Sweet Tooth Treat Tooth Event Palembang with Systema Nano and Femina

Hari minggu kemarin (10 mei 2015) Systema  yang bekerja sama dengan Femina Magazine  mengadakan acara  "Sweet tooth Treat tooth&qu...


Hari minggu kemarin (10 mei 2015) Systema yang bekerja sama dengan Femina Magazine mengadakan acara  "Sweet tooth Treat tooth" di Hotel Novotel Palembang. Kebetulan aku dapet undangan dari Systema nano dan Femina Magazine untuk hadir dan mereview acara tersebut. ihhh senengnya !

Kenapa sih acara ini menarik ?
Siapa sih yang ga suka makanan manis seperti coklat dan kue gitu ? pasti semua orang suka, ditambah lagi makanan Indonesia yang identik dengan santan dan berbumbu banyak, sungguh surga makanan ada di negara ini. Tapi makanan manis, bersantan dan berbumbu banyak yang kita konsumsi itu akan memberikan efek buruk ke gigi kita kalo kita ga bener-bener merawatnya dan ga menggunakan produk yang tepat untuk merawat dan membersihkan gigi kita. Apalagi buat yang pake kawat gigi seperti aku ini ya *kok malah curhat ?*

nah..pas bangeeet..

Diacara ini ada Healthtalk bersama drg. Melissa Adiatman,Phd yang juga merupakan Kepala Humas dan Hubungan Internasional FKG Universitas Indonesia. Jadi para peserta yang punya masalah dengan gigi bisa langsung berdialog dan diskusi sama dokter gigi cantik ini. Selain itu ada juga demo masak dari Chef Ken Kurniawan yang akan menyajikan beberapa resep dessert yang bisa dicoba dirumah buat keluarga.

Lalu ? ya apalagi..Tentu aja karena ada penawaran menarik di booth nya Systema nano selama acara ini berlangsung, dan juga bisa bawa pulang paket Systema nano, tas cantik dari Femina dan Systema nano, dapet lunch + makan siang seharga Rp.400.000,-, dan exclusive marchendise.  Selama acara berlangsung, setiap peserta punya kesempatan untuk mendapatkan berbagai macam hadiah dari kuis, doorprize, dan berkesempatan untuk mendapatkan 1 (satu) buah smartphone samsung untuk yang paling sering ngetweet berkualitas tentang acara ini selama event berlangsung. Sikattt !

Apa sih Systema Nano ?
Jadi Systema nano itu adalah Produk Kesehatan dari Lion Jepang yang menggunakan Teknologi nano dalam produknya. Nano Kalsium yang ada pada rangkaian produk Systema nano diklaim dapat menutup lubang super kecil pada dalam waktu 14 hari sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi sebelum kerusakan besar terjadi. Lubang-lubang kecil pada gigi ini ga bisa di masuki oleh pasta gigi biasa, maka dari itu dibutuhkan partikel skala nano yang bisa menjangkau kerusakan super kecil pada gigi tersebut.

The Event
Diundangan tertulis acara dimulai pukul 8 pagi, dan aku sudah tiba di Novotel palembang pukul 7.30 dan..Kecepetan, hihi. Panitianya masih siap-siap dan aku akhirnya keliling-keliling untuk foto-foto dulu.



Dress code acara ini adalah "Touch of Fuschia". Alhasil, semalem sebelum acara aku ubek-ubek lemari cari baju dengan warna yang cocok. hihihi.





Selama acara berlangsung, ada penawaran khusus dari Systema, lho. Dengan 50 ribu dan 35ribu rupiah, kita bisa mendapatkan goodie bag yang berisi paket perawatan gigi systema nano (berisi sikat gigi, mouth wash, dan pasta gigi) dan  food countainer. sikat ibu-ibuuuu !

Kebanyakan peserta dari event ini adalah ibu-ibu muda, ibu-ibu aja (aku ga ngomong tua, lho) dan sudah pasti para blogger kota Palembang. Aku yang belum jadi ibu (nikah aja belum) ini awalnya lumayan segan juga berada di antara ibu-ibu ini, tapi makin lama acara berjalan, ternyata mereka semua gaul pisaaaan. ih aku jadi kalah muda, deh. Alhamdulillah dapet temen baru, pengalaman dan sudah pasti ilmu baru.







