Short vacation : Bangka Island (Part III)

Dan sampailah kita pada postingan terakhir dari liburan pertamaku di Pulau Bangka, wahai hadirin dan hadirat sekalian. Bagi yang belum ...


Dan sampailah kita pada postingan terakhir dari liburan pertamaku di Pulau Bangka, wahai hadirin dan hadirat sekalian. Bagi yang belum baca ceritaku di hari sebelumnya, bisa agan-agan dan seus-seus sekalian baca disini dan disini.

Day 3 - Minggu, 12 April 2015
Hati mulai sendu, batin udah pilu, besok udah mau berpisah lagi dengan kekasih hatiku. Emang kalo sama orang tercinta, sih, waktu kok cepet amat jalannya. Tega amat kamu,Tu.

Karena besok udah harus balik ke Palembang dan lusanya harus berangkat ke site, hari ini harus di manfaatkeun sebaik mungkin. Jadilah kami keluar lebih pagi hari ini, jam 8. Sebelum keliling kota, ayo kita cari sarapan dulu. let's go, bang !

08.30 WIB
Tung tau 3 Semabung
 Salah satu resto / cafe yang pengen banget aku coba ketika liburan di Bangka kali ini adalah Tung tau. Jadi Tung Tau coffee ini adalah kopitiam pertama di pulau Bangka. Berdiri sejak tahun 1938, Tung tau menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia. Sejak pertama kali berdiri sampe tahun 1950-an, kedai kopi ini masih dikelola sendiri oleh pendirinya, Mr. Fung Tung Tau. Sekarang usaha milik keluarga ini di kelola secara turun temurun dan terus berkembang, sampe-sampe kedai kopi ini udah tersebar seantero Bangka Raya. Sungkem sama Opa Fung !

Alasan lainnya kenapa aku pengen banget nyoba Tung Tau, ya karna calon suamiku sering banget tiap ditanya mau makan di mana, jawabannya "tungtau", nonton bola bareng dimana ? jawabannya, "tungtau". SEKEREN APA SIHH TUNGTAU INIHHH ?! bawa aku kesana, bang ! aku mau nyobak !

Jadilah pagi ini, ke Tung Tau 3 semabung kami menuju. 

Pas pertama kali nyampe, banyak Opa-opa yang lagi nongki nongki sambil nyeruput kopi sambil ngobrol dan ngakak-ngakak dengan bahasa yang asing buatku. Emang yaaa Bangka ini deket dari Palembang, sebelum menjadi provinsi sendiri pun bahkan termasuk dalam wilayah Sumatera selatan, tapi logat nya ga ada sama-samanya acan.

tibalah saat yang ditunggu, pesen makanan.
Tanya-tanya sama calon suami yang dia rekomendasiin apa, dan berakhirlah dengan pesen Es teh susu + Roti bakar telur (ini sih abang yang doyan !), jadi emang Kedai Kopi Tung Tau ini selain terkenal dengan kopinya, tapi juga roti panggangnya, dan roti bakar telur ini salah satu menu favorit dan terlaris disini. Sementara itu, calon suamiku cuma pesen kopi item sambil main CoC di Ipadnya. zzz kaudrat deh abang. Ampe aku protes, "apaan sih maenan cowok kok bercocok tanam !", dan sekarang baru tau kalo itu ternyata game perang-perangan. bodo amat, ketapel nih kalo ga sarapan, makan yank !



roti panggang telur yang udah ga berbentuk, sebelum dimakan dipotong kecil-kecil dulu sama calon suami.
 Aku sungguh seperti anak 3 tahun dimatamu, ya, Maz.

sejujurnya, Tung tau ini emang nyaman banget kalo buat sekedar ngopi-ngopi di sore hari atau sarapan ringan kaya gini, aku jadi pengen balik lagi coba makanan lainnya disini. Jadi wajar banget kalo kedai kopi ini sampe sekarang masih berjaya.  Sungkem Opa Fung (lagi). Terus,terus ? rasa makanannya gimana ? Roti telurnya lumayan lah, yang jelas emang padet sih, jadi kenyangnya pas. Sedangkan rasa es teh susu nya sedikit agak kemanisan, tapi ya sesuai selera lah ya..

