First trip to Solo #3 (end) | Dolan Surakarta & Karang Anyar

Selamat pagi Solo, Hari ini kami bangun dengan semangat, karena hari ini rencananya mau jalan ke museum dan beberapa tempat wisata anda...

Selamat pagi Solo,
Hari ini kami bangun dengan semangat, karena hari ini rencananya mau jalan ke museum dan beberapa tempat wisata andalan nya kota Solo. Karena 2 hari kemarin udah cukup santai dan banyak istirahat, hari ini kami mau main rada jauhan dikit (atau jauh banget ?) yaitu ke Kabupaten Karang Anyar.

Harus saya akui, sejak operasi 2015 lalu, tubuh saya ga se fit dulu dan gampang cape. Jadi kalo melakukan sesuatu apapun itu, saya selalu berusaha santai dan mengalir aja. Kalo ga sempet hari ini ya udah besok aja, bener-bener ga mau jadi beban. Jadi di hari terakhir ini, barulah kami berencana untuk jalan-jalan serius, itupun cuma setengah hari. Ya mau gimana, saya sok-sok an kuat minta suami sewa motor aja selama di Solo, ternyata badan ga segagah dulu, huhuhu.

Hari ini dimulai dengan sarapan pagi yang agak kesiangan di restoran nya Alila Solo. Saya ga sabar pengen liat menu sarapan yang kata orang-orang butuh waktu berjam-jam untuk nyicipin semuanya. Dan ternyata, benaaar ! Super banyak, enak, dan mewah.

Seketika saya langsung bisikin suami, "yank, beneran yaaa tahun depan kita main ke Solo lagi" hahaha. Suamiku senyum dan mengangguk. Dan ketika tulisan ini dibuat, saya dan suami lagi dalam proses memilih waktu yang tepat untuk main ke Solo lagi. yeay !

Sebelum pergi, kami mau nyobain berenang di LARGO (kolam renang milik Alila Solo) dulu, dari namanya aja udah bisa di tebak kalo kolam renang ini gede banget. Terletak di lantai 6, areal kolam renang ini juga dilengkapi dengan banyak sekali sofa untuk duduk-duduk santai dan kids pool yang ukurannya cukup besar. Review lengkapnya nanti di bahas khusus yaaa hehehe 😉

Adzan dzuhur udah berkumandang, kami kembali ke kamar untuk sholat  dan siap-siap untuk jalan-jalan. Karena kalap sarapan, perut kami rasanya masih kenyang banget. Jadi diputuskan untuk nyari minum dan cemilan aja buat di perjalanan. Seneng yah, kalo gampang kenyang. Gitu terus, dong, mith..

Alhamdulillah saya sumringah ketika lihat loket masuk Keraton Solo dibuka lebar, saya dan suami segera bergegas membeli tiket yang kalo ga salah harganya Rp.6.000,- per orang dan tiket kamera seharga Rp.3.500,-. Ternyata untuk masuk areal pendopoan Sultan, ga boleh pake sendal, yang artinya sendal harus dititipin terus nyeker deh keliling-keliling. Tapi kalo kamu pake sepatu yang benar-benar tertutup, kamu ga perlu lepas sepatu. Alhamdulillah. Alasannya apa ? ga tau, hehehe.

Didalam keraton, kamu bisa melihat susunan pemerintahan, benda-benda pusaka, tradisi dan kebiasaan penghuni keraton, hingga kereta kencana yang digunakan Sultan dari masa ke masa. Sayang banget, kondisi museumnya kurang terawat. Terlalu banyak debu dan pengap. Yang paling sebel adalah para kaum gila selfie yang setiap maju 2 langkah pepotoan itu. Pengunjung yang bener-bener pengen menikmati museum seperti saya jadi terganggu sama suara dan ulah mereka. KZL BAT !

ceneeeng ga usah lepas sepatu

Setelah hampir 2 jam berkeliling setiap sisi kraton, saya dan suami melanjutkan perjalanan ke Karang Anyar, sempet ragu juga karna waktu udah pukul 3 sore. Tapi bermodal tekad sekuat baja dan setegar tulang squidward, kami putuskan untuk tetap melanjutkan perjalanan ke kaki gunung lawu. Walau konsekuensinya tidak semua tempat wisata bisa kami datangi, tapi gapapa, toh biar punya alasan untuk balik lagi kesini kan ?

