuh. Lumayan capek sih emang, tapi menyenangkan banget. Apalah arti capek kalo dilaluin sama suami tercinta, yekan ?


Destinasi pertama kami adalah Taman sari, yang orang bulai lebih kenal dengan Taman sari water castle. Buat yang belum tau, kenapa kok disebutnya water castle ? karena ini memang istana air yang di persembahkan sultan Yogya untuk selir-selirnya. Waktu itu tiket masuk ke Taman sari cuma Rp.3000,- untuk turis domestik dan Rp.7000,- untuk turis asing. Kami keliling sampe ujung-ujung banget tapi kemudian lupa masuk ke mesjid bawah tanahnya, huhu. Gagal dah masuk instagram Hahaha.


hai, suami !
Karena hari udah mulai siang dan si istri udah mulai laper, akhirnya masih dengan aplikasi Waze, kami memacu si kuda besi (baca : motor sewaan) ke restoran yang ga boleh di lewatin kalo berkunjung ke Jogja, House of Raminten. Ternyata jarak dari taman sari ke raminten ga terlalu jauh dan melewati Alun-alun lor keraton Yogya , si turis kurang piknik alias si aku inih langsung girang aja dong liat 2 pohon kembar yang femesss banget itu. Akhirnya berencana untuk mampir kesana malem hari aja, karena pas siang panas banget aku bisa-bisa tambah ireng. Sampe di house of Raminten aku cukup kaget dan agak ngeri juga ketika masuk ke restoran ini auranya rada gimana gitu. Baru masuk disambut dengan suasana yang remang-remang padahal siang hari, ornamen yang agak bikin ngeri, plus bau kemenyan di setiap sudutnya. omagaaaah..aku kebelet pipis gimana, bang..

sumber

Tapi biar gimanapun rasa ngeri-ngeri itu berubah jadi rasa nyaman dan pengen berlama-lama ketika tau makanannya enak banget dengan harga yang juga murah banget. Suamiku ampe bingung, ini beneran nih harganya cuma segini ? segede ini ?. Emang wajar sih dia bingung, lah wong harga makanan dengan porsi kelurahan kami di Raminten masih lebih murah dibanding harga nasi gudeg dan nasi udang tabur micin di Malioboro. 

Kelar makan, kami pulang ke hotel buat istirahat bentar karena sorenya mau ke Bukit Bintang yang konon katanya lebih ciamik di datengin saat malam hari. Lokasi Bukit bintang ini di daerah Patuk, kab. Gunung kidul. Sebenernya jarak dari hotel ke bukit bintang itu lumayan juga, sekitar 30km yang artinya bakalan memakan waktu tempuh sekitar 50 menit, tapi karna jiwa petualang pengantin baru ini lagi berkobar, jarak segini ga ada rasanya
oles parem kocok. Kami sempet stop di pom bensin untuk numpang sholat magrib di tengah jalan. Dan suamiku jadi Imam sholat berjamaah disana. Sudah sempet cerita belum sih sebelumnya, kalo aku makin cinta sama suamiku tiap kali dia jadi imaam sholat orang-orang yang ga dikenal sama sekali  ? Tingkat kekerenannya naik ribuan kali buatku, ganteng amat ! 

Dari bawah bukit kita mesti hati-hati banget karena jalannya yang menanjak dengan belokan yang cukup tajam. Di atas bukit ada resort juga ternyata, dan udah pasti banyak banget restoran mulai dari yang mahal sampe warung indomie rebus pinggiran. Kami sendiri lebih milih yang pinggiran-pinggiran ini, lebih alami aja rasanya. 

Udara yang dingin emang pas banget pesen yang anget-anget, kami sih cuma pesen Jagung bakar pedas manis, teh hangat buatku, dan kopi susu untuk suamiku. Sempet ngiler liat ayam bakar yang di makan dedek-dedek gemeysh di sebrang meja kami tapi ternyata udah habis :( akhirnya kami putuskan untuk makan malam di restoran seketemunya pas mau pulang nanti.

Di pertengahan jalan pulang, tiba-tiba dari belakang ada ibu dan bapak gitu yang berkendara ribut banget dan ngomel pake bahasa Jawa, beliau berdua ini coba buat motong motor kami tapi ternyata kayanya si bapak ga bener-bener bisa pake motor, apa gimana aku ga ngerti juga,  motornya oleng dan nyenggol motor kami. Lepaslah kaca spion sebelah kanan kami, sementara si ibu dan bapak langsung kabur masih dengan motor nya yang goyang-goyang kesana kesini. Alhamdulillah spionnnya bisa dipasang lagi walau akhirnya suamiku harus beli obeng buat ngencenginnya. Mungkin si ibu ribut karna si bapak ga bisa berkendara kali, ya.. Ga tau deh..

