Prewedding health treatment : Asam folat untuk persiapan kehamilan

Terlalu dini ga sih mempersiapkan kesehatan tubuh menjelang kehamilan sejak beberapa bulan sebelum menikah ? ya engga lah, bukan cuma lu...


Terlalu dini ga sih mempersiapkan kesehatan tubuh menjelang kehamilan sejak beberapa bulan sebelum menikah ? ya engga lah, bukan cuma luluran aja yang wajib, kesehatan organ dalam tubuh juga wajib hukumnya untuk di jaga.

jadi disini aku akan bahas mengenai pentingnya konsumsi asam folat sebelum kehamilan, tentu saja dengan bahasa dan ilmu yang seadanya ya, karna aku ga punya dasar ilmu kedokteran. Aku ambil intisarinya aja apa yang udah aku baca, semoga berguna buat temen-temen semua.

Alasan kenapa sudah mengkonsumsi susu dengan asam folat sejak beberapa bulan sebelum menikah. 
Memang hobi ubek-ubek sakunya om google saat lagi persiapan pernikahan gini membantu banget, kita jadi tau banyak ilmu dan hal apa aja yang emang wajib dipersiapkan. Karena hobi ubek-ubek itu lah, akhirnya aku tau bahwa konsumsi asam folat untuk persiapan kehamilan adalah hal yang perlu. Siapa sih yang setelah menikah ga mau segera hamil ?

Jadi sejak H-2 bulan sebelum acara pernikahan, aku sudah rutin mengkonsumsi susu prenagen esensis untuk mempersiapkan kesehatan diriku. Jadi bila nanti in syaa Allah setelah menikah aku segera hamil, tubuhku udah siap karena kandungan asam folat, zat besi dan kalsium di dalam tubuhku sudah cukup dan terpenuhi. Dengan kecukupan nilai gizi yang ada dalam tubuh, in syaa Allah akan memberikan kesehatan yang baik buatku dan juga buat calon anakku nanti. In syaa Allah bayiku akan terlindungi dari berbagai macam penyakit bawaan yang disebabkan si ibu kurang nutrisi selama kehamilan, Aamiin ya Rabbal alamin.


Kenapa asam folat penting untuk persiapan kehamilan ?
Asam folat merupakan vitamin B yang membuat tabung saraf   bagian dari embrio yang menjadi otak dan sumsum tulang belakang  dapat berkembang dengan baik. Sehingga dengan mengkonsumsi asam folat minimal 1 bulan sebelum konsepsi (fertilisasi / pembuahan) dapat mengurangi terjadinya cacat tabung saraf (neural tube defect) seperti juga kelainan pada tulang belakang (spina bifida) dan kelainan akibat otak dan tengkorak yang tidak terbentuk (anenchepaly) hingga 70%, berdasarkan riset dari The Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat [1-2].

Sekitar 3000 kehamilan di Amerika serikat di pengaruhi oleh neutral tube defect (NDT) setiap tahunnya, Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam folat teratur juga dapat mencegah terjadinya cacat jantung pada bayi, cacat lahir di mulut bayi seperti bibir sumbing dan cacat langit-langit mulut [3].


Berapa asupan harian yang dibutuhkan dalam persiapan kehamilan ?
Asupan harian yang direkomendasikan untuk semua wanita pada usia subur adalah setidaknya 400 microgram (mcg) atau 0,4 miligram per hari. Sedangkan untuk wanita yang sedang mengandung, dosis yang disarankan adalah 600-800mcg per hari. Tentu saja, kebutuhan setiap wanita berbeda. Bila anda memiliki keluarga dengan riwayat cacat tabung saraf, anda mungkin harus mengkonsumsi 4000 mcg asam folat per hari nya, bicarakan dengan dokter anda berapa kandungan asam folat yang tubuh anda perlukan sebelum dan ketika sedang hamil.


