apa yang aku konsumsi setelah operasi ektopik ?

Karena Dokter bilang aku diperbolehkan (atau dianjurkan) untuk hamil lagi setelah 2x siklus menstruasi, dan sekarang aku baru aja dapet m...


Karena Dokter bilang aku diperbolehkan (atau dianjurkan) untuk hamil lagi setelah 2x siklus menstruasi, dan sekarang aku baru aja dapet menstruasiku yang kedua pasca operasi, artinya bulan depan insya Allah aku udah boleh hamil lagi, yeay !

Selain konsumsi obat dan mengoleskan salep anti keloid dari rumah sakit, banyak sekali anjuran dari orang tua dan lingkungan sekitar tentang obat atau makanan apa aja yang boleh dan ga boleh di konsumsi pasca operasi.
Bersyukur banget punya suami yang sayang dan pengen banget istrinya sehat wal afiat, jadi apa-apa yang dirasa baik buat istrinya langsung dibeliin hari itu juga.

Yang aku konsumsi :

Ikan Gabus
Hampir semua orang yang aku temui nyaranin aku untuk makan ikan gabus karena konon katanya luka sayatan operasi akan cepat mengering. Luka luar kayanya udah kering, tapi yang didalem kan kita ga tau. 

Konon daging ikan gabus mengandung protein Albumin yang sangat baik dalam penyembuhan luka pasca operasi. Sampe ada kapsul nya segala. Sayangnya di palembang lagi syusyaaah banget cari ikan gabus. Ampe nitip minta cariin sama sepupu di pasar deket rumahnya, nitip sama mertua, tetep kosong juga. Alhamdulillah sempet nemu setelah ngajakin bibi yang kerja dirumah ke pasar deket rumahnya, itupun dikiiiit amat...sekilo lebih dikit, tapi kata suami mayan lah dibanding ga sama sekali. Ikan gabus kemarin aku dapet seharga Rp. 80.000,-/ kg.

Obat cina
Aku cukup percaya pada ke-mujarab-an obat cina. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa berbagai macam penyakit bahkan diberikan Allah kesembuhan lewat mengkonsumsi obat-obatan cina. Kebetulan setelah liburan di kampung halaman bapak akhir tahun lalu, kami mampir dulu kerumah om ku di daerah Lahat, Sumsel. Tante istrinya om ku ini cerita apa aja yang beliau konsumsi pasca operasi caesar, beliau mengkonsumsi obat cina yang bentuknya sebesar ujung jempol yang sama koko pemilik toko nya di tumbuk dan dimasukkan kedalam beberapa kapsul kecil seperti difotoku itu. Ga nunggu waktu lama, besoknya ketika sampai di palembang, langsunglah suami pergi ke toko obat-obatan cina dan nanya obat pasca operasi. Kebetulan banget yang tersedia adalah kapsul segede ujung jempol itu. Sama cece nya beneran di tumbuk lalu dimasukkan kedalam 6 buah 
kapsul yang di makan 1x sehari ketika akan tidur malam.

 

Kalo baca di kertas petunjuk penggunaan di dalam box nya, bakal bingung kalo beli obat ini tanpa minta di pisah kecil-kecil. Kalo ga salah ada tulisan "konsumsi 0,6 gr 2kali sehari" puyeng amaaaaat..kalo udah di pisah dalam kapsul siap minum kan aman, tinggal lep leppp lepp..

Dikertas petunjuk itu juga aku lihat banyak sekali kegunaan obat ini, Seperti mengobati berbagai macam infeksi, luka tembak, luka potong (makkkk..), dan kalo ga salah banyak banget kegunaan lain seperti jantung, paru-paru, dan lain-lain. lupak udah lama hehehe.

Potong..potong..emang kita ayam ?!