09.30 WIB
Bangka Botanical Garden (BBG)
Kalo di Palembang punya kawasan hutan lindung Punti kayu dan kalo di Jabodetabek punya kawasan hutan lindung di areal kampus UI, nah di pulau bangka ini, tepatnya di Pangkal pinang, ada tempat wisata lain dari yang lain yang wajib banget buat dikunjungi. Namanya adalah bebege alias Bangka Botanical Garden. Kok lain dari yang lain ? karena eh karena, BBG ini adalah objek wisata dengan konsep agro wisata yang menyajikan suasana yang sejuk dan asri. Disini pengunjung juga bisa membeli langsung hasil pertanian yang ada, langsung petik..tik..tik.. dan bayar. Jangan langsung kabur, ya !



Sibuk moto bunga, kita anak instagram banget. qaq.

hasilnya, gagal masuk instagram.


Di BBG ini ada peternakan sapi, peternakan ikan, kebun buah naga (sayangnya ga boleh dimasukin),kebun sayur mayur, restoran dan lain-lain. Kalo mau numpang foto prewedding ? boleh, silahkan melapor sama petugas setempat.

 

Buat anak kota kaya akik (kota banget yaaa..) dateng ke tempat wisata asri kaya gini menyenangkan banget, walau objek yang mau di liat ga terlalu banyak tapi cocok banget buat sarana edukasi buat anak-anak. Ada pak tani disini, lahan perkebunan yang tertata rapi, ada kolam ikan yang gede, ada banyak sapi-sapi, dijamin anak-anak pasti akan suka. duh, jadi pengen punya anak. hus !

Trademark-nya BBG ini adalah deretan pohon pinus yang berdiri berjejer di sepanjang jalan di dalam BBG. Persis banget deh kaya di Korea ! emang Mitha pernah ke Korea ? Enggak ! nyiahaha. Maksudnya sering liat di film-film drama Korea, gituw.

mana abang Lee dong wook dan tante Song hye kyo ?

Awalnya kami pengen masuk ke area perkebunan buah naga, tapi sayang sungguh di sayang ga boleh masuk :( terus mau ke area peternakan kuda, tapi kudu ninggalin kartu identitas sama satpamnya, kok ya males amat. Batal aja, deh. Dasar yaa pasangan paling kompak , males aja kompakan. Padahal mah, masuknya ga ditarik uang masuk sama sekali, cuma ninggalin kartu identitas aja. Kemana perginya jiwa gratisanmu, Mitha ?

Balik lagi ke perkebunan sayur, kebetulan mau berkunjung ke rumah sepupuku. Seperti aku ceritain sebelumnya, maen ke Bangka kali ini aku dibawain ibu banyak banget pempek yang udah punya tujuannya masing-masing. Saking banyaknya parfume udah kalah sama bau ikan, untung ga ada anjing yaaa di bandara, bisa-bisa udah di mamam kali sayah ! Nah, dari awal aku dan calon suami udah merencanakan untuk berkunjung kerumah sepupu ku ini pada hari minggu ku turut ayah ke kota. Manalah mungkin pempeknya bisa tahan ga basi (eh tapi harusnya di coba, kalo emang pempeknya awet berarti harus dipertanyakan inih bahan pengawetnya). Dengan pertimbangan di Bangka masih banyak jualan pempek, akhirnya kami sepakat beli roti aja, dan karna sibuk ngobrol eh toko rotinya kelewat  2 kilometer, kelewat apa pada mabok sih bedua ? dan sebagai penggantinya, sepupu yang budiman dan teladan ini membawakan oleh-oleh.... BUAH NAGA asli dari BBG buat ayuk Vera ku tersayang ! zzz. Ih segitu juga kan ada niat ! hehe. Abisnya kan aku turis disini, mana lah tau tempat beli makanan dan buah-buahan lainnya dimana. iya-in aja.

10.30 WIB
Rumah Sepupuku di Kompleks Asrama TNI Bangka Tengah
Jadi Ayuk sepupuku, Vera, ikut suaminya bertugas di pulau bangka sejak 3 bulan yang lalu. Baru banget. Karna ga mau di cap sebagai adik durhaka, maka aku dan calon suami nyempetin untuk berkunjung kerumah sepupuku itu.