Selain asam folat, apa saja yang dibutuhkan lainnya ?
Zat Besi.
Sangat penting untuk persiapan kehamilan untuk mencegah anemia dan merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Kalsium.
Berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Btw, menurut temenku dr.Refy, ketika hamil si bayi akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi ibunya, sehingga pada beberapa kasus banyak ibu yang akhirnya kekurangan kalsium dan mengalami osteoporosis di hari tua. Ada bahkan yang kehilangan 1 gigi setiap kali melahirkan, kebayang dong kalo hamilnya 11 kali, berapa gigi yang ilang :s

Serat Pangan.
membantu mempertahankan / memelihara fungsi saluran pencernaan.

Vitamin E
Baik untuk kesuburan, menguatkan rahim


Bagaimana kita bisa mendapatkan sumber vitamin di atas ?
Asam folat.
-. Sayur (brokoli, kacang-kacangan, bayam, kangkung)
-. Strawberry
-. Telur
-. Gandum (oatmeal)
-. Susu
-. Suplemen asam folat

Zat besi.
-. Buah-buahan (Jeruk, melon, strawberry, anggur)
-. Sayuran (brokoli, kubis, tomat, kentang, paprika hijau dan merah)
-. Daging sapi
-. Ikan
-. Unggas

Sumber serat
-. Sayuran berdaun hijau, tomat dan brokoli
-. Pepaya, alpukat, buah pir, apel, jambu biji merah, nanas, mangga dan berries
-. Jagung
-. kacang-kacangan (almond, polong, dll)
-. Edamame
-. Beras merah
-. roti dan gandum

Vitamin E
-. tomat
-. cabai merah
-. buah kiwi, alpukat dan mangga
-. gandum
-. paprika dan brokoli

Selain kesemua bahan makanan di atas, kita juga bisa mengkonsumsi susu kaya asam folat supaya kadar asam folat dalam tubuh cukup, seperti yang aku bilang di awal bahwa aku mengkonsumsi susu prenagen esensis  dalam persiapan pernikahanku ini.


Kandungan vitamin dalam susu prenagen esensis
Susu ini terdiri dari 3 rasa, Moka, Vanilla, dan coklat. Asam folatnya 350 mcg / saji, kalsium 480 mg/ / saji, zat besi 9 mg/ saji, dan serat pangan 3 g / saji.


Review
Singkat aja yaaa..aku sendiri udah nyobain 2 rasa, yang vanilla sama yang moka. Kalo dibandingin sama susu pertumbuhan kaya Danc*w dan Frisian F*ag, susu ini rasanya lebih ringan gitu, enak !
Dari awal sebelum minum susu ini, aku udah baca banyak review yang bilang kalo susu ini nambah nafsu makan, di aku juga sih, lumayan tambah banyak makan, tapi alhamdulillah akik atas bawah lancar sih, ya, jadi ga gemuk jadinya. plung..plung..

Ga bisa bilang banyak karna nikahnya juga baru bulan depan, ga tau bener apa engga, beberapa temen hamil setelah rutin mengkonsumsi susu ini, sebenernya waktu kelahiran seorang bayi kan sudah tertentu, jadi bukan karna susu ini juga. Tapi apa salahnya berikhtiar ? Asam folat disebut mampu memberi peluang besar untuk kehamilan karena ada kandungan vitamin E untuk kesuburan dan multi vitamin yang baik untuk kesehatan, waulahualam.


Sumber :
[1]. http://www.babycenter.com/404_how-much-folic-acid-should-i-take-while-trying-to-get-pregna_2232.bc
[2]. http://www.childbirthconnection.org/article.asp?ck=10296
[3]. http://www.marchofdimes.org/pregnancy/take-folic-acid-before-youre-pregnant.aspx


You Might Also Like

2 komentar

  1. wah ternyata asam folat sangat penting ya untuk perkembangan janin, jadi sebelum memulai promil perlu mempersiapkan kehamilan dulu agar masa kehamilan menjadi masa yang menyenangkan

    ReplyDelete