Yang paling penting buat aku dalam mengkonsumsi obat ini, ya, luka potong (errr..) dan mengobati segala macam infeksi itu. Selain menyembuhkan luka dalam pasca operasi, konon katanya salah satu penyebab terjadinya kehamilan ektopik itu adalah infeksi, walaupun dokterku bilang hal itu belum tentu terjadi padaku, tapi ada baiknya kita berusaha. Kalopun memang ada, mohon Allah sembuhkan dan dijauhkan dari penyakit-penyakit semacam itu lagi. 
kebetulan setelah kelar mens pertama pasca operasi, aku mengalami keputihan ga biasa dan kadang-kadang masih disertai darah, suami bilang sepertinya masih tahap pembersihan mengingat mens pertamaku itu masih dikit-dikit ga kaya biasanya dan rahim manusia kan memiliki proteksi dan melakukan pembersihan alami dengan mengeluarkan kotoran berbarengan dengan keputihan (sempet baca dimana gitu). Tapi jujur aja,  bikin khawatir bangeeeet..kalo mau positif thinking ya wajar aja sebenernya mah, abis di uwek uwek rahimnya, dikuret terus di operasi pula. Tapi naluri kepo kan ga mungkin stop sampe situ, apalagi sebelumnya aku ga pernah ngalamin keputihan yang ga biasa alias normal senormal-normalnya alhamdulillah.. langsung deh searching tanda-tanda keputihan dan berakhir dengan nangis. eleh ! Alhamdulillah setelah 1 kali konsumsi obat cina ini, keputihannya berhenti. Sehat..sehat..sehaaaat.. Alhamdulillah banget di siklus menstruasi kedua ini udah normal kaya biasa lagi, bahkan sepertinya pembersihan sisa siklus sebelumnya yang keluar cuma dikit-dikit itu juga ikut keluar..banjirrrrr..

duh, lupa potret kotak obat ini dari sisi satunya..disana ada nama obatnya yang ga tertulis dalam tulisan cina. Harga 1 obat cina sebesar ujung jempol ini Rp.975.000,-. 

madu penyubur
madu penyubur untuk pria dan wanita ini udah aku dan suami konsumsi sejak hari pertama setelah konsul terakhir ke dokter pasca operasi, sebagai salah satu bentuk usaha kami buat kesehatan dan kehamilan selanjutnya. Efeknya cukup terasa sih buat kesehatan terutama buatku. Efek selain itu, rasain aja sendiri ;p

kaldu non msg
Sebenarnya kaldu Alsultan ini aku beli ketika tau hamil kemarin, sengaja dipesen untuk menghindari konsumsi MSG berlebih selama hamil. Tapi setelah operasi tetep aku pake mengingat aku udah kepalang beli banyak hehehe.

pics from google


habbatusaauda'
Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda;
” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim:
“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Sejak zaman sering begadang ngerjain tugas kuliah, Habbatussauda' udah jadi temen baikku. Badan jadi seger dan ga gampang cape. Suamiku juga udah sejak lama mengkonsumsi obat yang di anjurkan Rasul SAW ini, badannya jadi ga gampang sakit walau habis lembur ngerjain pekerjaan kantor. 
Pasca operasi kemarin, aku dan suami tetap rutin mengkonsumsi Habbatussauda' 2 x 2 kapsul sehari. 

vitamin e 
Selain minum vitamin E dalam bentuk kapsul, kami juga mengkonsumsi sumber vitamin e alami seperti tauge sebagai bentuk ikhtiar kami untuk kehamilan selanjutnya. Kami mengkonsumsi vitamin E (Ever e) 1 x sehari.

juice 3 diva
Kalo temen-temen sering baca artikel di internet tentang persiapan kehamilan, pasti udah ga asing lagi sama nama jus satu ini. Ga ngerti juga kenapa di kasih nama 3 diva, mungkin karna terdiri dari campuran 3 jenis buah yaitu apel, tomat dan wortel. Jus ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan bila di konsumsi 2x sehari.

Kehamilan harus benar-benar diusahakan, ketika bilang tentang jus ini sama suami malam setelah beliau pulang kerja, besoknya daku langsung dibeliin blender utk rumah kami di bangka. nyiahahahaaa~ luar biasanya kamu sayangku..

susu prenagen essensis
udah pernah aku bahas disini. Dalam proses persiapan kehamilan penting banget mengkonsumsi asam folat sesuai kebutuhan untuk menghindarkan cacat tabung saraf pada calon bayi. Nauzubillah minzalik. 

