Nikmatnya sholat subuh tepat waktu

coba deh tonton video dibawah ini, insya Allah yang subuhnya ga tepat waktu bakalan ngerasa njleb, hehe. buat calon imam rumah tangga d...


coba deh tonton video dibawah ini, insya Allah yang subuhnya ga tepat waktu bakalan ngerasa njleb, hehe. buat calon imam rumah tangga dan calon Ibunya anak-anak wajib deh nonton ya,mbak dan mas..




Banyak sekali keutamaan sholat subuh, dan golongan manusia munafik akan sulit melaksanakan sholat subuh tepat waktu, ga mau kan di cap sebagai manusia yang munafik ? apalagi yang memberi label adalah Tuhan yang memiliki hidup. Nauzubillahiminzalik. seperti yang tertulis pada HR. Al-Bukhari no. 657 dan Muslim no.651 berikut ini

Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.

Subhanallah, Kata "akan mendatanginya dengan merangkak" cukuplah menjadi clue buat kita untuk melaksanakan perintah Allah ini. Semoga kelak kita mendapatkan kejutan indah sebagai ganjaran dan semoga kita bukan termasuk golongan kaum munafik. Aamiin.

Jangan meninggalkan sholat subuh (dan ashar) tepat waktu, karena kedua sholat tersebut disaksikan malaikat, dimana disebutkan pada Qs.Al Isro :78  yang bunyinya :

Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya subuh itu disaksikan (oleh malaikat) 

kenapa disaksikan malaikat ? bukannya malaikat selalu ada di kanan dan kiri kita ? iya, tapi karena pada waktu subuh dan ashar terjadi pergantian malaikat, dan ga hanya menyaksikan loh, gerak gerik kita pada jam tersebut langsung dilaporkan malaikat yang "jadwal shift-nya selesai" ke Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam HR. Al-Bukhari no.555 dan Muslim no. 632 

Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat subuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta'ala bertanya kepada mereka - dan Allah mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-,

"dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?". Para malaikat menjawab, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat".

yang ga sholat atau belum sholat ? ya dilaporin juga langsungggg ke Big boss. matik deh. 

Ibu saya pernah bilang, kalo kita ga sholat subuh, yang dilakukan hari itu akan kacau balau, kalo ga sholat Isya, semua yang dilakukan hari itu akan sia-sia. 

Saya akui banget, setiap saya sholat subuh tepat waktu, saya jadi lebih tenang dan kalem menghadapi hari itu. Ga banyak menye-menye ngelakuin hal ga penting, ini beneran loh buat saya. Kalo keliatannya lagi ga ada kerjaan, saya dibikin ngantuk dan tidur pules di antara 2 waktu sholat (biasanya Dzuhur dan Ashar) dan bangun ketika Adzan berkumandang, alhamdulillah daripada bikin dosa gosipin orang. 

Keutamaan sholat subuh apa sih ?

1. shalat satu cara untuk masuk dalam surga
sebagaimana yang tercantum dalam HR. Al-Bukhari no.574 dan Musim no.635, Rasulullah SAW bersabda :

Barangsiapa yang mengerjakan shalat pada dua waktu dingin (subuh dan ashar), maka dia akan masuk surga

2. Akan melihat Tuhan bagaikan melihat bulan
Siapa yang ga ingin melihat Tuhan yang seumur hidup diagungkan seperti menatap rembulan ? begitu dekat, begitu nyata, dengan keadaan lapang dimana tidak berdesak-desakan ? Hal ini tertulis dalam HR. Bukhari no. 521 

Pada suatu malam kami pernah bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau melihat ke arah bulan purnama. Kemudian beliau bersabda, "Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini. Dan kalian tidak akan saling berdesakan dalam melihatnya-Nya.

Maka jika kalian mampu untuk tidak terlewatkan dalam melaksanakan shalat sebelum terbit matahari (subuh) dan sebelum terbenamnya (ashar), maka lakukanlah." Beliau kemudian membaca ayat, "Dan bertasbihlah sambil memuhi Rabbmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya (QS.Qaaf :39)

3. sebagai penghalang masuk neraka
Rasulullah SAW bersabda dalam HR. Muslim no. 634

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (shalat subuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (shalat ashar)

4. berada dalam jaminan Allah SWT
makna jaminan disini adalah mendapat perlindungan, penjagaan dan pemeliharaan dari Allah SWT dalam hidup. Apa yang lebih indah dibanding mendapat jaminan dari Tuhan yang memiliki hidup ? Hal ini tertulis dalam HR. Muslim no. 163 

Barang siapa yang melaksanakan shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-Nya dari kalian dengan sebab apapun. Karena siapapun yang Allah cabut jaminan-Nya darinya dengan sebab apapun, pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam.

5. Shalat subuh adalah faktor dilapangkannya rezeki
dalam salah satu kisah, Rasulullah SAW setelah subuh mendapati puterinya Fathimah ra sedang tidur. maka beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya : "hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rizki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari."

6. Sholat sunnah sebelum subuh lebih baik dari seisi dunia
dalam HR. Muslim no.725 Rasulullah SAW mengatakan bahwa :

Dua rakaat Fajar (sholat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya

Bila sholat sunnahnya saja memiliki kemuliaan luar biasa, apalagi shalat wajibnya ? Subhanallah.

7. Sholat subuh merupakan kunci kemenangan
Bahwa ketika sedang berperang, Rasulullah akan menyerang suatu kau setelah subuh.

"Bahwa Rasulullah apabila hendak menyerbu seuatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh." (HR Bukhari)

8. insya Allah terhindar dari serangan jantung
shalat subuh memiliki khasiat tersendiri dalam pandangan medis karena pada pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang, serangan jantung akan menjadi cepat pada waktu-waktu tersebut. Pada saat itu terjadi peningkatan tegangan saraf simpatis, dan penurunan tegangan saraf parasimpatis. Pada waktu pagi dini hari sekitar pukul 3 pagi sampai siang hari, secara perlahan dalam tubuh manusia terjadi peningkatan adrenalin menyebabkan tekanan darah meningkat. Selanjutnya terjadi peningkatan aktifitas agregasi trombosit (sifat saling menempel pada sel trombosit yang mengakibatkan darah membeku) walaupun kita tertidur. Penyempitan pembuluh darah berefek negatif bagi tubuh karena pengaruh lancar atau tidaknya aliran darah. Tubuh memerlukan zat NO (nitrik oksida) yang ada pada sel pembuluh darah untuk melebarkan kembali pembuluh darah.

Saat kita bangun di pagi hari menjalankan sholat, tubuh akan aktif menaikkan kadar NO dalam tubuh. Gerakan - gerakan yang dibangun pada pagi hari membuat produksi zat NO naik lebih cepat sehingga mencegah darah membeku karena efek agregasi trombosit berkurang. Setelah sholat tentunya kita melakukan hal lain, misalnya mengaji, menyiapkan sarapan, olahraga dan lain-lain.

9. Sholat subuh sama dengan sholat semalam penuh
"Barang siapa yang melaksanakan shalat isya' maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan barang siapa yang melakanakan shalat subuh secara berjamaah maka ia seperti shalat malam satu malam penuh ." (HR. Muslim)

masih mau meninggalkan sholat subuh tepat waktu ? 

You Might Also Like

0 komentar