Melihat kami stop di pinggir jalan, ada bapak-bapak yang sepertinya liat kejadian tadi langsung nyamperin dan ngomong pake bahasa jawa yang sama sekali kami ga ngerti sambil senyum-senyum. Panjang pula ngomongnya. Suamiku cuma senyum aja dan ngomong "mari pak, terima kasih". Terus kabur..Hahaa..kocak dah !



Suami sibuk bawa motor, aku juga ikutan sibuk milih-milih restoran yang ada di pinggir jalan. Akhirnya nemu warung soto dan baso, yang entah kenapa ga ngerti juga bisa milih makan disitu. Aku kaget pas duduk ya ampunnn debu dimana-mana, disendok, di meja, di tempat duduknya, seeeemuanya. Aku sempet mikir yang engga-engga "yank, jangan-jangan kita masuk dimensi lain, pernah ga kamu denger kalo ada yang bobok di tengah hutan terus ketemu rumah gede dan dikasih makan enak sama pemiliknya, taunya pemiliknya itu hantu dan yang mereka makan itu caciiiiiing", dan suamiku bilang "iyaaa sih..tapi mana ada hantu jualan baso ???". "eh apa barusan ini ada erupsi gunung merapi ya yank, debu nya tebel banget gini ?". Luar biasa memang pikiran ngga-ngga nya si mitha. Mau ngabur ga enak karna udah pesen, yaudahlah ya..telen aja kali-kali bisa ngelancarin pencernaan. 

Kami kenikmati sekali suasana malam Jogja, perjalanan jauh dari bukit bintang ga berasa karena suasana kota yang menyenangkan. Jogja seolah menyihir para pendatangnya dengan rasa rindu dan nyaman yg selalu membuat ingin kembali kesini. Pantes aja, temenku yang orang Jogja bilang, ga perlu lama-lama liburan di jogja, cukup 2 hari aja, nanti juga bakal balik lagi. 

Kami mampir di Mall ambarukmo sebentar dan berakhir dengan beli jam G-Shock suamiku. Karena waktu udah nunjukin pukul 9 malam, kami langsung bergegas ke Alun-alun lor buat nikmatin suasana malam disana. Ternyata sedang ada pagelaran seni di Kraton ngayogyakarta hadiningrat, kebetulan yang menyenangkan banget. Suasana malam di alun-alun dan di iringi suara alunan musik tradisional Jogja bikin malam kami sempurna bangeeeet. Aku dan suami nyoba jalan di antara 2 buah pohon besar di alun-alun dengan mata tertutup yang konon katanya kalo berhasil permintaan kita akan di kabulkan dan gagal ! haha. Ya iyalah kan emang kalo mata tertutup jalan mana bisa lurus. 



Sebelum pulang ke hotel, kami mampir dulu di Angkringan Kopi Jos Lek Man yang letaknya ga begitu jauh dari hotel. Angkringan ini aku tau dari rekomendasi Yogyes dan bener aja, ternyata emang rame banget. Ada beberapa angkringan disini dan lokasi angkringan Lek Man sendiri terletak di tengah-tengah angkringan tersebut. Aku pesen steh hangat dan suamiku pesen Kopi jos yang populer itu. Nasi kucingnya enak dan gorengannya juga enak, suamiku ampe habis 4 nasi kucing.Harga nya ? murah dong..


Disekeliling aku lihat ada beberapa orang turis asing yang membaur dengan warga asli Jogja, mereka duduk bersama-sama di pinggir jalan sambil menyeruput kopi jos dan menikmati Gorengan. Diiringi suara gitar penyanyi jalanan, kuliner,dan keramah tamahan setempat.. bikin aku bertanya..siapa sih yang ga akan kangen sama Jogja ?

Baca juga :
Honeymoon in Yogyakarta (Part I)
Honeymoon in Yogyakarta (Part II)
Honeymoon in Yogyakarta (Part III)
Honeymoon in Yogyakarta (End)
Review Hotel di Yogyakarta

You Might Also Like

0 komentar