Acara di pandu oleh MC Imam Wibowo yang bener-bener sukses membawa acara ini menjadi seru dan ga ngebosenin. Walaupun durasi acaranya lumayan panjang, 09.00 sampe 13.00, tapi ga bosen sama sekali. Gaya Mas Imam yang bersahabat, lucu, dan ringan itu membuat para peserta bersemangat ampe tereak-tereak, hihi.


Acara dimulai dengan sambutan dari Editor in Chief of Femina Magazine, Ibu Petty S. Fatimah, yang juga membuka acara Sweet tooth Treat Tooth di Palembang pada hari ini dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari pihak Femina kepada Systema Nano cabang Palembang.



Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Perwakilan Wing Surya dan Systema Nano Palembang, Ibu Emil. Dalam penjelasannya Ibu Emil menjelaskan sistem kerja Systema nano yang cocok sekali untuk mencegah gigi berlubang, jadi membuat kita ga perlu khawatir kalo makan makanan manis.



Demo Masak Dessert dari Chef Ken
Dan tibalah saat-saat yang ditunggu, demo masak dessert oleh Chef Ken Kurniawan. Siapa sih Chef Ken ?  Chef Ken ini adalah 3 besar Master Indonesia Season 2. Kali ini ada 2 resep masakan yang akan di buat oleh Chef Ken, yang pertama adalah Apple Strawberry Meringue Filling dan Dark Chocolate Mousse.


Dalam demo memasaknya, Chef Ken memberikan beberapa tips yang sangat bermanfaat, lho. Diantaranya adalah, dalam membuat Apple Strawberry Meringue Filling, lebih disarankan menggunakan Apel hijau, karena apel hijau mempunyai teksture yang lebih crunchy dibandingkan apel merah. Dan telur yang digunakan haruslah fresh, ini penting banget. Telur yang ga fresh dapat merusak tekstur shaaay..

Apel yang digunakan digunakan direndam di dalam saus gula (larutan karamel) dengan menambahkan garam laut yang berfungsi sebagai penambah rasa.

Nah, kadang kalo kita bikin karamel, suka sebel karna kalo kematengan karamel nya terasa pahit, sedangkan kalo terlalu sebentar di panaskan masih ada butiran gula yang ga larut di dalam karamelnya. Terus kudu piyeee ? Nahhh.. Tips dari Chef ken untuk membuat karamel yang baik adalah :
1. Gunakanlah api yang kecil supaya supaya proses pencairan gulanya ga terlalu cepet dan mencegah rasa pahit.
2. Jangan diaduk, pake kuas aja dibasahi di bagian pinggir panci pemanas gula karena di bagian pinggir ini paling cepat menjadi karamel.


Chef Ken menambahkan kulit jeruk lemon, lho, pada proses pembuatan karamelnya. Kulit jeruk lemon mempunyai minyak yang dapat memberikan penambahan cita rasa dan aroma, selain itu juga mencegah terjadinya oksidasi pada larutan karamel.

Penggunaan gula yang berlebih sebisa mungkin Chef Ken hindari dengan menggantinya dengan bahan alami seperti madu ataupun bubuk kayu manis, karena selain dapat mensubtitusi rasa manis pada gula, kayu manis juga berguna bagi yang sedang menjalankan program diet dan dari segi medis, kayu manis juga dapat menurunkan kadar asam urat.

Chef Ken punya resep sendiri nih untuk menurunkan kadar asam uratnya pake kayu manis. Caranya gimana sih, Chef ? caranya adalah dengan melarutkan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis kedalam larutan air secukupnya dan dikonsumsi 1x sehari selama 6 minggu. Ayo yang punya asam urat, dicoba yah..



Omong-omong, Chef Ken masak manis-manis terus gini, punya masalah sama gigi ga sih ? Syukurnya sih enggak, cuma Chef Ken punya kebiasaan menggosok gigi terlalu keras sampe-sampe baru berapa minggu, sikat giginya udah mekar kaya rambut Edi Brokoli ! Jadi berapa lama sih sikat gigi yang kita pakai itu sebaiknya diganti ? dan gimana sih cara sikat gigi yang baik ?

Makan manis tanpa lubang !
Selain ada sesi diskusi dengan drg.Melissa, beliau juga memberikan penjelasan singkat mengenai kesehatan gigi dan tips-tips penting mengenai kesehatan gigi dan gusi.