----------~*~----------

Jadi itulah apa aja yang aku konsumsi. Beberapa di antaranya seperti Vitamin E, Habbatussauda', jus 3 diva, dan madu penyubur (khusus pria) juga di konsumsi oleh suamiku. 

selain banyak dapet masukkan apa saja yang baik di konsumsi pasca operasi, ada juga beberapa jenis makanan yang katanya ga boleh alias pantang di konsumsi. 

kepiting dan ikan laut 
Konon katanya bikin gatel di bagian luka operasi. Tapi e tapi, si bandel ini seminggu setelah pulang dari rumah sakit langsung ngacir ke restoran seafood terkenal di pulau bangka dan memesan 1 porsi besar kepiting pedas manis dan 1 porsi besar ikan tenggiri bakar. Besoknya main kerumah sepupu disuruh ngabisin 2 kg kepiting asam manis. Rugi amaaaaat ga di mamam ! Puji syukur tak terhingga kehadirat Ilahi Robbi, ga ngerasain apa-apa tuh perutnya. 

mungkin kembali lagi ke alergi masing-masing orang ya..Alhamdulillah aku ga alergi sama makanan apapun, jadi ga masalah sepertinya. alerginya kalo ga ada duit, qaq.. Berbeda sama adekku, dia alergi sama kulit udang dan kalo kebanyakan makan udang, bibirnya langsung gatal. Sepupuku juga setelah makan kepiting lidahnya langsung gatal. 

Jagung
Ga ngerti kalo yang satu ini kenapa ga boleh di konsumsi. Sempet makan jagung juga sih dari sayur asem yang dibawain suami, tapi cuma sepotong dan alhamdulillah ga terasa apa-apa. 

----------~*~---------

Setelah semuanya yang aku sebutkan di atas, aku baca beberapa artikel di internet yang menuliskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengupayakan kehamilan setelah operasi ektopik. Beberapa yang menarik perhatianku adalah :

konsumsi folavit
folavit ini adalah vitamin yang kaya akan kandungan asam folat, biasanya di konsumsi oleh ibu hamil. Berhubung calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan penting memperhatikan nutrisi asam folat dalam tubuhnya, aku sempet tertarik mengkonsumsi folavit ini. Tapiiii..rasanya kebutuhan asam folat "calon" ibu hamil dan ibu yang sedang hamil kan berbeda. Jadi aku rasa belum penting banget buat sekarang. Nutrisi asam folatku insya Allah sudah terpenuhi dengan mengkonsumsi susu persiapan kehamilan, buah-buahan dan sayuran yang kaya asam folat. 

yoga kesuburan
Bisa kalian praktekan sendiri di rumah dengan nonton caranya di youtube. Gratis. hehe

Olah raga
Berniat dan diniatkan banget kembali ke olahraga yang sudah mendarah daging, Karate. Tapi karna baru selesai operasi, bisa-bisa aku dibedil ibu dan suamiku. Angkat ember aja se-RT udah bisa denger teriakkan mereka, apalagi kalo karate...enggggg...

sari kurma muda
kurma muda emang di percaya bisa membantu terjadinya proses kehamilan (bila Allah SWT mengizinkan). Kemarin sebelum hamil pertama, aku juga sempet mengkonsumsi kurma muda yang di bawa sahabatku setelah pulang dari ibadah haji. Rasanya renyah, manis, enyaaaak banget !
Tapi aku ga ngerti sama sari kurma muda yang udah di jual di toko-toko itu, katanya sih bentuknya ada yang serbuk yah ?

hypnofertility pasangan suami istri
Katanya bisa memberikan efek menenangkan pada hubungan suami istri. Jadi hubungan yang dijalani itu jadi smooth dan nikmat, gitu. Bisa dilakukan dirumah juga dengan mendownload filenya secara gratis. Tapi aku belum download juga sih, nyiahahahaha. 

Jadi itulah, manteman..
apa yang bisa aku bagi sama kalian.
Semoga bermanfaat yah.. 

Laflaf,
Mitha Hendri Pisasefsio

You Might Also Like

21 komentar

  1. hehhe, pertanyaanku di post tadi dijawab di post ini. ttp semangat yah mbak buat hamil lagii :)

    ReplyDelete
  2. Hai mbak Mitha ....saya juga empat minggu lalu menjalani operasi ektopik, saya juga baru menikah Juli kemarin..bagaimana keadannya sekarang? saya juga sekarang cemas bagaimana selanjutnya. Sekarang sudah isi kah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, turut sedih ya utk operasi ektopiknya. Mengingat luka operasi saya cukup besar sekitar 15 cm, saya saat ini sedang fokus dalam pemulihan yang insya Allah semakin baik dari hari ke hari sekaligus program hamil alami. Jangan cemas mba, semua udah tertulis. Banyak kok yang setelah operasi ektopik bisa hamil normal, sekarang mba fokus ke pemulihan dulu aja.

