Prewedding Skin Treatment : cuci muka pake oat meal, yuk..

terakhir cerita tentang perintilan persiapan nikahan kapan sih ? mau cerita ah.. jadi sudah 58 hari ini, aku mengistirahatkan muka den...


terakhir cerita tentang perintilan persiapan nikahan kapan sih ?
mau cerita ah..
jadi sudah 58 hari ini, aku mengistirahatkan muka dengan tidak menggunakan sabun cuci muka yang biasa aku pake.

Terus pake apa ?

Pake 100% Oat.


alasan pake Oat?
awalnya karena aku pengen mengistirahatkan muka ku dengan sedikit mengurangi penggunaan bahan kimia buatan. Selain itu, well..karena udah kena racun mbak-mbak dunia maya yang bilang kalo hamil bahaya banget penggunaan kosmetik yang berpengawet seperti paraben dan koloninya. Jadilah si calon manten ini ikutan takut juga. tapi coba baca deh artikel tentang paraben ini, bagus banget. Jujur aja, informasi yang di dapat dari internet ini terlalu simpang siur, malah jadi bingung. Padahal jaman tahun 90-an dulu, ketika internet belum gampang di akses, sih, para ibu hamil santai aja pake makeup setiap hari. duh...

kemudian aku liat video beauty skin remedy di youtube, si mbaknyah ini bermasalah dengan kulit muka akibat alergi parah pada kulitnya yang super sensitif. oat meal ini jadi salah satu cara untuk menyembuhkan kulit dari alergi parah tersebut, karena sangat alami tanpa bahan kimia, dan juga ga akan menyebabkan efek samping yang bikin kulit jadinya tambah bermasalah seperti iritasi. cucok binggo sama kulit muka kika yang sok manja, hih.
sebenarnya aku udah mulai pake oat sebagai pencuci muka itu tahun lalu, tapi ga telaten dan masih di barengin sama sabun muka. jadi hasilnya ga keliatan banget, cuma jujur emang cerah sih. karna tahun ini mau menikah dan mau segera hamil setelahnya, jadi aku coba untuk kembali lagi ke bahan alami ini sebagai pencuci muka. Awalnya aku men-challenge diri sendiri dengan menggunakan oat sebagai pencuci muka selama 7 hari penuh, etapi, malah keterusan.

“Ada empat alasan mengapa kulit Anda memuja oatmeal," Dr. Amy Wechsler, Dermatologis asal New York, AS.
1. Melawan kekeringan: Oatmeals mengandung polisakarida, yang menjadi agar-agar dalam air dan meninggalkan lapisan pelindung baik pada kulit, mencegah kulit kusam, kering serta bersisik.
2. "Moisturizing": Oatmeal kaya akan lemak sehat yang dapat melembabkan kulit
3. Pertahanan kulit: Protein dalam oatmeal membantu menjaga penghalang alami kulit berfungsi, yang menjamin bahwa kulit mati dan kotoran yang berasal dari luar tidak masuk ke dalam sedangkan yang dibutuhkan tetap meresap ke dalam.
4. Membersihkan pori-pori: Oatmeals dipenuhi dengan pembersih alami (disebut saponin) yang lembut menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori.

Kondisi kulit sebelum pake oat
kulitku ini berwarna sawo matang, dan labil -_- kenapa kok labil ? kalo sehari-hari maen layangan di luar suka kusem gitu. selain itu rentan jerawatan. Rasa-rasanya kulitku ini ga terlalu sehat , karena teksture kulit mukaku yang ga begitu halus dan kalo ngaca tuh ga seger aja gitu liatnya.

reaksi kulit terhadap pemakaian oat
Hari pertama Kulitku sudah memberikan reaksi sejak awal pertama pemakaian, syuper lembut dan kenyal.
Hari kedua dan seterusnya, kulit mulai terlihat lebih cerah dan segar (bukan putih yaaa).
Hari ketiga dan seterusnya, jerawat gampang kering, selain itu jerawat batu kecil-kecil gampang lepas sendiri tanpa perlu di potek. senengnyaaaa :')
Hari selanjutnya , muka ku ga gampang jerawatan ―  kecuali saat akan menstruasi  walaupun pake makeup merk apa aja *brb belanja lenongan*

