Short vacation : Bangka Island (Part I)

Halo Bangka island ! Alhamdulillah awal bulan kemarin, aku punya kesempatan untuk liburan singkat di pulau sebrang, tepatnya di Pa...



Halo Bangka island !
Alhamdulillah awal bulan kemarin, aku punya kesempatan untuk liburan singkat di pulau sebrang, tepatnya di Pangkal Pinang - Provinsi Bangka Belitung.
Sebenernya ga sendirian sih ya, karena calon suamiku yang penempatan kerja disana udah di wanti-wanti dari jauh hari "jemputz jangan telat ya, bang ! tar aku di culik orang !" serasa-rasa ada yang mau culik. Abisnya ga ngerti blas sama Kota Pangkal Pinang ini, this is my first time, anyway. 

Day 1 - Jumat, 10 April 2015
Semua barang udah di ransel, pempek udah rapih di kardus, dan aku sudah cantik

Aku udah di bandara dari pukul 16.25 WIB, Sriwijaya Air kaga bisa cek in onlen soalnya. Ada perasaan yang sangat lain hari ini, rasa gugup dan gembira nyampur jadi satu. Aku pernah terbang dengan 20 jam berada di udara, sendirian, melintasi zona waktu yang berbeda, tapi semuanya tidak segugup ini. Aneh ya ? kaya anak abege mau ketemuan sama kenalan dari MIRC (ya Allah, MIRC !!). Tapi kalo dipikir lagi, wajar sih ya, aku kan mau ketemu calon suamiku, ditempat asing yang ga aku kenal sama sekali, tempat ini nantinya akan jadi tempat kami menetap setelah menikah, jadi bayangan tentang gimana kota ini udah nguing nguing di kepala sejak pertama kali dia penempatan kerja disini, dan ketika akan melihat langsung, wajar saja kalo perasaanku campur aduk kaya rujak, takut ga nyaman atau ga betah nantinya.

Sembari nunggu waktu boarding, aku membaca Brida karya penulis favoritku. Alhamdulillah, Pesawat berangkat sesuai jadwal, 18.25 WIB. Tiba waktu boarding, mata agak ngantuk, berhubung seharian kejer setoran kerjaan dan bangun tengah malam, jadi berfikir untuk tidur sebentar selama penerbangan, gak taunya, belum juga tidur eh udah nyampe aja, cuma sekitar 20 menitan Palembang - Pangkal Pinang, ada kali ya.

Bandaranya imut sekali, mirip sama bandara Palembang yang lama, tapi tetep masih gedean bandara Palembang yang dulu, sih. Alhamdulillah ketika sampe calon suamiku udah nunggu di terminal kedatangan lengkap dengan baju kantornya, ini pasti abang takut aku di culik, ya, bang ? hew. 

Setelah dari bandara, aku langsung di anter calon suamiku ke penginapan yang deket sama kontrakannya, biar dia ga susah kalo mau jemput aku pagi-pagi. Sepanjang perjalanan disuguhi suasana kota ini di malam hari, sambil ngobrol dan nanya kanan kiri, ini gedung apa ? kantormu yang mana ? haha. 

nyampe penginapan, aku bersih-bersih, misahin pempek, dan dia kembali ke kontrakannya. Kebetulan semua pempek yang aku bawa ini udah ada tuannya, jadi karna takut basi harus di distribusikan hari ini juga. Aku dan calon suami janjian ketemu sama mantan adik kelas kami di Universitas, Yudha, yang kebetulan sekantor sama calon suamiku.

Kelar bersih-bersih, aku di jemput lagi untuk makan malam ditempat yang udah dijanjikan sama si Yudha. Calon suamiku milih restoran Arema seafood dan Resto yang katanya punya menu Sayap bebek bakar dengan ukuran super gede.

maaf resolusi jelek. Tetep deh, cami gue pesennya kangkung lagi kangkung lagi.

Dibilang enak sebenernya standar, bentukan sayap bebeknya emang jumbo banget. Ga kebayang segede apa badan si bebek. Setelah kenyang dan puas mengobrol, saatnya pulang dan estirahot supaya besok bisa yalan yalan dari fagi. yihaa !

Day 2 - Sabtu, 11 April 2015
rise and shine !
Sholat subuh, mandi dan sarapan aku siap diajak keliling kota. kemana kita pertama, bang ?

09.00 WIB
Kuil Fathin / Fathin San Bukit Betung - Sungai Liat
Stop pertama kami adalah kuil yang berada di atas bukit. Pake jilbab kok mainnya kesini ? simple sih, karena aku memegang teguh semboyan bangsaku yang makin lama makin tergerus dan sangat memprihatinkan, Bhinekka Tunggal Ika.

Tujuan dateng ke Fathin san ini adalah pengen banget melihat pulau bangka dari dataran tinggi, jadi dari atas sini kita bisa lihat pantai yang mengelilingi pulau ini, kanmaennn !

Untuk memasuki areal kuil ini, setiap pengunjung dikenakan biaya Rp.5.000,- per orang. Karena lokasinya emang beneran di atas bukit, jadi untuk sampai kesini kita harus melewati jalan zig zag menanjak yang kayanya lebih dari 45 derajat.



