Wisata Sejarah : Museum Songket (Zainal Songket) Palembang

I'm deeply in love with Songket Palembang, like crazy. Bukan hanya karna saya ini, gades plembang yang lahir dan besak di plembang  ...


I'm deeply in love with Songket Palembang, like crazy.
Bukan hanya karna saya ini, gades plembang yang lahir dan besak di plembang aja, tapi karna songket palembang adalah sebuah mahakarya besar hadiah dari leluhur yang mesti banget dijaga. Baru-baru ini songket Palembang di usulin jadi salah satu warisan dunia ke Unesco. syuper kewreeen !

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan nemenin Professor Ibu saya yang sangat tertarik dengan budaya dan segala hal tentang Palembang. Jadi saya dan Ibu sengaja meluangkan waktu sehari penuh untuk nemenin sang Professor - beserta anak dan istrinya - mencicipi beberapa makanan khas Palembang dan mengunjungi beberapa tempat yang punya nilai sejarah di Palembang seperti Masjid Agung Palembang dan Museum Balaputra Dewa. believe it or not, saya belum pernah numpang sholat di mesjid Agung -_- selain karna emang ga pernah sengaja pengen sholat disana (jauh dari rumah, cing !) tapi juga setiap ke pusat kota ga pernah cocokan sama waktu sholat (udah sholat dirumah, atau belum adzan utk yang selanjutnya). Jadi ketika masuk gedung masjid huaaaaa katro banget sayaaaah ! segala pengen diliat kaya balita ! Sedangkan waktu di Museum Balaputra dewa, giliran Ibu yang rada katro, seumur-umur belum pernah maen kesana, ibu maenannya emol terus sih hahaha. *digetok mamake*

Bukan cuma itu, kami juga mengunjungi tempat pengrajin Songket yang udah terkenal seantero jagad, Zaenal Songket Palembang. Songketnya om Zaenal ini udah di pake sama Miss Universe dan Laura Bush, loh. Ga cuma ada galeri tapi di Zaenal songket ini kita bisa liat proses pembuatan songket Palembang secara langsung dan juga ada museum tempat penyimpanan songket-songket yang telah berusia ratusan tahun.

Masuk keareal museum, mata kita disuguhkan berbagai macam benda peninggalan orang palembang tempo dulu, Tempat tidur dengan seprai songket, meja rias dengan taplak songket, semua serba songket.

258 Tahun dan masih bagus, bayangin gimana cara orang dulu bikinnya..
Ada banyak tipe songket berumur ratusan tahun yang di pamerkan, ada kayu penyekat ruangan juga, begonya saya, bawa kamera tapi memorinya masih kecolok di laptop T.T mood foto langsung drop seketika, jadilah saya foto seadanya pake kamera Hp.

Meja makan taplaknya dari songket juga
jadi di museum ini ada satu ruangan yang di desain menyerupai rumah orang palembang jaman dulu beserta kamar tidurnya. cantik dan vintage.


Masuk ke ruangan terakhir, dekorasinya udah beda. Udah mirip galeri butik tapi yang ditampilin barang kuno semua. disini saya tau bahwa ternyata songket palembang itu ada nama-namanya dengan motif dan corak yang berbeda.


cindo niaaaan..
semakin kesini semakin terlihat ciri khas dari unsur budaya Palembang itu adalah identik dengan warna emas dan merah. elegan dan sangat menawan.

Turun ke lantai bawah, kita bisa liat para pengrajin songket sedang bekerja sambil ketawa ketiwi dan ada juga yang sambil nyanyi dangdut. Mereka menikmati banget. Saya sempet bingung, ini mbak dan mas nya apa ga takut salah masukin benang yaa,,padahal kan butuh konsentrasi tinggi banget. Tapi yaaa karna mereka udah biasa, jadi kesalahan bisa diminimalisir.

Sebelum bikin songket untuk di pasarkan, mbak dan mas nyah ini dikursusin pembuatan songket dulu sama om Zaenal, lama waktu kursus sekitar 1-2 tahun. Sama kaya mau ambil master of injinering :D

Saya sempet nanya, pernah salah ga masukin benang, mbaknya ? kata mereka pernah, dan kalo salah harus dibongkar..bongkar..bongkar..ampun apa daya kalo daku yang ngerjain, bisa-bisa sudah daku buang semua benang-benang itu ke aliran sungai musi beserta dengan diriku (bunuh diri ceritanye..) positif kusut, jangankan benang..otak juga ikutan kusut.

eh ada pemain AC milan nenun songket.
Lama pembuatan 1 songket memakan waktu 3 bulan dengan harga jual rata-rata 8 Juta rupiah per songket, kalo mau yg mahal lagi ? Ada..banyak ! Beda kalo songket yang dibikin dengan mesin, harganya jauh lebih murah dan proses pembuatan relatif singkat, tapi yaaa hasilnya ga sebagus buatan tangan. 8 juta untuk 3 bulan dan belum lagi untuk biaya bahan-bahannya menurutku itu udah tergolong murah.

jadi nyesel waktu itu protes sama ibu ketika ibu membelikanku beberapa set songket, dulunya saya pikir ngapain buang-buang uang untuk beli 1 set songket yang harganya bisa seharga motor. Gades plembang yo harus punyo songket lah..kalo bukan kita yang melestarikan dan menjaga, siapa lagi ? Sekarang saya bangga, diusia saya yang segini udah punya beberapa set songket, paling engga untuk acara seperti acara pertunangan kemarin, saya ga perlu minjem sana-sini. Terima kasih banyak Ibuku sayang.

Btw, kalo saya yang bikin 1 set songket, bisa-bisa saya hargein ratusan juta per songket, kan perjuangan banget bikinnya, capek pasti..yekali barangnye bakalan jadi,,

Puas melihat museum songket, kami masuk ke areal galeri. Cantik-cantik niann ya robbi..Jangankan Ibu Professor, ibu saya aja akhirnya kalap ikutan belanja, hihihi.

Semakin bangga akan kekayaan budaya bumi Sriwijaya, buat temen-temen semua, Jangan pernah ragu untuk dateng ke Palembang, buat saya yang warga Palembang aja masih banyak banget objek wisata sejarah yang belum kelar didatengin di palembang dan akan segera di khatamkan insya Allah hehe.

Sampai jumpa dipalembang,
Mitha Hendri

You Might Also Like

0 komentar