kondisi kulit mukaku saat ini
Setelah hampir 2 bulan pake oat sebagai pencuci muka, jujur aku merasa kulit mukaku jauuhhh lebih sehat dan ga kusam. selain itu dibarengin dengan banyak minum air putih membuat kulit ga kekurangan cairan dan kering sehingga berasa makin segar. Jangan berharap lebih ketika pake oat muka terbebas dari jerawat, tapi emang ketika lagi berjerawat, jerawatnya gampang ngelopek, dan kalo ada milia gitu gampang kering, disamping itu bekas jerawat juga lambat laun memudar. Oat ini berfungsi juga sebagai Moisturizer loh, kulit jadi lembab dan terhidrasi dengan baik. Walaupun mukaku cenderung berminyak di T-Zone tapi dengan oat ini ga nyembur-nyembur amat. butiran oat yang cukup kasar berfungsi juga sebagai scrub bmembuat kulit bersih dan seger banget. Kulit muka ku ini gampang banget bereaksi, cocok atau engganya kulitku sama suatu produk akan langsung berasa saat pemakaian pertama. Kalo berasa udah ga nyaman, ya udah deh..besoknya mukaku pasti bermasalah. Ketika pake oat, alhamdulillah nyaman dan memberikan efek menenangkan dan mengencangkan kulit. Itu lah kenapa aku pakr oat sebagai salah satu persiapan pernikahanku, karena aku akhir-akhir ini suka males pake krim malam tapi mukaku tetep ga kusam dan segar. Cocok banget digunakan waktu hamil nanti, secara muka akan puasa dari skin care selama 9 bulan (kalo emang ga nemu skin care yg cocok utk ibu hamil,  hehe)

cara pemakaian
seperti pencuci muka biasa, langkah-langkah cuci muka pake oatmeal sebenernya gampang, loh. berikut aku jelaskan yaaa..Pertama, pastikan tangan kamu bersih terlebih dahulu, cuci tangan sebelum memegang oat agar bakteri ataupun kotoran yang menempel di tanganmu ga menempel di oat nya. Kedua, letakkan oat di telapak tangan secukupnya (kira-kira 1 sendok makan), lalu genggam tanganmu, kucurkan air melalui lobang tangan bagian atas (jempol dan telunjuk) secukupnya, lalu buka telapak tangan dan pastikan seluruh bagian oat telah basah, bila belum basah merata, percikkan sedikit air dan aduk sebentar menggunakan tangan. terakhir, peras oat, tampung air perasannya di telapak tangan lalu basuhkan ke mukamu. kemudian gosokkan oat keseluruh bagian muka seperti cuci muka biasa. tunggu sekitar 3 menit lalu bilas. Aku biasanya mencuci muka saat awal mandi dan dibilas setelah bersabun dan sikat gigi, supaya sari oatnya lebih menyerap ke dalam kulit.


Oat yang aku rekomendasikan
 
1. Oat meal instan Value Plus (IDR 7K)
value plus ini selain harga nya murah, butirannya juga halus. Jadi ga perlu khawatir muka perih karna butiran oat yang kasar.  ini adalah merk oat yang paling aku suka dan aku rekomendasikan. Harganya juga terjangkau banget, untuk ukuran kecil sekitar 7 ribuan aja, manteman. Aku biasanya beli di Food Mart, Palembang Icon atau bisa juga kamu cari di Hypermart.


2. Quaker Oatmeal warna merah (IDR 9K)
dibanding Value plus, Quaker merah memang sedikit lebih mahal dan butirannya sedikit lebih kasar. Tapi masih enak buat di pake kok. oya, jangan pake Quaker yang biru yaaa..butirannya kasar banget dan rada tajem, mukamu bisa-bisa baret :(


Komparasi penggunaan oat meal dan sabun pencuci muka
ini sebenernya tergantung masing-masing orang yaaa..buat ku pribadi sih, 200 gram oat bisa dipake untuk waktu kurang lebih 2 minggu dengan frekuensi cuci muka yang ga tentu, kalo hari libur bisa tiap wudhu cuci muka sedangkan kalo hari kerja paling saat wudhu sholat subuh sekalian mandi pagi, mandi sore sehabis pulang kerja dan ketika mau tidur, jadi untuk 1 bulan kira-kira aku menghabiskan 2 bungkus oat, btw itu juga karna kakakku suka minta juga loh, jadi biaya pencuci muka yang dikeluarkan sekitar 14-15ribuan. mursinahhh bukaaaan ? sedangkan kalo sabun cuci muka yang biasa aku pake adalah IDR48K untuk ponds flawless white dan sekitar IDR300K untuk Moisture white shiso foaming facial wash -Nya The body shop.