Alhamdulillah calon suamiku ini termasuk perhatian sama keluarga, tanpa diminta, ketika sepupu ini baru pindah kesini, dia nyempetin untuk berkunjung sekedar untuk ngobrol sebentar dan menunjukan sopan santunnya sama yang lebih tua, kok cuma sebentar ? karna jauh banget dari pusat kota dan di jalan dia pake acara nyasar segala lagi. ihhh makin tjinta deh !

katanya jalan kesana jauh, emang sejauh apa sih tempatnya ?

Jawabannya adalah, YA ALLAH YA TUHANKU JAUH BANGET MAMIHHHH..

Ada kali yaa 1,5 jam perjalanan. Untungnya jalannya sama calon suami ya, ditambah lagi udara yang adem banget hari itu pleus jalannya yang bagus dan ga berlobang sama sekali, padahal ini udah ke arah pelosok loh. Bravo Pemerintah Bangka !

Pemandangan yang indah sepanjang perjalanan juga bikin kita ga dongkol mesti jalan jauh. Aku kalo disuruh ulang kesana lagi sih, mau banget !

Disepanjang perjalanan kita bisa liat berbagai macem pemandangan. dari bukit-bukit, sampe liat tepi pantai yang membentang dari ujung ke ujung. Maha suci Allah yang maha kaya.

Sekitar 2 jam kami berkunjung, abis sholat kami pamit pulang.

Seperti biasanya, sepanjang jalan calon suamiku seneng banget denger aku "waaaa bagusnyaaaa","keren bangettt ya, yank !", and he was like "mau stop buat foto, sayang ?" ih calon suami siapa sih ? kok pengertian amat.


Sebelum kembali ke pangkal pinang, calon suami ngajakin aku ke pantai lain yang katanya berbeda dari pantai-pantai lainnya di pulau bangka. Let's go !

13.00 WIB
Pantai Tapak Hantu, Batu Belubang - Bangka Tengah
Pas nyampe di pantai ini, rameeee banget. Konon kata abang yang narik biaya masuk, tadinya ada acara Pemda Bangka tapi udah kelar. Pantesan aja kami berpapasan sama bis-bis segede dosa yang keluar dari areal pantai. tapi ya mana tau lah ya itu orang pemda atau bukan. Berhubung jalannya ga di aspal, debunya jadi terbang-terbang, masuk mata,kucek kucek, mata merah, ga enak banget ! Apalagi mas calon somiku ini kan juara alerhi devu tingkat galaksi. Kena debu dikit langsung pilek. Pinternya, ga bawa masker pula, bagousss ! aku kekep pake cinta aja ya, bang !

Untuk masuk ke area pantai ini, kalo ga salah sih, kita bayar 10 ribu apa berapa gitu, lupa. Pokoknya tetep lebih murah dibanding masuk ke pantai parai deh. Kebetulan hari ini lagi rame banget, ampe ada yang bentang tiker di parkiran.

Karna susah cari parkir, calon suamiku taro motornya tepat di pinggir pantai. Padahal mah bukan tempat parkir, tapi karena kami parkir disana, jadi banyak yang ikutan parkir. hihi. Sekalian tolong di jagain ya, bang.


kok namanya pantai tapak hantu ? kalo kata Wikipedia sih, Pantai ini berada di sebuah desa pinggir pantai yang bernama desa batu belubang. Terus di atas bebatuan di pinggir pantai ini, terdapat beberapa jejak kaki. Ntahlah itu jejak kaki hantu apa bukan, yang jelas karena adanya tapak kaki tersebut, jadilah pantai ini diberi nama Pantai tapak hantu.

Pertemuan air dengan daratannya lumayan jauh dari bibir pantai, selain itu banyak pepohonan yang akarnya sampe muncul ke permukaan bumi. Hati-hati ya kalo main ke pantai ini. Sebenernya sih ga berbahaya, disenggol dikit akarnya bakal patah, tapi kalo melangkahnya ga liat-liat, lumayan juga kalo jatoh di atas akar-akar ini.

