apa yang harus dipersiapkan untuk acara lamaran ?

Walaupun persiapan acara lamaran atau pertunangan ga serepot ngurusin nikahan, tapi wajib disiapin jauh-jauh hari, biar pas udah deket ...


Walaupun persiapan acara lamaran atau pertunangan ga serepot ngurusin nikahan, tapi wajib disiapin jauh-jauh hari, biar pas udah deket tinggal checklist aja apa-apa yang sudah disiapin sambil nyeruput green tea di starbucks, ga bisa dipungkiri bahwa persiapan acara lamaran atau pertunangan itu cukup bikin pala migren sibuk, jadi kalo nyiapinnya ga mepet-mepet sama hari H, Insya Allah ga akan ada yang kelupaan deh. 


Venue
Tentukan venue yang akan digunakan untuk acara lamaran, Alhamdulillah kalo bisa dilaksanakan di rumah sendiri, jika tidak, ya tentukan dari jauh-jauh hari, pastikan bahwa venue tersebut mudah di jangkau dan ga ribet, misalnya rawan macet.
waktu : 2 Bulan sebelum acara


Tanggal acara lamaran
sebelum semuanya dimulai, pastikan kalo kamu udah punya tanggal lamaran. Tanggal ini lah yang nanti akan jadi patokan untuk segala persiapan, tentukan waktu yang pas dengan mendiskusikannya dengan keluarga kedua belah pihak. Ada baiknya dilakukan pertemuan antara orang tua untuk menentukan adat apa yang akan digunakan, penentuan wakil keluarga dan run down  acara biar nanti acara berjalan lebih lancar.
waktu : 2-3 Bulan sebelum acara


Budget
Sebelum memulai persiapan kamu tentukan dulu berapa budget yang kamu punya dan berapa budget yang diperlukan. Soalnya biaya yang diperlukan untuk acara lamaran ga sedikit loh. Dengan menentukan budget, kamu bisa tau kira-kira berapa banyak tamu yang akan di undang dan apa-apa aja yang bisa dipersiapkan dengan budget segitu. Saranku, bila budgetmu ga banyak, mungkin kamu bisa meniadakan apa-apa yang ga terlalu penting seperti dekorasi atau jangan terlalu banyak mengundang tamu, lebih baik dana yang ada di optimalkan untuk bagian yang paling penting aja seperti untuk katering. karena acara lamaran ini adalah titik awal keluarga calon suami / istri mengenal keluarga kita atau dengan kata lain, kita menjamu mereka saat itu.
waktu : 2-3 bulan sebelum acara


Tanggal Pernikahan (bila diperlukan)
Pada beberapa acara lamaran, biasanya dilakukan penentuan tanggal pernikahan. Ada yang cuma formalitas (karena udah ditentuin sebelumnya jadi sekedar announcement aja), ada juga yang ditentuin pada hari lamaran, saranku sih lebih baik ditentuin aja ancer-ancernya, karna nyari gedung jaman sekarang susah shaay..
waktu : 6-12 bulan sebelum hari pernikahan


Wakil keluarga
Tentukan wakil keluarga yang nanti akan di daulat sebagai pembicara pada Hari pertunanganmu, hubungi beliau jauh-jauh hari, tanyakan kesediaan dan apakah beliau bisa hadir pada tanggal yang ditentukan. Bila beliau berhalangan, segera cari pengganti.
waktu : 2 bulan sebelum acara



MC dan pembaca doa
sama halnya dengan wakil keluarga, kehadiran MC dan pembaca doa sangat penting dalam kelancaran acaramu. hubungi beliau jauh-jauh hari, tanyakan kesediaan dan apakah beliau bisa hadir pada tanggal yang ditentukan. Bila beliau berhalangan, segera cari pengganti.
Waktu : 2 bulan sebelumnya


Undangan
desain atau pesanlah undangan sesuai dengan kebutuhan, untuk distribusi undangan keluarga, lakukan 1 bulan sebelum acara, hal ini dimaksudkan agar keluarga besar yang tinggal jauh ataupun dekat dapat memastikan kehadiran mereka. Sedangkan untuk tamu, lakukan distribusi undangan 2 minggu sebelum acara.
waktu : 1 bulan sebelum acara