Tujuan pertama kami adalah Air terjun Jumog yang posternya bisa langsung kalian lihat diterminal kedatangan Bandara Adi Sumarmo. Artinya, kalopun ga sempet ke tempat lain di perjalanan ke Solo kali ini, senggaknya saya dan suami sudah menginjakkan kaki di air terjun jumog, karena konon katanya, belum mengunjungi Solo kalo belum mampir ke air terjun ini (walaupun sebenarnya Solo sama Karang anyar itu udah beda kabupaten hehe).

Saya dan suami sangat menikmati perjalanan menuju karang anyar, kami sempat melalui Sungai bengawan solo yang sering di baca ketika belajar tentang pichecantropus erectus hihihi. Alhamdulillah kali ini berkesempatan melihat sungainya dulu. Insya Allah dikesempatan berikutnya, saya mau ngajak suami ke Museum Purba di Sangiran. Aamiin.

Dengan mengandalkan Waze, akhirnya kami tiba di Karang anyar. Udara dingin mulai menusuk tulang, mengingatkan saya pada kampung halaman Bapak di atas Bukit barisan. Terlihat di kanan kiri jalan, bunga-bunga khas dataran tinggi yang sangat cantik dengan warna-warna yang cerah mulai terlihat bertebaran. Dan yang paling menyentuh hati, Gunung lawu yang kemarin hanya bisa  saya lihat dari jendela hotel, kini benar-benar tegak perkasa di depan mata. Masa suci Allah, pemilik alam semesta.

Setelah tiba di parkiran air terjun jumog dan membeli tiket masuk (per orang harus membayar Rp.5.000,-), ternyata kami harus menuruni ratusan anak tangga. Di dekat parkiran banyak kedai yang berjualan sate kelinci, makanan khas karang anyar. Tapi karena kami di kejar waktu, jadi makan sate nya ditunda pas mau pulang aja. Saking sorenya, saya sempat ragu jangan-jangan di bawah udah sepi, tapi Alhamdulillah ternyata masih rame walau saat itu udah jam 4 sore. Karena baru terasa laper, di bawah saya sempet beli cilok bumbu kacang yang masya Allah enak banget di makan anget-anget di cuaca dingin ini.

Ternyata air terjun jumog ini emang cantik sekali, ga salah emang kalo jadi salah satu tujuan wisata utama Jawa tengah. Bentuknya tuh, kaya foto-foto kalender jepang yang di suka dikasih gratis oleh supermarket atau toko emas di awal tahun. hihihi. Beberapa kali mesti nunggu mbak dan mas yang lagi foto-foto, akhirnya setelah mereka menjauh dari bawah air terjun, dateng juga giliran saya untuk ngambil beberapa foto suami sendirian dengan latar air terjun.

Tibalah waktunya menaiki ratusan anak tangga yang tadi jadi akses kami untuk sampai di air terjun, ya Allah engap juga..setelah sampai di atas ternyata ada spanduk "Selamat, anda telah menuruni dan menaiki 232 anak tangga, semoga anda tambah sehat dan sukses" haha. Pantes kok rasa-rasa pinggang udah rada geser.

Ketika sampai di atas ternyata loket nya udah tutup, mbaknya juga udah ilang. Tapi masih banyak juga yang datang, kebanyakan sih anak muda yang emang sengaja ga mau bayar hehehe.

Matahari tinggal setengah, pulang ? belum dong..kami mau naik lagi lebih tinggi ke Kebun Teh kemuning dan kalo sempet, mau ke Candi cetho. Sayangnya ternyata lokasi candi cetho cukup jauh dan ga mungkin mau mengexplore candi setelah magrib *bakar menyan*, jadilah setelah diskusi kecil, ditengah jalan saya bilang suami untuk putar arah aja langsung ke kebun teh. Tapi sebelumnya, stop dulu mas, aku mau foto sama gunung !

Puncak gunung lawu yang mengintip malu-malu dan mitha si dekil anak motor dadakan
Diperjalanan turun, tiba-tiba kami melihat spot  terbaik untuk melihat sunset di tengah-tengah kebun teh. Dari sini, saya melihat perubahan warna langit yang begitu cepat terjadi. Dataran rendah begitu jelas terlihat, hari ini Allah SWT memberi saya dan suami kesempatan untuk melihat kota Solo dari kaki gunung lawu, yang kemarin bisa kami lihat dari arah sebaliknya.