 








keliatan ga sih ada yang pacaran di atas karang ?

nah ini keliatan yaaaa..

Karena pantainya rada jauh, bukan berarti ga bisa main air di pinggir-pinggirnya. Becek banget, banyak kubangan air raksasa yang tersebar di pinggir pantai.

 




Hamdalah, puji syukur kuhaturkan akhirnya sampailah kita di tepi pantai. Calon suamiku ngajak naik ke atas karang yang paling besar, calon istri yang nyalinya cuma segede kacang mede ini langsung ciut dan keriput. Tapi calon suamiku bilang "percaya aja sama aku, aku pegangin kok..tenang aja, ada aku". Masya Allah, calon imam :')





Kayanya emang pantai ini daerah dangkalnya cukup luas, deh. Ketika kami diatas karang, kami liat ada sekelompok orang yang kayanya satu keluarga  emak, bapak, dan 4 orang anak  sibuk menjaring ikan sekitar 150 meter dari tepi pantai, itu aja cuma se pinggang orang dewasa.


puas santei mantei di atas karang, badan udah kemasukan angin bahorok, dan memory kamera udah penuh, saatnya kita turun main air.

bang, fotoin aku maen aer sambil rok nya terbang-terbang ya. kaya di pidioklip pidioklip gituw.

bukan, bukan sayah hantu yang napak dimarih.



Makin sore pantai makin rame, saatnya kita pulang. Ya belum pulang juga sih, sebelum dianter ke penginapan, masih ada mamam mamam cantik dan 1 pantai lagi yang mau dikunjungi.

16.30 WIB
Pantai Pasir Padi
Haloh dari pangkal pinang lagi.
Kami udah di pasir padi nih, suasananya rameeee banget kaya cendol ! mau parkir aja susah. Pantai Pasir padi ini emang termasuk destinasi paporit di pangkal pinang. Tapi apalah daya, kalo udah rame banget gini semangat mantai sirnalah sudah.

Tadinya kami pengen duduk-duduk sambil nyeruput kelapa muda di pondok-pondok pinggir pantai, tapi terlalu rame. Akhirnya kami duduk-duduk aja di beton pemecah ombak di tepi pantai sambil makan batagor. Batagornya lejaaaaat banget ! Abangnya asli sunda,sih.


Walaupun di parkirannya rame, tapi di bibir pantainya ga begitu rame. Dari jauh aku liat ada mobil kijang yang bolak balik di bibir pantai, padahal banyak anak kecil main disana. Aku sempet nanya sama calon suamiku, "eh, kok mobil itu bisa sampe jalan-jalan disitu ?" ya sudahlah. Kelar makan, cari mushola untuk sholat ashar, kami siap pulang. Pas pulang, liat mobil kijang tadi roda sebelah kanannya nyungsep ke dalam pasir. Ternyata di bawah pasirnya ada lubang yang cukup dalem. duh, macem-macem aja deh.

17.00 WIB
Otak-otak Amui
Sama kaya kalo ga makan pempek pas berkunjung ke Palembang, ga makan otak-otak pas maen ke Bangka itu sama aja kaya bikin sambel tapi ga pake cabe. Ga lengkap ! Pulang dari pantai, aku diajak calon suamiku nyobain otak-otak terkenal di Pangkal pinang. Coba deh search di google, artikel tentang toko otak-otak ini banyak bangeeeet.

Kalo di Palembang, otak-otak itu cuma ada 1 tipe, yang dibungkus pake daun pisang. Tapi disini ada beberapa tipe otak-otak, ada yang direbus, ada otak-otak udang dan sudah pasti ada otak-otak ikan. Sambelnya juga ada 2 tipe, yang pake irisan kulit jeruk, dan yang rasa-rasa oncom gitu. Aku pribadi sukiii bingit sama yang jeruk, segeeer !


17.30
Gramedia Pangkal Pinang
Jarak dari Otak-otak amui ke gramedia sebenernya cuma sejauh picingan mata mines 2,75 ku. Alias tinggal ngesot doang. Ga butuh waktu lama kami udah hinggap di gramedia. Buat apa ? cari cireng. Ya cari buku dong. kita kan anaknya nerdy nerdy gitchu. *padahal mah yang di baca novel lagi novel lagi.