Dalam penjelasannya, dokter Melissa menjelaskan bahwa tekanan yang baik dalam menyikat gigi itu adalah seperti kita memegang pulpen, ga terlalu keras tapi juga tetap kokoh di genggam. Dan waktu yang paling pas untuk mengganti sikat gigi kita adalah setiap 2 (dua) bulan sekali. Jadi jangan sampe mekar bangeeeet yaaaaaa !

halo, dok..


Bakteri Lactobacillus dan Streptococcus membutuhkan gula untuk berkembang di dalam mulut. Semakin banyak kita mengkonsumsi gula (yang berasal dari kue, karbohidrat seperti nasi, dll), maka maka bakteri akan semakin banyak mengolah gula sehingga asam yang dihasilkan akan semakin banyak. Asam yang dihasilkan makanan manis itu sangat kuat, sehingga dapat merusak jaringan gigi.

Secara normal, tubuh kita sudah mempunyai mekanisme pertahanan alami yang berupa saliva atau air liur. Serangan asam akan berlangsung selama 20 menit setelah kita mengkonsumsi makanan manis hingga akhirnya air liur akan menetralisir asam tersebut.

Mengunyah permen karet bebas gula dinilai bagus untuk menstimulasi produksi air liur, karena semakin banyak produksi air liur, maka semakin terlindungi pula gigi kita dari asam yang dapat merusak gigi.

Kurangnya produksi air liur pada mulut akan menjadi awal terjadinya caries pada gigi yang ditandai dengan titik hitam dan lama-lama akan membesar di permukaan gigi sehingga menyebabkan rasa ngilu ataupun sakit. Jadi yang paling penting untuk diperhatikan adalah frekuensi kadar gula yang kita konsumsi.


Struktur gigi geraham gigi kita tidak rata, seperti ada lekukan. Nah bagian ini lah yang paling sering terlewat ketika kita menggosok gigi, Sisa-sisa makanan di gigi bagian ini lah yang kemudian akan berkembang biak dan mengikis lapisan gigi kita sampe akhirnya bolong. Fenomena gigi ini biasanya terjadi di antara 2 gigi dan pada permukaan gigi geraham kita. ayoooo ngaca gimana gigi gerahamnyaaa..

Terjadinya gigi berlubang itu ditandai dengan early caries atau gigi berlubang dini yang terjadi dengan skala yang kecil dan tidak terlihat secara kasat mata. Mineral-mineral pada permukaan gigi akan perlahan-lahan keluar karna serangan asam dari permukaan gigi.

Gambaran dini dari caries dini adalah bercak putih pada permukaan gigi. Bagi ibu-ibu yang punya anak balita masih ngedot pasti sering deh liat yang begini. Hati-hati yaaa buibu, kalo gigi anaknya terlihat lebih putih dari gigi normal, itu tandanya mineral gigi sudah banyak yang keluar, jadi bukan mencirikan gigi sehat, lho. Ini malah merupakan tanda awal dari terjadinya gigi berlubang.


Terus ? ciri-ciri gigi yang sehat itu gimana, sih, dok ?
1. Email giginya itu utuh dan tidak berlubang, jadi kalo dilihat permukaan giginya itu rata
2. Gusi yang sehat. Tanda Gusi yang sehat itu adalah berwarna Pink. Kalo warna gusi kita sudah sedikit lebih merah atau berdarah ketika menyikat gigi, maka itu adalah tanda-tanda terjadinya radang gusi, nah lho
3. Susunan gigi yang lurus dan tidak berjejal
4. Permukaan gigi bebas dari noda
5. Bau mulut yang segar
6. dan air liurnya banyak, semakin banyak produksi air liur maka proteksi alaminya akan makin baik.


Dokter Melissa memberikan tips untuk memilih sikat gigi yang benar, lho. Gimana, dok ?
1. Bulu sikatnya harus halus dan tegak (jangan kribo atau mekar yah, ganti !)
2. Kepala sikat kecil dan tidak melebar sehingga dapat menjangkau gigi paling belakang
3. dan seperti yang udah aku sebutin di atas, mengganti sikat gigi setelah 2 bulan pemakaian. Karena kalo udah lebih dari 2  bulan, kemampuan sikat gigi untuk melepaskan plak sudah menurun.