      Delete
  3. Aamiin...aamiin..aamiin..yarabbalalamin

    ReplyDelete
  4. Aamiin...aamiin..aamiin..yarabbalalamin

    ReplyDelete
  5. hai mb mitha aku jg baru tgl di pangkal pinang ikut suami awal januari 2016..dlu ak tgl dijakarta..aku dha baca blog nya smpt ngeluarinn air mata pas baca mb yang operasi ektopik smga cpt pulih ya mb😘ak eng sngj searching dokter obygn di pangkal pinang eh keluar bloq nya mb tentang kehamilan ektopik slm kenal ya mb...jdinya ak baca2 smuanya hihi mb mita tgl daerah mana di bangka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Sherly, salam kenal juga.. makasih ya udh berkunjung ke blog.. Aamiin terima kasih juga untuk doanya.. Aku di Pangkal pinang dekat Kantor PT.Timah mba. Mba tinggal dimana ?

      Delete
    2. haloo mb mit aku di dkt polsek bukit intan..komplek ko atiek taukah ? ak smlm follow ig nya mb...😄

      Delete
  6. sapa tau bsa brtman di negri rantau ini mb 😊

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum semuanya.. tgl 6 nov 2018 saya juga melakukan operasi KET karna hamil diluar kandungan yg berada di indung telur sebelah kanan.saran dokter saya harus menunggu minimal 1.5 th untuk bisa hamil lagi... kok lama sekali ya beda sama bunda2 lain nya.. mohon saran nya ya bun atau berbagi pengalaman aja.. wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Warohmatullah..
      setiap dokter pasti punya pertimbangan masing-masing terkait kondisi kesehatan pasiennya, tapi tentu saja mba bisa cari second opinion ke obgyn lain.

      Delete
  8. Bener banget gan, sari kurma memiliki berbagai manfaat luar biasa untuk kesehatan, apalagi buat anak-anak yang sedang masa pertumbuhan, cocok banget dikonsumsi tiap hari.

    Saya juga posting manfaat sari kurma untuk meningkatkan trombosit loh gan, bisa dicek disini Manfaat sari kurma untuk menaikkan trombosit

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum Sis, saya mau tanya adakah yg sudah berhasil hamil lg setelah KET? Berapa lm bisa hamil lg? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salaam sis..sbelum y maaf bukan saya mau nakut"in..tapi saya sedang ngalaminya sekarang setelah 2017 KET Dan 2019 hamil usia 7m rasanya bahagia tapi rencana Allah mungkin lebih indah..aku di operasi lagi karna KET..untuk yg ke2x y rasanya hancur ..tapi alhamdulillah dokter masih bisa mmpertahankan rahimku yg sekarang..kemungkinan bisa hamil lgi masih ada tapi kata dokter kemungkinan seperti ini lagi masih ada...aku Dan Suami hancur tapi kami tak bisa apa".

      Delete
    2. saya rasa kurang bijak bila menyamaratakan semua kondisi pasca KET. Saran saya, akan lebih baik bila mba berfokus pada kesembuhan terlebih dahulu dan tidak bercermin pada orang lain. karna yang ada mba akan semakin stress dan sedih ketika melihat orang lain sdh hamil normal sedangkan mba belum.

      Delete
  10. @mitha. Makasih kakk inform nyaa.
    Minim sekali info yg aku tau ttg pemulihan pasca op KET. Tp stlh baca blog kakak, jadi tau apa yg harus dilakukan. Mksh kaaak. Bermanfaat.
    Btw kam. Habattusaudanya bisa dibeli dmna yaaa?
    Dan konsumsinya setelah operasi sampai skrg kak?
    Minumnya kapan kak? Pagi dan malam kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habbatusaudah banyak kok jualannya di toko obat herbal, di apotek juga biasanya ada :)
      Aku dan suami rutin konsumsi habbatusaudah sampe sekarang, apalagi dimasa pandemi kaya gini insyaALLAH konsumsi habbatusaudah sebagai bentuk ikhtiar juga dalam menjaga sistem imun.
      Kalo aku konsumsinya pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, atau kalo kelupaan seingetnya kapan aku inget akan aku minum, misalnya siang atau sore hari. Insya Allah aman karna termasuk obat-obatan herbal. Tapi btw sekarang aku makannya cuma 2kapsul sehari mba, karna buat jaga stamina aja, beda kalo abis operasi waktu itu konsumsinya 2x2 kapsul per hari

      Delete
    2. @mitha. Makasih kak infonya. Insyaalloh bisa tak ikutin caranyaa.

      Delete