Jadi seperti yang aku ceritakan disini, resolusiku di awal tahun adalah "banyakin baca, kurangin galau !". Baca minimal 1 buku per bulan. Galau disini maksudnya pekerjaan yang ga guna gitu ya manteman, main hp sampe batre ngedrop, ngayal jadi princess abis nonton Cinderella di bioskop, yang gitu-gitu deh pokoknya. Nah, kebetulan banget, calon suamiku mendukung penuh tuh, dan dia menawarkan untuk beliin aku buku tiap bulannya untuk aku baca. Jadi kesempatan untuk baca buku lebih dari satu perbulan terbuka lebar. YIHA !. Buku udah di beli, udah di baca, tapi kok ngereview nya di blog ya males amat. Nanti deh aku review ciket-ciket yaaa..

Kebetulan banget nih, aku dapet buku yang udah lama aku cari, Koala kumal nya Raditya Dika. Ih, di Palembang keabisan mulu, disini berlimpah ruah. Rejeki anak sholehah !

Puji Syukur kehadirat Tuhan semesta alam, entah dapet wangsit dari mana, tiba-tiba si calon suami ini kepengen beli buku bacaan juga. Aku senengnya ga kira-kira. yah lumayanlah ya sebatas niat. Kemaren pas di tanya udah sampe mana baca bukunya, dijawab "udah sampe kata pengantar, yank".zzzz.

Kelar urusan bayar membayar, eh ketemu temennya calon suami, dikenalin, mereka ngobrol bentar terus kita cabut. Pulang ? eittt..nanti dulu, makan dulu dongs.

18.00 WIB
Kingkong Kopitiam
Ntah karena apa, kok tiap diajak makan aku ga pernah nolak. Padahal baru juga makan otak-otak. Ampun deh calon penganten ! *dadah dadah ke kebaya*

Nah, ini juga nih, salah satu tempat yang mau aku coba di Pangkal pinang. Calon suamiku juga sering makan disini, calon istri kepo jadi kepengen juga. Kebetulan lokasinya searah sama jalan pulang dan di pusat kota, jadi gampang buat mampir kesini. Lucu yaa namanya, Kingkong. Sebenernya ini restoran apa suaka margasatwa, sih ? restoran dong.. Kalo di perhatiin, nama-nama resto dan kopitiam di pulau bangka ini emang yunik-yunik, mungkin ada arti tersendiri yang aku ga ngerti yah, secara pulau bangka ini kan mayoritas penduduknya etnis Tionghoa.

Maksud dan tujuan tuan calon suami ngajakin aku makan disini adalah, dia inget kalo aku udah dari jaman megalitik pengen banget makan tomyam tapi belum sempet kebeli. Duh, Sayangku, baiknya kamu.

Ga butuh waktu lama, aku udah pesen tomyam dan strawberry smoothies ajah. dia ? kopi lagi, ga makan lagi, dan maen CoC lagi. zzz.

Lagi enak makan, kejadian lagi ! sakit gigi. Ampun gusti nu agung. Kali ini lupa bawa bekal bodrex, hiks. Tapi jiwa rakus tetep bergelora dong, ya.


rasanya gimana ? buatku sih lumayan, isiannya juga banyak dan bervariasi. Tapi kata calon suamiku kok rasa pindang patin Palembang. Ah, perasaan abang aja !

Abis makan marilah kita pulang ke peraduan masing-masing. Dia ke kontrakannya, dan aku ke penginapan. Sedihnyaaa..

Walaupun singkat, tapi pengalaman liburan di pulau bangka kali ini menyenangkan banget. Aku cinta Bangkaaaa..(dan di jawab calon suami, "aku sih enggak", hihi). Dulu di wanti-wanti sama temen, kalo Bangka itu ga ada apa-apa, bakalan ga betah aku disana. Kenyataannya ? Ga ada tuh perasaan begitu. Aku suka semuanya. Mungkin karna calon suamiku domisili disini kali ya..hihi

Oke deh, sampai jumpa beberapa bulan lagi yaaa pulau Bangka :*


You Might Also Like

0 komentar