Catering
diantara semuanya, catering ataupun makanan yang disajikan adalah yang paling akan menarik perhatian para tamu dan keluarga. Jika makanan yang disajikan enak, pasti acara kita jadi berkesan. Pastikan kamu memilih catering yang enak dan sudah pernah kamu coba sebelumnya, pilihlah menu dan pastikan kamu tidak kekurangan porsi makanan untuk para tamu, jadi pesanlah porsi makanan paling tidak 2x lipat dari undangan yang kamu sebar. 
waktu : 1 bulan sebelum acara


Seserahan
Sudah jadi hal yang wajar apabila capeng wedok cari sendiri isi seserahan yang dia inginkan, proses cari seserahan ini lumayan memakan waktu loh, belum lagi untuk menghias seserahannya. Jadi, siapkan waktu khusus untuk kamu ngider cari bahan seserahan lamaranmu, dan juga cari vendor penghias atau penyewa kotak seserahan dengan harga terjangkau.
waktu : 1,5 - 2 bulan sebelum acara


Pakaian yang akan digunakan
tentukan pakaian apa yang akan kamu pakai, mau pake yang udah ada, beli atau jahit pakaian baru. nah, kalo kamu mau jahit, carilah bahan dan jahitlah baju itu paling tidak 1,5 bulan sebelum acara, supaya baju selesainya ga terlalu mepet sama hari H. 
waktu : 1,5 - 2 bulan sebelum acara


Makeup
Siapa Makeup artist yang mau kamu pake untuk acaramu ? pastikan kesediaannya dan gimana proses makeupnya, apakah kamu yang dateng ketempatnya atau dia yang dateng kerumahmu.
waktu : 3 minggu sebelum acara


Dekorasi
ini optional sih, bukan sesuatu yang wajib ada di acara pertunangan atau lamaran. cari vendor yang dapat menyediakan dekorasi sesuai dengan yang kamu minta, diskusikan dan minta saran mereka seperti apa dekorasi tersebut. biasanya vendor dekorasi akan survei ke rumah  untuk menentukan tata letak dekorasi dan berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk mewujudkan dekorasi impianmu, dampingi mereka saat survei untuk dapat berdiskusi lebih lanjut agar kamu bisa puas dengan hasil yang di dapatkan.
Waktu : 1 bulan sebelum acara


Pengeras suara dan pendingin ruangan
pengeras suara dan pendingin ruangan penting banget untuk acaramu, mengingat akan banyak tamu yang hadir jadi dipastikan udara akan cukup panas dan dibutuhkan pengeras suara yang cukup baik agar rangkaian acara dapat didengar oleh seluruh tamu undangan, siapkan beberapa buah pendingin (bisa AC atau kipas angin) di segala sisi agar ruangan tidak pengap dan pengeras suara.
waktu : 3 minggu sebelum acara


Perhiasan pengikat
perhiasan diperlukan bila dalam rangkaian acara pertunanganmu ada prosesi tukar cincin atau penyematan perhiasan pengikat.
waktu : 1 bulan sebelum acara


Dokumentasi
adanya dokumentasi sangat diperlukan untuk hari lamaranmu, selain foto, kamu bisa juga menyediakan video. Dokumentasi wajib ada,  sebagai kenang-kenangan mengingat lamaran terjadi sekali dalam seumur hidup, tapi kamu ga mesti menggunakan jasa fotografer kok.  kalo kamu punya kamera bagus,  minta tolong aja sama saudara atau sahabatmu untuk menjadi fotografer dadakan,  hihihi.
waktu : 1 bulan sebelum acara



Tenda + kursi + karpet
Jika tamu undanganmu cukup banyak,  ada baiknya kamu menyiapkan tenda dan kursi untuk para tamu diluar rumah dan karpet untuk para tamu yang berada di dalam rumah.
waktu : 3 minggu sebelum acara


makanan keluarga
biasanya 1-2 hari sebelum acara, keluargamu sudah mulai meramaikan rumah. Jangan lupa siapkan budget untuk menjamu mereka. pada Hari H lamaran juga, keluarga sudah pasti akan datang lebih awal,  jangan lupa siapkan makanan ataupun sarapan untuk mereka di pagi hari sebelum acaramu dimulai.
waktu : 2 hari sebelum acara


 berdoa
Ini adalah yang terpenting dari seluruh rangkaian acara, bila semua persiapan sudah dilaksanakan sebaik mungkin, saatnya untuk berdoa dan memohon ridho sang pencipta agar acaramu diberikan kelancaran.
waktu : sepanjang hidup :)

semoga membantu yaaaa..

Love,
Mitz

You Might Also Like

0 komentar