tips menggunakan oatmeal :

  1. beli yang kecil aja..yang gede susah makenya dan harus diwadahin pake wadah khusus.
  2. gunakan oat yang butirannya halus.
  3. sabar, ini paling susyaaah..ga ada hasil yang instan. inget, yang instan biasanya mengandung bahan kimia yang keterlaluan banyaknya.
  4. Setelah menggunakan make up yang tebal, ada baiknya sebelum cuci muka pake oat, muka dibersihin dulu pake cleansing milk dan penyegar yang cocok dengan kulitmu, hal ini berguna untuk memastikan bahwa mukamu benar-benar bersih dari makeup yang menempel.
  5. telaten pakenya, emang pada awalnya susah..tapi lama-lama kalo udah terbiasa bakalan mudah kok jadi pakenya jangan setengah-setengah yaaa..

pemakaian oat meal selain jadi pencuci muka
masker
Masker bikinan rumah dengan bahan dasar oat sudah terkenal banget untuk menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan kulit..kalian bisa coba sendiri bila ada waktu senggang, caranya gampang banget :
-. 3 sendok makan oat
-. 1 sendok teh madu atau virgin olive oil
-. air secukupnya (hingga tercampur rata seperti pasta)
cara pakai :
baurkan keseluruh muka, tunggu hingga 10-15 menit. lalu bilas dengan air.

Scrub tubuh
-. 1/2 gelas oat
-. 3 sendok makan madu
-. 3 sendok makan virgin olive oil
-. aduk rata hingga seperti pasta
cara pakai :
balurkan keseluruh tubuh dengan gerakan memijit, cara ini berguna untuk menghilangkan sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah.


***


btw, beberapa tahun yang lalu aku pernah facial di salah satu salon muslimah bareng adek kelasku, Wenny. Waktu itu di masker pake sesuatu yang baunya familiar tapi aku lupa, aku tanyalah sama mbak nya "ini maskernya pake apa ya mba ?", mbanya jawab sambil nyolot "mba ga tau yaaa ini biji gandum sama olive oil" ih, jitak ya! 

ternyata setelah bertahun-tahun berlalu, saku baru paham jangan2 mbaknya maskerin aku cuma pake OATMEAL tapi biar rada kece dibilang Biji gandum (lah bedanya apa ? situ aja yang telat paham).  tapi emang sih, aku mikirnya ini salon kok keren amat, pake acara giles giles gandum segala cuma buat dibikin masker, dudulz to the max.

see, terbukti kan, ternyata ga hanya buat dimakan sehari-hari, salon-salon terkemuka pun menggunakan oat sebagai bahan dasar masker mereka.

supaya menghemat waktu dan uang, pake sendiri aja dirumah ;) kalo laper yaaa bisa sekalian di makan, hewhew.

LAFF,
Mitz

--------------------

Update :
melihat banyaknya pertanyaan dari teman-teman, disini aku mau menegaskan bahwa apa yang aku tulis disini adalah berdasarkan pengalaman pribadiku ketika menggunakan oat sebagai pencuci muka.  Jadi mohon maaf banget aku ga bisa menjawab pertanyaan menyangkut kulit teman-teman karna memang kondisi kulit setiap orang itu berbeda :) 

You Might Also Like

64 komentar

  1. Dear mb,
    Thx for the posting
    Aku juga lagi nyobain oatmeal buat masker, secara aejak diserang negara api berabad2 yang lalu, ni muka da full sm jerawat dan bruntusan, efekny gimana sih, jerawatny kayak keluar gitu ya, mohon pencerahannya, btw mb sebelumny bruntusan juga ga sih,,,
    Maaci y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, terima kasih udah berkunjung..
      masalah di mukaku itu jerawat batu kecil2 gitu dan numpuk di daerah tertentu, seperti daerah pipi dan jidat.
      pas pake oat ini size jerawatnya tetep seperti itu mba, ngga mateng jadi jerawat gede. Tapi dengan sendirinya kering dan isinya lepas juga dengan sendirinya. belibet yaaa aku ngomongnya hihihi.

      Delete
    2. Biasa kalo sehari brapa kali pake oat wash nya kak?