Saya terharu, hari ini saya dikasih Allah SWT kesehatan, kesempatan, dan melihat lagi sebagian kecil dari kebesarannya. Teringat kembali buku sejarah perang gerilya yang sangat saya sukai, ketika salah satu Jendral yang saya kagumi Gatot Subroto, dibawah perintah Panglima Besar Jendral Sudirman memimpin perang gerilya di kaki gunung lawu, tempat saya berdiri saat ini. Saya emang anaknya gampang terharu kalo tentang hal menyentuh kaya gini.

Angin dingin berhembus kencang sekali, langit Karang anyar menampilkan warna mewah yang luar biasa indah. Notifikasi adzan telah berbunyi, membuat kami segera turun kebawah mencari masjid.

sunset dari kaki gunung lawu, tanpa filter foto sama sekali
Saya mati-matian menahan tangis, saya ingin cepat-cepat sampai di masjid. Saya ingin menangis sejadi-jadinya dan memohon ampun pada Tuhan saya. Dan di mushola kecil di kaki gunung lawu, di tengah dinginnya malam dan suara santri yang sedang menghapal Alquran, tangis saya pecah. Bagaimana bisa saya selama ini berputus asa sedang karunia Tuhan saya sangat lah luas ? Bagaimana bisa level iman saya begitu rendah sedang Tuhan saya selalu menunjukkan kebesarannya langsung di depan mata saya ? dan bagaimana bisa saya mengesampingkan ibadah sedang Tuhan saya tidak pernah menunda memberi oksigen untuk saya hirup, sepanjang saya hidup ?

Lama saya terdiam dalam doa, begitu juga suami. Perjalanan kami ke tempat yang baru selalu bisa menjadi ajang charge batrei iman. Semoga iman ini ga lagi seperti grafik sin-cos yang sangat fluktuatif. Semoga Allah SWT selalu memberi hidayah dan rasa takut pada-Nya dalam hati kami, Aamiin.

Perut udah lapar, sepanjang jalan kami sibuk mencari restoran sate kelinci yang tadi ga sempat kami cobain di areal air terjun Jumog. Tapi sayang nya ga ketemu. Kami sempat mampir ke Alun-alun kota karang anyar dan nemuin kedai sate kelinci, tapi sayangnya udah habis, yang ada tinggal sate kambing. yah sate kambing mah di palembang juga ada.. akhirnya kami cuma berjalan-jalan sebentar di alun-alun dan melihat monumen gerakan sayang ibu, lucu yaa namanya, jadi kangen ibu dirumah.

Akhirnya kami mampir di restoran seketemunya aja yang searah pulang ke Solo, dan kebetulan ketemu restoran sambel layah yang udah pernah kami cobain di jogja. Perut kenyang, makanan enak, dan masya Allah keterlaluan banget murahnya, sekenyang itu kami cuma bayar Rp.28.000,- sajooo..

Sebelum pulang ke hotel, Saya minta suami untuk mampir dulu di Ngarsopuro Night Market yang konon merupakan pasar malam peninggalan Presiden Jokowi selama menjabat jadi walikota Solo. Pasar malam ini cuma buka pada sabtu malam, jadi sayang banget kalo ga mampir mumpung ada kesempatan. Dipasar ini banyak dijual souvenir hasil dari industri UMKM kota solo.

Alhamdulillah, malam terakhir di kota Solo ditutup dengan manis, hari selanjutnya kami akan melanjutkan perjalanan ke Jogja pukul 10 Pagi. Kami menggunakan Travel Joglo Semar untuk perjalanan ke Jogja. Harga tiketnya cuma Rp.30.000,- aja per orang, itu udah termasuk snack dan kursi terpisah yang lumayan nyaman. 3/4 perjalanan ke Jogja saya habiskan dengan tidur saking nyamannya ihihihi.

Terima kasih solo untuk perjalanan yang membahagiakannya, semoga kami bisa segera kembali lagi ke kota ini dan mengeksplore banyak tempat lain yang belum sempat kami singgahi. Aamin..Setelah ini akan di lanjutkan dengan cerita perjalanan kami ke Jogja.