Perlu diinget ya Ibu-ibu, penggunaan pasta gigi anak-anak dan dewasa itu berbeda. Kandungan floride pada pasta gigi anak-anak adalah 500 ppm, sedangkan pada orang dewasa adalah 1000-1450 ppm. Kenapa gitu, dok ? Karena kemampuan menelan anak-anak dibawah usia 6 tahun belum sempurna, oleh karena itu kandungan floridenya lebih rendah. Kalo terlalu banyak floride yang tertelan, efek floride yang awalnya untuk memperkuat permukaan gigi malah membuat gigi menjadi rapuh.


Teknik menyikat gigi yang benar adalah , posisikan sikat gigi antara ujung bawah gusi dan permukaan gigi. Karena dibawah gusi ini adalah tempat plak paling sering menempel. dan usahakan dalam waktu kurang lebih 2 menit, menyikat seluruh permukaan gigi. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah yaaa, supaya mengurangi bau mulut dan juga berguna untuk mnghilangkan bekas susu pada anak-anak.

Selama acara berlangsung, disediakan banyaaaaaak banget makanan manis. Langsung deh pada amnesia, apa itu diet ? apa ? apa ?


belum apa-apa udah kosong aja, luar biasa nih ibu-ibu

Setelah makan yang manis-manis, jangan lupa sikat gigi, pasta gigi dan mouth wash nya Systema nano. Pastanya yang lembut cepat menyebar keseluruh permukaan gigi dan menjangkau lubang kecil pada gigi yang ga bisa dijangkau oleh produk kesehatan gigi biasa. Kok bisa ? ya karna ada Nano kalsium nya yang efektif menutup lubang super kecil yang menjadi awal terjadinya gigi berlubang.

Lomba menghias Cupcake
Jadi setelah presentasi dan tanya jawab dengan dokter Melissa, ada kuis yang berhadiah Apple Strawberry Meringue Filling dan Dark Chocolate Mousse yang dibikin oleh Chef Ken tadi. Jadi yang ga menang ga dapet ? dapeeet donggg, semuanya dapet..tapi ukurannya kecil, jadi kudu bagi-bagi sedangkan hasil dari demo masak Chef Ken kan lumayan gede, hihi.

Selain kuis, ada lagi lomba menghias cupcake yang dilakukan per meja yang setiap meja di isi oleh 6 orang. Kebetulan aku duduk di meja nomer 3, bareng sama mbak-mbak yang kece-kece dan bersemangat, kami menghias cupcake dengan bahan-bahan yang disediakan. Hasilnya ? Menaaaaang ! yeaaaay !





Kok bisa menang ? Chef Ken sebagai juri bilang, kalo cupcakes kami bener-bener pake bahan yang disiapkan   soalnya banyak ebok ebok peserta lomba yang ampe keluar masuk ruangan ngambil bahan dari snack table supaya hasil riasannya ciamik, padahal ga boleh pake bahan lain selain yang disiapkan ;p. Selain itu, ga ada pengulangan cara menghias, bener-bener orisinil. Luar biasa memang Ibu-ibu di meja 3 ini. Tepuk tangan, dong !

Menang lomba, dapet hadiah apa ? Dapet voucher belanja di Carefour seharga 100 ribu rupiah, lumayan buat jajan.

Pengumuman hadiah buat yang ngetweet paling banyak di umumkan di akhir acara bareng sama pengundian doorprize. Mba Debby, kenalanku di acara ini, dapet 3 hadiah loh. Menang lomba menghias cupcakes, hadiah hiburan untuk yang ngetweet terbanyak, dan doorprize. Bukan main !

mba Deby (Jilbab bunga-bunga) bersama pemenang lainnya dan ibu Petty

dapet Smartphone, horaaaay !

Kelar bagi-bagi hadiah, dilanjutkan dengan makan siang bersama dan foto bersama, sayangnya aku ga nitipin DSLR atau HP ku ke panitia jadi ga dapet foto barengnya.

hai chef..

setiap peserta bisa bawa pulang souvenir dan paket menarik dari Systema dan Femina, apa aja isinya ?




Keren yaaa acaranya.
Terima kasih buat undangannya yaaa Systema nano dan Femina.
Sampai jumpa di lain kesempatan.


You Might Also Like

0 komentar