what we wear : resepsi (Ogan Komering Ulu)

Seperti yang udah aku sering bilang sebelum-sebelumnya. Aku jatuh cinta, bangga, dan sangat menjujung tinggi adat istiadat warisan nene...



Seperti yang udah aku sering bilang sebelum-sebelumnya. Aku jatuh cinta, bangga, dan sangat menjujung tinggi adat istiadat warisan nenek moyang. Budaya Palembang adalah salah satu budaya megah dan luar biasa indah di Indonesia. Karena kecintaan yang luar biasa itu, aku mau setiap detail adat istiadat yang ada di pernikahanku sesuai pakem adat. Ga melenceng, bahkan ga pake modifikasi-modifikasian sedikitpun. Mitha anaknya konvesional banget !

Diantara banyak banget modifikasi sana sini pada acara pernikahan adat palembang, aku syalutttt amat sama pernikahannya Ibas dan Aliya. Memegang teguh pakem adat, coy. Pakaian yang dipake pun bener-bener pakaian daerah. ga pake modip-modipan ! Man to the taps !

Nah, karena waktu lamaran kami menggunakan adat dari daerahku. Jadi, ketika pernikahan nanti, aku pengen banget menggunakan adat daerah calon suamiku. Biar seimbang, gituw.

Jadi, nikah pake adat komering, mit ? yang gimana sih ?

kaya Aliya dan Ibas inihh :D

Beda pakaian adat Sumsel sama komering apa ? sebenernya yang punya Komering hampir sama dengan pakaian adat paksangko-nya sumatera selatan. Tapi hiasan kepala adat komering lebih banyak, selain itu ada kain selempang di kanan kiri nya untuk pengantin wanita. Cantik, megah, luar biasa. 

Daerah ogan komering ulu ini (kalo ga salah) merupakan wilayah terluas di Sumatera Selatan, suku komering sudah tersebar diseluruh penjuru dunia, bukan cuma meliputi banyak desa / dusun, tapi bahasa nya pun banyak dan berbeda-beda. Jadi wajar aja, kalo Ogan komering ulu ini punya pakaian adat sendiri yang berbeda dari pakaian adat Sumatera selatan umumnya. FYI, dipernikahan adat Komering, Kedua pengantin diberi gelar, lho. Nanti aku ceritain lebih lanjut yaaa kalo ada kesempatan.

Oya, bagi yang belum tau, sekedar buat pengetahuan, pakaian adat Sumsel (yang asli tanpa modifikasi) itu ada 2 jenis, Aesan Gede/Penganggon dan Paksangko.

Aesan Gede itu adalah pakaian pengantin yang menggunakan lengan pendek (sperti kemben gitu) tapi tetap di tutup teratai. Seperti dedek Arumi bachin inih.


Sumber
Aesan Paksangko, nah ini pakaian adatnya pake tangan panjang, hampir mirip sama adat komering. 
sumber
Cantiknyaaaa..sumber
Kemarin udah bilang sama tante muji dan beliau menyanggupi menyiapkan pakaian adat komering sesuai mau kami. Kebetulan tante muji punya opsi pilihan lainnya buat aesan kepala buat cowoknya, tetep pakem adat tapi yang ini jarang dipake. Pokoknya aku suki bingit ! Sayangnya aku ga punya gambarnya >.< nanti deh aku post yaaah..

Love,

You Might Also Like

0 komentar