DIY : Prewedding photo session & tips melakukan foto prewedd sendiri

  Kami sebenernya punya banyak konsep prewedding impian tapi ga berbanding lurus dengan ketersediaan waktu yg kami punya, kebetulan ketik...

 
Kami sebenernya punya banyak konsep prewedding impian tapi ga berbanding lurus dengan ketersediaan waktu yg kami punya, kebetulan ketika itu suami yg masih berstatus calon suami cuma bisa pulang ke Palembang hari jumat sore dan balik lagi senin subuh. Super mepets !

Karena setiap waktunya aku pikir sangat berharga, kok ya sayang amat kalo cuma dihabiskan buat prewedding ajun. Apalagi pulangnya juga paling sebulan sekali. Aku kan pen nonton juga kek anak-anak mol gitu..

Dan buatku, mungkin beda sama pemikiran temen-temen sekalian yah..
Photo prewedding itu bukan sesuatu yang vital dalam sebuah pernikahan, engga pake juga kaga napa-napah ! jadi aku menganggap foto prewed sebagai seru-seruan aja, jangan stress dan pusing karena nyiapin ini itu. Mikirin jerawat aja udah pusing pala wa !

Jadi selain melakukan sesi foto prewed sama vendor fotografi profesional, kami juga melakukan foto prewedding sendiri.
Berbekal kamera dslr dan lensa punya suami yang cukup oke, dan kemampuan mengedit foto ku yang baru level Assalamualaikum, maka kami mencoba mengatur waktu untuk melakukan prewedding sendiri dengan di bantu adikku sebagai fotografer dadakan dan paksaan.

Karena aku dan suami ketemunya waktu jaman kuliah, sama-sama anak teknik mesin dan kala itu aku sendirian cewek jadi buatku penting banget untuk memuat "kisah" kami ini dalam sebuah foto. Konsep ini udah aku pikirin dari beberapa bulan sebelumnya dan sudah mulai survey lokasi yang pas itu dimana.

Dan karna kami males pake tools macem-macem, jadilah kami melakukan foto prewedding dengan tools seadanya dan mengandalkan background yang pas aja. Background ini penting untuk menunjukan identitas fotomu, harapannya dengan melihat background aja, yang liat bisa "ngeh" maksud di dalam fotomu itu.

Kelebihan dari melakukan proto prewed sendiri adalah kita jadi lebih bebas berekspresi. Jangan takut hasilnya bakalan jelek atau kalah sama hasil foto vendor foto terkemuka. Justru dengan tekad kuat itu kalian bisa belajar sesuatu yang baru, belajar gimana ngoprek DSLR, pake photoshop, intinya dapet ilmu baru. 

Setelah dapet lokasi yang kayanya cocok, dalam waktu kurang 30 menit kami sudah kelar melakukan 1 konsep foto prewed. kenapa kok bisa cepet ? alasan pertama, karena ga perlu makeup berlebihan, malah lebih bagus kalo fotonya kucel, jadi nunjukin identitas 'anak mesin' nya hahaha. alasan kedua, karena memikirkan dan melakukan konsep ini sendiri, jadi yang mengatur angle ataupun gaya ya kami sendiri bukan fotografer, jadi sesuai sama kehendak jiwa. Tinggal di edit dengan keinginan jiwa juga, jadi apa yang di pengenin dapet maksimal.

pardon for bad resolution. Males buka external disk, jadi ambil dari instagramku aja.

Apa yang harus di persiapkan ketika kalian mau melakukan foto prewed sendiri ?

Tekad
Ga bakalan berhasil kalo ga bener-bener di niatin. Kalo ga punya tekad kuat percaya deh bakalan batal, belum lagi kalo rasa males udah dateng.

Diskusikan dengan Pasangan
Foto prewedding yang dilakukan sendiri itu otomatis akan memakan banyak waktu cukup banyak dibanding kalo dikerjain sama vendor. Kalo kalian pengen banget melakukannya sendiri, diskusikan dan dapatkan kesepakatan dengan pasangan. Beri dia pengertian dengan alasan yang kalian punya. Misalnya, menghemat biaya, fun, dan mencari pengalaman baru.


Siapkan konsep dan kostum
Siapkan konsep yang pengen kalian tampilkan dan pakaian apa yang akan kalian gunakan. Penting banget kaitan kuat antara konsep, lokasi dan pakaian yang kalian gunakan.

Cari lokasi
Penting banget buat kalian survey lokasi dimana sesi foto kalian akan dilakukan. Lakukan kesepakatan sama si empunya lokasi. Syukur-syukur tempat umum jadi ga mesti ijin sama siapapun. Kalo di restoran tertentu, ada yang berbaik hati dengan senang hati memperbolehkan tempatnya di pake untuk sesi foto tanpa bayar sedikitpun. Tapi ada juga yang mematok harga tertentu. Nah ini yang harus kalian pikirkan sebelumnya.

Persiapkan perlengkapan dan juru foto
Untuk melakukan sesi foto khususnya prewedding, penting banget untuk menggunakan kamera dengan kualitas yang baik. Selain itu, minta lah tolong keluarga atau sahabat yang hobi fotografi. Kenapa kok yang hobi fotografi ? karena mereka akan melakukannya dengan senang hati, cara penangkapan gambarnya bagus, dan sudah pasti ga bolot-bolot amat tentang penggunaan kamera DSLR yang kalian pake.

Persiapkan tools yang akan digunakan
untuk sesi fotoku kemarin, baik yang dengan menggunakan vendor foto ataupun yang dilakukan sendiri, aku menyiapkan perlengkapan tambahannya sendiri. Ga pake alat piknik segala, cukup kertas yang di desain sendiri terus di print biasa. Itu juga bikinnya pake aplikasi Phonto di ios hehehe. Tapi alhamdulillah puas sama hasilnya.





Belajar edit foto 
Bisa kalian lakukan sendiri dengan menggunakan photoshop, atau mau ikut caraku yang pake aplikasi Vscocam aja. Pake Vscocam malah hasilnya seperti fotografer profesional loh asal tau teknik ngeditnya.

Jangan malu
Yang nikah kamu, yang repot kamu, orang mah cuma tamu. Enjoy the processes ! Berekspesilah sesuai maumu. Ingat nikah cuma sekali, nikmati segala proses sibuk dan capek dalam persiapannya seeee baik mungkin.


jadi itu lah kawan-kawan, ga semua hasil DIY prewedding session aku tampilin disini tapi lumayanlah ya..


Good luck :))

You Might Also Like

0 komentar