Staycation at Menumbing Heritage hotel Bangka

Saat ga memungkinkan untuk traveling ke luar kota, Staycation selalu menjadi pilihan kami. Selain bertujuan untuk refreshing tapi juga untuk mencoba hotel-hotel di dalam kota yang belum pernah kami inapi sebelumnya.

Beberapa waktu yang lalu, akhirnya rencana kami untuk nyobain staycation di hotel Menumbing Heritage akhirnya terlaksana juga. Sumpah yaaa.. Wacana untuk menginap di hotel menumbing ini sebenarnya udah ada dari 2 tahun yang lalu, tapi suami selalu ragu karna lokasinya yang berada di tengah pasar besar Pangkal pinang. Nanti ga nyaman dengan suara dari luar katanya. Tapi Alhamdulillah akhirnya kemarin kesampaian nginep disini, karena emang kalau liat review di traveloka,sih, lumayan bagus lagipula harganya cukup terjangkau.

Percaya atau tidak, walau baru grand launching beberapa tahun yang lalu, Menumbing Heritage Hotel ini sebenarnya adalah hotel pertama di pulau Bangka loh. Bangunan hotel ini dulu nya adalah kamp militer yang dibangun pada masa kolonial Belanda 1866 yang kemudian pada tahun 1980 di alih fungsikan menjadi hotel. Nah, barulah pada tahun 2016 dilakukan pembaharuan dengan tetap menampilkan bentuk aslinya. Jadi ga heran, atmosfer tempoe doloe terasa sekali di hotel ini.

Lokasi hotel ini cukup strategis dan dekat dengan pusat kota Pangkal pinang. Kalau mau ke Ramayana dan BTC mall cukup jalan kaki aja karna emang deket banget. Selain itu hotel ini berada di tengah-tengah pasar besar yaitu pasar tradisionalnya Bangka, hal ini lah yang membuat suamiku awalnya ragu untuk menginap disini.

Kami check in sekitar pukul 2.30 sore, proses check in berjalan cepat dan menyenangkan. Frontliner staff nya baik-baik banget, sebelum masuk ke kamar kami dipersilahkan untuk menikmati welcome drink terlebih dahulu. Hal yang paling ngena di hati adalah kebaikan staffnya yang nganterin sampe ke kamar, hal ini karena lift hotel ini cukup unik yang membutuhkan perhatian dalam penggunaan.

Gedung hotel ini benar-benar instagenic di segala sisi. Kayanya mau foto dimana aja hasilnya pasti bagus, deh. Kesan kolonialnya terasa sekali, oldie but goodie. Sayangnya, lahan parkir hotel ini terbatas banget, sepertinya hanya cukup untuk +- 10 mobil.

Kami menginap di kamar superior, yang alhamdulillah walaupun mini tapi nyaman. Bayiku tidur nyenyak karna AC kamarnya berkerja dengan baik. Didalam kamar disediakan minuman dingin yang bisa dinikmati beserta tea coffee bar standar ala hotel. Toiletries nya pun cukup lengkap, jarang-jarang kamar untuk dua orang disediakan 2 shampoo, 2 sabun, 2 sikat gigi (ini standar), 2 shower cap. Yang begini biasanya disediain di family room, deh.

baby boss

Jujur kami agak terganggu dengan suara di luar kamar baik dari lorong maupun dari luar gedung, saat hampir tengah malam kami mendengar suara motor kencang sekali dan juga suara orang mengobrol dengan ketawa ngakak yang lumayan mengganggu, untung anakku ga kebangun. Sayang sekali kamarnya tidak memiliki pengedap suara yang baik, tapi biarpun begitu mood dan kualitas istirahat kami tetap baik ♥️ Selain itu kekurangannya juga terdapat pada kamar mandi yang terlalu mini, agak kurang leluasa untuk bergerak di dalamnya.

Diantara semua kenyamanan yang kami dapat disini, kebersihan kolam renangnya menjadi salah satu yang terbaik. Benar-benar jernih dan terang banget. Jujur aja aku agak takut kalo berenang di kolam yang gelap karena tidak terkena sinar matahari langsung atau airnya yang memang keruh seperti di beberapa hotel berbintang yang pernah kami coba sebelumnya. Tapi menumbing punya kolam renang yang sangat bagus, wajar aja bila menjadi favorite anak-anak yang sengaja datang hanya untuk berenang disini pada akhir pekan.

Menu sarapan pagi di Menumbing Heritage Hotel aku rasa agak kurang bervariasi dan kurang leluasa. Kurang variasi karna mereka bahkan ga punya salad 😭 hanya ada potongan buah aja. Sedangkan kurang leluasa karna beberapa jenis makanan tidak bisa kita ambil sendiri yang artinya mesti minta disiapin sama petugas restonya. Untuk rasa standar menurutku. Tapi ga bisa di pungkiri merek punya restoran yang nyaman banget, rasanya senang duduk berlama-lama disini.

mie bangka
roti bakar (atau panggang ?)

Overall, pengalaman menginap di Menumbing Heritage Hotel kemarin menghilangkan rasa penasaranku akan hotel ini. Aku dan suami cukup menikmati akhir pekan kami ketika menginap disini.