      Delete
  2. Mba,,, kira2 ada efek sampingx g y,, soalx muka sy br2 j jerawatan yg gede gt trus bernanah,,,,mn ninggalin bekas hitam gt,,, kira2 bisa hilang g y klo pake oatmeal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumber tentang penjelasan Oats VS gandum:
      http://www.tipsbayi.com/perbedaan-oat-haver-dengan-gandum-wheat.html

      Delete
    2. setuju saya sama di atas, sembari maskeran oats dan baca ini jadi pengen coba oat sebagai pengganti sabun cuci muka, soalnya beneran enak deh maskeran pake oats.

      Delete
  3. Mbak mau tanya kalo misalnya pake oats ini apa perlu pake mosturizer lagi? Soalnya muka aku berminyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya ga pake moisturizer lagi, selain karna emang males, rasanya udah cukup kelembabannya pake oats aja

      Delete
  4. Iy..saya..pke oatmeal jg..alhamdulilh..jetat..kecil2 ny berkurg...muka sya nie normal sensitif..sush..cri poduk yg cocok..wat wajh sy ni...suukur deh..pke oatmill

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, justru yang alami2 gini lebih manjur dibanding produk mahal yang banyak mengandung bahan kimia :)

      Delete
  5. Mba bener2 pure pakai oat aja?
    Kalau cuci mukanya kadang pakai facial foam, akan berdampak negatif ga ya kira-kira? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu persiapan pernikahan, iya mba saya pake oat aja. tapi setelah menikah, diselang-seling..pagi bangun tidur dan mau tidur pake oat, tapi setelah bepergian make sabun cuci muka (kadang setelahnya aku cuci lagi pake oat). sejauh ini ga ada masalah mba, kan oat bahan alami..tapi kembali lagi, kondisi kulit tiap orang beda-beda..

      Delete
  6. Kan katanya kalo uda cuci muka pake oat gapake moisturizer lg trs pake apa dong pake bedak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake mosture white shiso bb serum mba. udah ada pelembabnya soalnya. tapi sekarang sih aku udah mulai pake pelembab viva yang green tea. Enak dan cocok buat kulitku yang sensitif.

      Delete
  7. Muka ku bnyk komedo putih hampir diseluruh muka, pake oat kira2 hilang gak ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya juga kurang tau mba, saya pernah pny komedo sedikit di daerah pipi, kering sih mba pake oat dipakein rutin. tapi tetep kondisi tiap orang berbeda.

      Delete
  8. Sukaa bgt sama oat ne gra2 keracunan blogx mba jd pindh ht k oat.n hsilx...woww mank lbh halus ya,jerawat yg bandel jg cpt kring. nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang oat ini nyata banget hasilnya dan murah lagi..btw terima kasih ya mba :)

      Delete
  9. Mbak, kan idung saya banyak komedonya nih sampe item item gitu
    Bisa ga pake oats?

    ReplyDelete
  10. Mbak, kan idung saya banyak komedonya nih sampe item item gitu
    Bisa ga pake oats?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, maaf baru baca komennya. dicoba aja dulu mba pake oat nya, atau biar lebih enak dibantu dengan sikat lembut seperti sikat gigi bayi, insya Allah ilang komedonya.

      Delete
  11. Halo mbak, sebaiknya bilas masker oat langsung pake air dingin atau air hangat dulu baru air dingin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga bisa jawab lebih baik yg mana antara kedua itu, tapi berdasarkan pengalaman pribadi sih saya pake air dgn suhu ruang aja utk membersihkan oatnya.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Tadi sebelom magrib sempet nyoba maskeran pake oat rasanya dimuka jadi dingin terus pas dibilas langsung keliatan gitu hasilnya, mukaku jadi lembab gitu. Kira kira kalo buat masker cocok cocoknya berapa hari sekali kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Amelia,
      iya..maskeran atau cuci muka pake oat emang ngefek banget sejak pemakaian pertama. Untuk masalah cocok itu tergantung bagaimana reaksi kulit masing-masing orang yah. Kalo aku, sekarang sih pakenya ga tentu. kadang setiap hari, kadang selang seling, kadang juga 2 hari sekali. Karena dia alami jadi ga ada efek negatif sama kulitku alhamdulillah dan pake sesering apapun ga masalah, efeknya ya mukaku makin lembab aja 😊

      Delete
  14. Mau coba ahh
    Thanksss ya
    Aku wajahnya kusam berjerawat
    Segala macem dipake rutin tapi ga mempan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja, mba :)
      semoga berhasil yaaa..

