hi again, jog ! #end - Wisata dalam kota

Dari kecil, aku ga punya sosok idola yang bikin aku begitu terkagum-kagum selain Panglima Besar Sudirman. Saking kagumnya aku sering bang...


Dari kecil, aku ga punya sosok idola yang bikin aku begitu terkagum-kagum selain Panglima Besar Sudirman. Saking kagumnya aku sering banget menanyakan sesuatu menyangkut beliau kepada ibuku secara berulang-ulang dengan mata berbinar. Dan setelah membaca buku 693 Km Jejak Gerilya Sudirman dan beberapa buku lain tentang beliau yang ku baca setelah dewasa, kekagumanku kian bertambah. Dan itulah alasanku kembali ke Jogja, kali ini..


 Hari ini adalah hari terakhir kami bisa menikmati suasana kota Jogja, besok pagi kami sudah harus kembali ke Palembang dengan pesawat pagi. Setelah sarapan dan mandi, kami check out dari hotel dan langsung menuju tujuan utama kami datang ke Jogja, Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jendral Sudirman.

Harus, sebelum mampir ketempat lainnya harus mampir kesini dulu !

Seperti kubilang di atas, aku ga punya idola. Kalo Rasulullah SAW itu lain ceritanya. Satu-satunya yang benar-benar kuidolakan cuma Jendral Sudirman. Jujur aku ga pernah tau rasanya ngefans sama artis itu seperti apa :)

 Setelah membaca buku 693 km Jejak gerilya Sudirman  di tahun 2015 lalu, aku jadi tau bahwa ternyata museum tentang perjuangan gerilya sang Panglima perang ternyata ada di Jogja. Rasanya nyesel banget kenapa saat honeymoon ke Jogja ga mampir ke museum ini. Setelah aku cerita sama suami, beliau bilang "liburan tahun depan (2016) kita sempetin main ke jogja ya sayang.." dan benar aja, Suamiku nepatin janjinya untuk berkunjung ke museum ini di tahun 2016, Alhamdulillah.

Pertama kali menginjakkan kaki di museum sasmitaloka yang dulunya adalah rumah jendral Sudirman, aku degdegan kaya mau ketemu pacar yang udah berbulan-bulan ga ketemu. Selebay itu ? iya. Bahkan aku sempat berucap "Assalamualaikum Jendral.." ketika masuk kedalam gedung museum.




Cukup lama kami berada di sana, karna suamiku tau kalo aku bener-bener mengidolakan sang Jendral, aku dibiarkan menikmati suasana museum itu sepuasnya. Setiap sisi ruangan kudatangi satu persatu. Ada replika ruangan di rumah sakit panti rapih tempat beliau di rawat saat sakit paru-paru akut, ada pakaian dan tandu asli yang beliau gunakan saat gerilya, bentuk asli kamar Bapak dan ibu Sudirman, kursi yang digunakan saat beliau mengadakan pertemuan, hingga peta gerilya. Lengkap semuanya ! Apa yang cuma bisa aku baca dan aku bayangkan, sekarang ada di depan mataku. Semuanya ku lihat secara detil, satu per satu.

Ga kerasa adzan dzuhur berkumandang, sebelum meninggalkan museum kami numpang sholat dulu di mushola di sisi kiri gedung. Suamiku menjadi imaamnya, bersama dengan bapak tentara yang saat itu sedang mendapat tugas menjaga rumah sang Jendral, kami sholat berjamaah.

Setelah melihat sekeliling, kusampaikan salam untuk sang jendral melalui Alfatihah yang khusus ku kirimkan untuknya. Aku pasti bakal balik lagi kesini suatu saat nanti mengajak anak-anakku. Btw, buat temen-temen yang belum tau gimana kisah perjuangan Jendral sudirman, plis banget baca bukunya. Kalian akan tau kenapa beliau pantas sekali untuk di kagumi.

Tujuan kami selanjutnya adalah ke De Mata Trick Eye Museum dan juga ke De Arca Museum, entah kenapa suamiku pengen banget mampir kesini. Tapi sebelum itu kami mampir dulu untuk makan siang di McD. Padahal mah, di Palembang juga ada hahaha. Karena saat itu lagi musim libur sekolah, Museumnya jadi rameeee banget dan sayangnya museum trick nya itu keliatan lusuh banget, jadi di beberapa foto keliatan banget boongnya -_-

muke lusuh..

difotoin anak SD yang lagi study tour
Sebenarnya fotonya banyak, tapi karena suasana saat itu rame banget, cukup banyak foto yang bocor -_- ada yang nyempil kaki orang lah, perut bapak-bapak lah, pokoknya lengkap deh.

 Karna hari sudah sore, dan masih ada dua lokasi lagi yang bikin penasaran, kami mutusin untuk segera cabut dan berangkat menuju ke Upsidedown World Jogja. Sebenarnya baik museum trik dan upsidedown ini udah ada yaa di beberapa kota besar, kaya Bandung dan Bali. Jadi ga mesti ke jogja banget untuk sekedar foto di dunia terbalik ini.

GAJE
Udah jam 5 sore, sebelum magrib aku ngajakin suamiku dinner di Abhayagiri , kayanya waktu itu, setiap orang yang main ke jogja pasti mampir ke resto ini, deh. Jadi kaya sayang banget kalo aku dan suami ga nyobain makan disana.




Suasanannya emang menyenangkan banget yaaa di Abhayagiri ini, dari sini kita bisa liat puncaknya Candi prambanan pula. Walaupun agak pricey tapi rasa makanannya emang beneran enak dan ngenyangin, puas lah pokoknya.

Tapi ternyata, rasa kenyang itu ga bertahan lama..

Habis magrib suami langsung laper lagi, akhirnya di perjalanan kami ke hotel kami selanjutnya The Westlake Resort, kami nyempetin diri mampir makan bakso dulu -_- Kalo kalian cari suasana menginap yang lain dari yang lain selama dijogja, The westlake ini bisa jadi pilihan utama, apalagi buat yang honeymoon trip, manteppp dah !


Besok paginya, setelah sarapan kami segera menuju bandara Adi Sutjipto dan pulang ke rumah. Alhamdulillah, bersyukur banget di kasih sehat sama Allah :) Semoga aku dan suami bisa sehat dan produktif terus, biar bisa terus ngasih reward jalan-jalan untuk diri sendiri. Dan semoga dalam waktu dekat bisa ngajakin orang tua dan adik-adik buat liburan bareng, Aamiin..

BACA JUGA :
hi again jog ! #1
hi again jog ! #2 - Explore Gunung Kidul
hi again jog ! #3 - Wisata dalam kota
Hotel di Yogyakarta


You Might Also Like

0 komentar