Kuilnya berada tepat di depan parkiran, kalo mau sampe atas bukit harus naik tangga lagi. belum apa- apa aku udah engap. Sebelum naik tangga, kita harus melewati kolam yang ikannya jinak banget, liat orang dikit langsung nyamperin, di kira mau ngasih makan, padahal aku bawa wajan !


oke, mari kita naik ke atas !

belum apa-apa udah kecapean. btw, biar apa foto sama ikan, mba ?

Hamdalah, walau cape, dan hampir pingsan karna keabisan tenaga  ga sarapan dan abis nelpon teteh di rumah sambil tereak dan ngakak  akhirnya sampe juga di atas. dan wow !



dari atas sini, kita bisa liat hamparan hijau pepohonan dan pantai yang mengelilingi pulau ini, maha karya tuhan !


udara dia atas sini khas pegunungan banget, sejuk dan banyak nyamuk, hihi. Saranku, kalo mau kesini jangan waktu hari besar agama atau saat lagi waktu peribadatan, yah. takut mengganggu.

12.30 WIB
Yank, aku laper, cari tempat makan, yok !

kelar liat pemandangan di atas, marilah kita nggelinding nurunin bukit buat cari makan. Masih di sungai liat, kami cari idaman segala perut, apalagi kalo bukan nasi padang. Menuju ke pantai, kami cari restoran padang seketemunya aja, alhamdulillah restoran ini menyediakan menu favoritku, daging cincang, huray !

dan nikmat mana lagi yang akan kau dustakan ?

they serve the best nasi cincang padang i've ever eaten ! lejaaaat banget. Sebelnya, aku lagi sakit gigi, jadi gak maksimal mamamnya. Orang kalo mau piknik bawa bekal es krim, lah kite bawa bekal bodrex, hih !

13.00 WIB
Pantai Parai - Sungai Liat
Perut kenyang, hati senang ! tujuan selanjutnya sudah pasti pantai yang udah sering aku denger namanya, Pantai Parai. Belum masuk area pantai, aku udah "wow,subhanallah..masya Allah..gilaaaa biru banget !". Beneran cantik banget, kalo di bandingin sama kondisi Bali yang sekarang, ini mungkin 3x lipat lebih bagus ! Tapi ya tetep ya, kecantikan pantainya bergantung sama kondisi pasang surut air laut dan juga sudah pasti komitmen penduduk sekitar untuk menjaga alamnya. Wajar aja, ada seorang temenku yang dikit-dikit maen ke bangka, dikit-dikit ke parai, liburan pasti ke bangka, pasti nginep ke parai, ternyata emang ciamik pisaaan ! *sungkem Rebby*

Hampir semua pantai yang aku datengin di bangka menarik biaya pada para pengunjung, ini cara yang baik menurutku. Dengan begitu mereka bisa menjaga pantainya dengan membayar petugas penjaga pantai supaya pantainya selalu bersih dari sampah, dan ini terbukti manjur ! top markotop !

Pantai Parai ini di kelola oleh Parai beach resort & Spa. Jadi kalo mau masuk kepantainya harus melalui hotel ini. Biaya masuk tiap orangnya Rp.25.000,-, untuk keindahan pantai yang begini sih harga segini mayan murah, ya.







warbyasakkk !
Parai beach resort menyediakan villa di pinggir pantai, top banget buat yang mau bulan madu. nanti kita coba ya, calon swamik ;D Mau berapa lama juga ga akan bosen disini, aku berharap banget pulau bangka ini ga terlalu di expose seperti Bali. kesian, sayang banget kalo jadi seperti itu. Sejujurnya, pengen banget nyebur ke air biru ini, kebetulan ga begitu banyak pengunjung yang dateng, tapi ga bawa baju ganti pula. Apalagi cuaca siang ini terik banget, bisa-bisa bukan disangka putri duyung, akik malah disangka dugong nyasar.

15.00 WIB
Marina Bay - Sungai Liat
Masih di Parai beach resort & Spa, jadi tepat disampingnya ada pantai lain yang disebut Marina bay. Lokasinya tepat di belakang Villa dengan Private Pool nya Parai beach resort and spa. Ga beda jauh sama Pantai parai, Marina Bay ini juga ga kalah kece.














paspamis (pasukan pengaman istrik)

and these are the behind the scenes of all the pictures above, captured by fiance and edited by me.






Walupun view itu-itu aja yang di tangkep, berapa kalipun ga akan bosen-bosen ! terbukti memory card penuh sama foto yang bentukannya sama aja. Setelah puas, aku dan calon suami cari mushola untuk sholat ashar, sayangnya musholanya agak *ehm* jadi kami milih untuk cari mushola lain di perjalanan pulang aja.

Sampe diparkiran kami disamperin sama bapak-bapak ramah yang baik banget, beliau bilang, "adek udah nuker tiket masuk pantainya sama minuman belum ? tuker aja, sayang dek, panas-panas gini kan lumayan". Ternyata calon suamiku juga ga tau tentang ini, horaaaay ! Hidup gratisan !

kelar mantai disini, aku dianter ke pantai berikutnya.
kemana kah ?
ikutan yaaaa post selanjutnya.

LAFF,
Mitha

You Might Also Like

2 komentar

  1. Bangka mmg keren, apalagi Di ulas dengan gaya yg rada Kocak gini, jadi se makin menarik :)

    ReplyDelete