      Delete
    2. Mbak aku udh nyoba tapi jerawat aku malah muncul di pipi tapi dia nggk bernanah cuman bentol dan bentol nya itu merah merah gitu trus aku kira dia mau ngeluarin semua kotoran dimuka aku eh ternyata malah semakin bertambah tapi aku tetap percaya bisa ilang dan aku tetap make masker nya lama kelamaan udh ilang sih tapi malah membekas itam gitu aku jdi bingung mau nerusin apa nggk
      Menurut mbak itu cocok nggk buat aku atau nggk
      Bantu jwb ya mbak:(

      Delete
    3. mba saya ga bisa jawab dan ga bisa kasih rekomendasi apa2 karna masalah kulit bukan bidang saya 🙏🏻 bisa jadi purging tapi bisa juga breakout, tapi menurut saya sebagai orang awam kalo iritasi ada baiknya stop aja, karna cocok atau tidaknya di kulit tiap orang itu beda2

      Delete
  15. Assalamu'alaikum mbak,apa ny bsa ntk muka iritasi gk ya? Soal.a muka sy iritasi.a parah smpe kering bngt,mngkn krn kbnykn pke produk,tp bbrp hr ny dh sy istrhatkb n cuci muka.a ha.a pke air jja tnpa sbun tau yg lain.a,tpi tto jja muka.a kusam,pa oat ny bsa dpke kpn jja th mbak? Mksd sy bsa dpke sbgai pmbersih muka plus masker jg th mbak????

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum mbak,apa ny bsa ntk muka iritasi gk ya? Soal.a muka sy iritasi.a parah smpe kering bngt,mngkn krn kbnykn pke produk,tp bbrp hr ny dh sy istrhatkb n cuci muka.a ha.a pke air jja tnpa sbun tau yg lain.a,tpi tto jja muka.a kusam,pa oat ny bsa dpke kpn jja th mbak? Mksd sy bsa dpke sbgai pmbersih muka plus masker jg th mbak????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, kasus mba sepertinya sama dengan video yang aku share di atas, coba mba buka link ini : https://www.youtube.com/watch?v=7e5_RVBwNjE&hl=id&gl=ID
      Insya Allah bisa buat iritasi parah mba..

      Delete
  17. Assalamu'alaikum mba. Aku juga lagi cari-cari treatment alami buat prewedding nih, soalnya mukaku kering banget. Mau ah coba ini. :) Mau tanya sekalian dong mb. Kalo untuk perawatan badan (sabun dan lulur) untuk kulit sensitif bagusnya apa ya? Makasih mb. ^^ -Nova

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mba Nova..
      untuk perawatan badan aku pake sabun yang sehari2 aku pake aja mba, Dove Deeply nourishing.. kalo untuk lulur pernah aku bahas juga disini sebelumnya, aku suka banget pake lulur Vienna yang variant avocado milk, enak banget dipakenya, gampang di aplikasiin dan gampang juga di gosoknya. Ga bikin kulit merah karna terlalu keras butirannya :)

      Delete
    2. Wah, samaan kita ternyata mba. Aku juga biasanya pake Dove Deeply Nourishing. Awalnya bagus, tapi lama-lama aku merasa kulit jadi kering. Trus aku ganti pake Dove beauty bar, tapi kulitku jadi gatel-gatel. T_T Mungkin harus balik lagi ke Dove Deeply Nourishing lagi ya dan cari lotion yang cocok. ^^; Ooh, Vienna ya mb. Patut dicoba tuh kayanya. Makasih ya mb infonya. :) -Nova

      Delete
  18. Mba aku baru mau coba pakai oat nih, itu pakainya sehari sekali atau boleh 2-3 kali ya? Makasih ^^

    ReplyDelete
  19. oatmeal utk wajh ganti kulit bisa ga sis . Saat ini wajah sy sedang ganti kulit jd merasa kurang percay diri. Atau sis punya solusi nya.. makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tau mba.. ganti kulit karna apa mba ? Kalo saya kalo kulit lagi kering banget pake kangen water sama masker pake kefir mba

      Delete
  20. Hai, aku juga suka pakai oats, baunya calming banget >_<. Kl aku diblender dulu biar jadi butiran kecil halus biar ga kotor kalo di dibilas. Cuman anehnya kok kalo buat masker agak gatel udahnya, jadi lbh suka buat cuci muka ajah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mba, aku lebih suka dipake sebagai cuci muka..

      Delete
  21. Mba kan ada yg susah bgt ngebersihinya dn ngerasa kurang bersih kalo pake air aja jd abs itu ttp pake sebamed facial foam aku..gpp tu mba? Mengurangi fungsinya gaa..tp lbh enak sig muka dgn oat ketimbang cuci muka biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, aku skrg jd suka pake facial foam dulu apalagi kalo abis dari pake makeup. Kecuali kalo dirumah aja baru cuci muka cuma pake oat

      Delete
  22. Boleh aq coba ya mba..
    Mudah"an ccok ya..
    Coz na kulit aq super zuper senstif😁

    ReplyDelete
  23. Wah aku jerawatan uda bertahun2 semoga cocok pake oat ini. Blognya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin semoga cocok :) terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
  24. Mbak, klo untuk jerawat bruntusan biar cepet ngefek baiknya oat dipake buat masker/cuci muka ya? Mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, maaf baru baca komennya.. wah maaf saya kurang tau mba, di coba aja keduanya ya :)

      Delete
  25. assalamualaikum, mbba aku mau nanya, kulit ku berminyak dan jerawat gampang muncul, aku coba produk cuci muka tuh ga ada yang cocok, kalau aku pake oat bisa ga ya, apakah mbba kulitnya berminyak juga ?

    ReplyDelete
  26. assalamualaikum, mbba aku mau nanya, kulit ku berminyak dan jerawat gampang muncul, aku coba produk cuci muka tuh ga ada yang cocok, kalau aku pake oat bisa ga ya, apakah mbba kulitnya berminyak juga ?

    ReplyDelete
  27. Aslmkm mb... Happy bgt nemu blog mb.. Brmanfaat sklii.. Plgi sprtiny tinggal di plembang y mb.. Hhe.. Sehat sallu y mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mba Deta..
      makasih yaaa udah berkunjung 😊 Aamiin..semoga mba dan keluarga juga sehat selalu

      Delete
  28. Maaf mba mau tanya, kalo kulit aku bruntusan gitu, agak banyak di dahi, bisa gak ya pake masker oat gitu? Kalo pake masker seminggu berapa kali ya mbaa. Makasii

    ReplyDelete
  29. hy mbak,
    saya mau tanya,
    apa ada efek samping kalau pake ini, karena saya sudah pakai 3 hari,
    tapi muka saya jadi merah saya, terus gatel2, jadinya kasar gitu,
    mohon pencerahan ya mbak,
    makasih mbak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba, bisa jadi itu purging.. tapi kalo udah lebih dari 3 hari mungkin kulit mba ga cocok pake oat sebagai pembersih. Ada baiknya dihentikan aja 😊

      Delete
  30. assalamualaikum mba, saya ingin bertanya, jika saya memakai masker dari bahan oat setiap hari sebelum tidur apa tidak apa apa? Terima kasih

    ReplyDelete
  31. Kak klo dipake buat pencuci muka jangka panjang gimana aman kan?
    Klo kakak pakenya sehari 2x pagi-malem gitu ya?

    Soalnya aku abis lepas krim.dokter terus jadi gatel kering ngelupas merah2 kasar banget kek aspal gitu, trus kemarin nyoba buat masker oatmeal+madu+susu langsung enak kulitnya g terlalu kasar dan g perih lagi jadi pengen cuci muka pake oat meal terus aja gitu

    ReplyDelete
  32. Aku juga pernah ka facial di salon muslimah, ngambil paket yang serba alami gitu emang di maskerscrub pakek oatmeal tapi dia bilang biji gandum. Wkwkwk mungkin biar lebih keren ya

    ReplyDelete
  33. Aku juga pernah ka facial di salon muslimah, ngambil paket yang serba alami gitu emang di maskerscrub pakek oatmeal tapi dia bilang biji gandum. Wkwkwk mungkin biar lebih keren ya

    ReplyDelete
  34. Jerawat aku banyak ada yg bernanah juga tpi di daerah trntu sprti di pipi kiri dan kanan tpi penuh bgt. Kira" bisa hilang gak ya?

    ReplyDelete